11 LOGO TERMAHAL DI DUNIA, ADA APA DIBALIK PEMBELIAN LOGO MAHAL?

belfast-logo-2

Masih banyak orang tidak percaya harga logo bisa miliaran rupiah. Seperti apa bentuknya? Kalau dilihat sepintas logo yang mahal itu tidak seperti nilai rupiah yang dikeluarkan oleh pemilik bisnis. Bisa jadi kelihatan biasa-biasa saja, kayak gambar sederhana. Namun kalau dipahami dan diresapi logo ternyata memiliki filosofi, mengandung visi dan misi serta arti yang cukup kuat di dalam gambar itu, oleh sebab itu kepiawaian pembuat logo dan nama besar perusahaan pembuat logo terangkat dari sejauh mana ia bisa menjual logonya yang harganya selangit.

Logo sangat penting bagi perkembangan bisnis. Sebuah logo dianggap sangat penting karena logo adalah sebuah investasi. Investasi untuk meningkatkan kualitas branding suatu bisnis.

Pemahaman jika logo merupakan investasi membuat banyak perusahaan yang tak ragu mengeluarkan biaya besar hanya demi sebuah logo. Berikut ini 10 logo termahal di dunia yang brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Kamis (9/6).

  1. Pertamina.

Akhir tahun 2005, Pertamina mengganti logonya yang telah mereka gunakan selama 35 tahun dalam berkiprah di bisnis perminyakan di Indonesia. Logo lama bergambar dua kuda laut memeluk bintang kuning diganti dengan simbol baru berbentuk huruf P. Untuk membuat logo baru, Pertamina dikabarkan mengeluarkan dana sebesar USD 350.000 atau dengan kurs sekarang setara dengan Rp 4,6 miliar.

  1. Logo Olimpiade London tahun 2012.

London Summer Olympics 2012 adalah even multi-sport yang diselebrasikan di Olympic Games pada Juli sampai Agustus 2012. Acara ini dihadiri oleh 10.768 atlet. Logo acara tersebut dirancang oleh sebuah perusahaan konsultan merek yang berbasis di London, yaitu Wolff Olins pada tahun 2007 dengan total biaya untuk pembuatan logo ini adalah USD 625.000 atau setara dengan Rp 8,27 miliar.

  1. Logo Kota Melbourne.

Melbourne merupakan ibu kota negara bagian Victoria di Australia. Logo ini dibuat pada tahun 2009 oleh Landor Associates dan menghabiskan USD 625.000 atau setara Rp 8,27 miliar

  1. Pepsi.

PepsiCo merupakan perusahaan minuman bersoda terbesar di dunia. Tahun 2008 mereka mendesain ulang logo dengan total biaya USD 1 juta atau setara dengan Rp 13,2 miliar. Minuman ini dibuat pertama kali pada tahun 1898 oleh ahli farmasi Caleb Bradham. Pepsi sendiri dijadikan merek dagang pada tanggal 16 Juni 1903.

  1. BBC.

Terkenal dengan tiga logo teksnya, British Broadcasting Corporation (BBC) adalah perusahaan penyiaran asal Britania Raya yang dibentuk pada tahun 1927. Mereka mendesain ulang logo pada tahun 1997 dengan total biaya USD 1,8 juta atau saat ini setara dengan Rp 23,8 miliar

  1. ANZ.

Bank ANZ adalah bank terbesar keempat di Australia, bank ini didirikan pada tahun 1835 dan sudah tersebar ke seluruh penjuru dunia. Diberitakan, mereka menghabiskan biaya USD 15 juta atau setara dengan Rp 198 miliar untuk rebranding logo barunya.

  1. Posten Norge.

 

Posten Norge atau Norway Post adalah nama institusi layanan pos Norwegia yang berdiri sejak 1647. Perusahaan ini memiliki empat divisi, yakni pos, logistik, distribusi, dan jaringan ErgoGroup AS yang mengkhususkan diri dalam layanan elektronik dan outsourcing. Posten Norge dimiliki oleh Departemen Transportasi dan Komunikasi Norwegia, yang memegang distribusi surat di seluruh negeri. Dalam penggantian logo barunya, total biaya yang mereka keluarkan sebesar USD 55 juta atau saat ini setara dengan Rp 729 miliar

  1. Accenture.

Accenture merupakan perusahaan konsultan manajemen global, servis teknologi, dan outsourcing yang berbasis di Irlandia. Sebanyak USD 100 juta atau kurang lebih setara dengan Rp 1,32 triliun mereka keluarkan untuk rebranding logo baru. Perusahaan ini disebut sebagai perusahaan konsultan terbesar di dunia jika diukur dari pendapatan. Hingga saat ini, Accenture sudah melayani klien di lebih dari 120 negara.

  1. BP (Britist Peroleum)

Di tahun 2000, Britist Peroleum atau lebih dikenal dengan BP, mengganti logo yang sudah mereka gunakan selama 70 tahun dengan sebuah logo baru. Salah satu perusahaan minyak terbesar di dunia ini disebut-sebut menghabiskan total biaya USD 211 juta atau saat ini setara dengan Rp 2,79 triliun untuk penggantian logo tersebut.

  1. Bank Mandiri.

Januari 2008 Bank Mandiri mengganti logo lama yang sudah 10 tahun lebih digunakan. PT Bank Mandiri (Persero) Tbk menghabiskan sekitar Rp 15 miliar untuk mengganti logo perusahaan sebagai bagian dari proses transformasi bank nasional terbesar di Indonesia. Konsultan yang digunakan dalam proses tersebut adalah Brand Union, perusahaan konsultan multinasional yang juga membuat logo Credit Suisse, lembaga pembiayaan internasional.

  1. Logo Belfast City

Ketika Kota Belfast memutuskan untuk mengubah logo mereka di tahun 2008, secara mengejutkan mereka telah menghabiskan Rp 3,36 miliar untuk sebuah desain baru. Logo itu berbentuk hati yang menyerupai huruf “B” dengan nama kota tertulis di dalamnya. Simbol ini dipilih untuk menyampaikan pesan cinta dan menunjukan Kota Belfast merupakan kota yang ramah.

Kalau dicermati masing-masing logo, khususnya bagi orang awam ya nampak seperti gambar begitu saja. Tetapi kepiawaian pembuat desain logo, membuat para pebisnis yang membutuhkan logo berani bayar mahal. Logo sebagai investasi brand memang perlu dipertimbangkan. (Brilio.net)