SOLUSI UNTUK MENGONTROL KEUANGAN DAN HUTANG-PIUTANG DENGAN SOFTWARE AKUNTANSI ONLINE

sistem-kontrol-keuangan-7438812316

Biasanya pada setiap internal bisnis terdapat empat jenis departemen, yaitu :

1. Departemen Pemasaran.
2. Departemen Operasional.
3. Departemen Keuangan/Accounting.
4. Departemen Pembelian.

Saat keempatnya sudah berjalan dan saling bersinergi dengan sangat kuat, maka Anda sudah memiliki pondasi bisnis yang cukup serta sudah sangat mampu untuk dijalankan. Namun, apabila satu diantara ke empat departemen tersebut bekerja dengan kurang maksimal, maka bisnis Anda bisa saja akan jatuh.

Banyak diantara bisnis-bisnis start-up dan usaha kecil yang sudah berjalan dengan sangat baik dalam hal operasional dan seringkali mengabaikan manajemen keuangan yang tepat. Oleh karena itu bukanlah suatu kebetulan bahwa 80% dari para pebisnis start-up yang tidak berhasil melalui tahun pertama saat mereka sudah mulai berjalan.

Dengan mengelola uang dalam bisnis Anda benar-benar pekerjaan yang sangat sederhana apabila Anda sudah tahu apa yang akan Anda lakukan dan memiliki sebuah alat yang tepat. Anda akan menemukan bahwa perangkat lunak akuntansi sejenis program atau software untuk bisnis kecil merupakan sebuah alat yang mudah untuk digunakan jika Anda tahu bagaimana menggunakannya. Dukungan dari akuntan Anda, ditambah lagi dengan pelatihan langsung dari para trainer yang berpengalaman akan semakin menjamin Anda tidak akan mempunyai masalah pembukuan dalam proses akuntansi bisnis untuk selanjutnya.

Menggunakan perangkat lunak akuntansi untuk bisnis dalam melacak faktur dan uang Anda sehingga tetap selalu dalam kontrol. Anda akan tahu apakah yang sudah ada di bank tanpa perlu untuk melihat laporan bank. Jika PPN Anda sudah terdaftar, maka Anda akan dapat melihat tagihan PPN yang sudah terakumulasi dan Anda akan dapat untuk menjalankan laporan untuk melihat dari mana saja uang yang telah keluar dan masuk.

Salah satu manfaat utama dalam menggunakan perangkat lunak akuntansi bisnis adalah dapat bekerja dengan akuntan, sehingga para pebisnis akan menjadi lebih paham tentang hal-hal yang berhubungan dengan pajak untuk disisihkan sepanjang tahun. Hal ini juga akan lebih banyak membantu Anda dalam membuat keputusan bisnis yang menjadi lebih baik. Ini adalah manajemen arus kas yang bersama sama dengan akuntan agar dapat memiliki kontrol penuh dan ketenangan pikiran, dan Anda juga akan mampu untuk menjadi direktur keuangan dari bisnis sendiri dengan lebih efektif!

Dengan memiliki sumber finansial yang semakin lebih baik, maka kesejahteraan perusahaan pun akan semakin cepat tercapai. Berapapun penghasilan yang Anda dapat tidak akan mampu menjamin kualitas dari bisnis yang akan menjadi lebih baik tanpa adanya kontrol keuangan.

Berikut ini merupakan beberapa tips agar dapat mengelola keuangan yang setidaknya bisa Anda coba sebagai seorang pemilik bisnis.

•    Sesuaikanlah pengeluaran agar sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Merupakan sebuah keharusan dalam mengukur pengeluaran usaha dengan berbagai kebutuhan. Pengelolaan biaya harus bisa dilakukan secara bijak, selain operasional bisnis yang harus dilaksanakan secara maksimal. Meminimalisir pengeluaran yang belum diperlukan untuk saat ini, serta mengetahui skala prioritas untuk segala biaya bisnis. Jangan sampai Anda menghabiskan keuntungan perusahaan untuk segala biaya-biaya yang tidak ada kepentingannya dengan perusahaan. Berapapun penghasilan Anda, jangan lupa untuk menyisihkan sejumlah keuntungan Anda untuk disimpan. Sekecil apapun yang Anda sisakan, uang tersebut akan sangat berguna untuk perkembangan bisnis dimasa mendatang, ataupun untuk pengeluaran yang terkadang sama sekali tidak bisa Anda duga sebelumnya.

•    Salah satu keputusan yang dapat diambil adalah dengan cara menggunakan software akuntansi dalam mendukung performa bisnis Anda. Hal ini tentu saja akan benar-benar memberikan Anda kesempatan agar dapat meninjau lebih dalam lagi untuk perkembangan bisnis agar dapat menjadi lebih baik.

Software akuntansi terutama yang berbasis online yang sedang trend pada saat ini akan semakin memudahkan dalam hal penyusunan laporan keuangan bagi para pebisins agar menjadi lebih cepat, menghemat banyak waktu, biaya menjadi semakin efisien, dapat di akses kapan pun dan di manapun juga.

Kembangkan bisnis dengan memulai pembukuan yang benar mulai sekarang. Dengan beragam fitur yang diberikan, seperti:

1.    Proses invoice & purchase order, membuat faktur penjualan, cetak pesanan pembelian, dan surat jalan secara profesional secara otomatis jika ingin mencetak.
2.    Laporan semakin cepat & tepat tersaji, susunan berbagai laporan finansial dan berbagai aktivitas bisnis secara online selalu siap kapanpun dan dimanapun Anda berada.
3.    Mengontrol stok persediaan, memonitor stok serta melakukan stok opname untuk laporan yang lebih tepat.

Mengelola Hutang dan Piutang dengan Software Akuntansi

Tidak peduli seberapa besar ukuran bisnis Anda, membayar tagihan akan selalu menjadi bagian terpenting dari itu. Apakah itu hanya sesekali untuk membayar atau ada bagian tersendiri yang terdiri dari staff/departemen khusus dalam mengelola hutang dan ribuan faktur tagihan piutang untuk para customer. Dengan cara menerapkan praktik bisnis terbaik, Anda sudah mampu dalam merampingkan proses hutang dan bersiaplah untuk perusahaan Anda agar mampu semakin bertumbuh di masa mendatang.

Berikut merupakan cara sederhana agar dapat membantu Anda untuk berhasil agar dapat mengelola tagihan :

1. Sederhanakan proses akun dari hutang Anda dengan cara sebagai berikut

•    Mengurangi jumlah cek berjalan, setidaknya 2 saja per bulan paling banyak.
•    Saat staff akuntansi mempersiapkan cek berjalan, mereka harus memiliki cadangan faktur siap dan faktur yang telah disetujui oleh kepala departemen sebelum akan siap untuk ditandatangani.
•    Berdayakan staff untuk membuat keputusan secara mandiri tanpa harus membahayakan jabatan mereka. Keputusan untuk melakukan pembayaran parsial terhadap saldo yang lebih besar, atau menunda pembayaran kepada para vendor yang memiliki toleransi lebih tinggi pada tanggal jatuh tempo adalah merupakan salah satu contohnya.

2. Penerapan teknologi program accounting yang berbasis online.

•    Menganalisis untuk mengurangi kesalahan seperti membayar jumlah yang sama sekali tidak benar, membayar terlalu dini ataupun juga terlalu lambat.
•    Pastikan modul hutang dari akun Anda sudah disiapkan dengan benar sehingga transaksi dapat mengalir dengan baik. Anda mungkin sangat perlu untuk menggunakan jasa konsultan untuk memastikan software akuntansi dan akun modul hutang sudah dikonfigurasi dengan benar, atau Anda dapat menyebabkan lebih banyak masalah karenanya.
•    Memasukkan istilah untuk masing-masing vendor yang mana sistem dapat di defaultkan, seperti Net 30, Net 60, dan lain sebagainya. Syarat sering disediakan oleh pihak vendor biasanya dicetak langsung di muka faktur mereka.

Hutang merupakan uang kewajiban yang harus Anda bayarkan, seperti tagihan yang belum dibayar dan faktur untuk berbagai perlengkapan kantor, peralatan komputer dan sebagai biaya iklan, dan akan muncul pada neraca sebagai kewajiban, baik itu adalah kewajiban jangka panjang atau jangka pendek. Pengelolaan arus kas secara efektif dan harus dijaga agar bisa tetap sehat secara finansial, para pemilik bisnis harus tahu berapa banyak uang yang telah masuk dan akan keluar dalam bisnis.

Hutang/piutang biasanya sangat diharapkan untuk dibayarkan dalam waktu rata-rata 15, 30 atau 90 hari. Hal ini membuatnya menjadi sangat penting untuk melacak dan mengelola hutang.
Program akuntansi yang nantinya akan mengatur data keuangan bagi para pebisnis di satu tempat. Apabila Anda ingin memasukkan tagihan dan membayar tagihan dari satu lokasi yang sudah terpusat, maka software akuntansi yang berbasis online merupakan opsi yang sangat bijak untuk Anda. Para pebisnis akan dapat memasukkan dan membayar tagihan, mengelola berbagai tagihan karena tanggal dan pembayaran jadwal guna menyimpan uang dalam bisnis selama mungkin dan dapat menghindari terjadinya pembiayaan yang terlambat. Lalu, sekarang tunggu apa lagi?

Apabila pembaca membutuhkan bantuan dan pendampingan tentang perkembangan bisnis dan konsultasi bisnis atau seputar software akuntansi, silahkan hubungi 0818521172, Office : 031-21100152 atau email ke groedu@gmail.com bisa juga groedu_inti@hotmail.com