TIPS BAGAIMANA MENINGKATKAN FUNGSI HR (HUMAN RESOURCES) MELALUI TEKNOLOGI MOBILE

Human resources management concept business man selecting virtual interface

Apabila Anda sering beranggapan bahwa kebanyakan orang merasa lebih senang jika berada di depan komputer saja, maka Anda sudah benar-benar salah. Faktanya, teknologi mobile pada saat ini sudah berkembang dengan sangat pesat. Masyarakat pada saat ini lebih memilih untuk menggunakan perangkat mobile seperti smartphone atau tablet daripada harus duduk terus-terusan di depan layar komputer.

Menariknya, hal ini juga seringkali mempengaruhi kebiasaan dari para karyawan dalam bekerja. Sebuah riset yang dikembangkan oleh Mobile Productivity Report pada tahun 2016 silam bahkan menyebutkan bahwa sekitar 44% dari 850-an profesional seringkali mengecek smartphone mereka untuk bekerja lebih dari dua puluh kali setiap harinya.

Dan untuk bidang HR pun juga semakin terpengaruh oleh adanya fakta tersebut. Teknologi mobile ternyata telah mampu dalam meningkatkan fungsi HR menjadi semaksimal mungkin. Bagaimana cara dalam meningkatkan fungsi HR melalui perkembangan teknologi mobile?

hr

1.    Memasang Lowongan di Tempat yang Mudah Dijangkau.

Dulu Jibe sempat melakukan survei terhadap 1.000 lebih para pencari kerja pada tahun 2014 yang lalu. Dalam survei tersebut, 20% para pencari kerja ternyata merasa malas untuk melamar pekerjaan secara online karena mengalami kesulitan dalam hal menyelesaikan lamaran kerjanya via online. Hal itu juga belum termasuk adanya suatu fakta bahwa 70% dari para pencari kerja yang mencoba melamar melalui smartphone.

Sayangnya, hanya seperempat dari perusahaan besar yang melakukan optimalisasi proses hiring untuk perangkat mobile. Lakukanlah proses rekrutmen dengan cara yang menarik dan mudah dijangkau bagi para pendaftar.Gunakanlah teknologi mobile agar dapat semakin mempermudah para pencari kerja dalam menemukan lowongan kerja Anda. Berikanlah penampilan mobile yang benar-benar nyaman agar para pencari kerja mau melamar ke perusahaan Anda. Seringkali para calon pelamar mengurungkan niatnya hanya karena tampilan dari iklan lowongan pada situs perusahaan tidak senyaman kelihatannya dari perangkat mobile.

2.    Doronglah Para Karyawan Agar Menyarankan Para Calon Pekerja.

Berbagi dengan karyawan akan semakin meyakinkan Anda untuk melakukan proses hiring. Hal ini karena karyawan Anda tahu sebenarnya apa saja yang mereka butuhkan. Selain itu, mungkin saja karyawan kenal dengan salah satu dari calon pekerja sehingga Anda dapat menggali secara lebih dalam. Namun, sayangnya keterlibatan karyawan sekali lagi akan dipengaruhi oleh adanya penggunaan perangkat mobile. Karyawan tentu akan merasa malas dalam membuka komputer dan melihat apa saja yang Anda bagikan. Akan lebih mudah apabila karyawan bisa membukanya dengan secara fleksibel dimanapun dan kapanpun mereka berada, contohnya adalah penggunaan sistem HR yang berbasis cloud  tentunya akan semakin mempermudah para karyawan dalam melihat berbagai informasi perusahaan.

Siapkan tampilan mobile yang sederhana untuk para karyawan agar mereka mampu melihat profil dari para calon pekerja. Dengan begitu, karyawan akan semakin mampu dalam melihat para calon pekerja mana yang menurut mereka akan lebih cocok dalam membantu menyelesaikan pekerjaan secara efektif dan lebih produktif.

3.    Perkenalkan Para Pelamar dengan Pengalaman Digital.

Karyawan yang baru saja direkrut pasti akan haus dengan berbagai ilmu baru dari tempat kerja Anda. Perkenalkanlah mereka dengan sistem digital yang mungkin baru saja dia rasakan. Otomatisasi manajemen dokumen tanpa kertas akan semakin memudahkannya untuk bekerja, sekaligus lebih memudahkan para staff HR dalam melakukan segala tugas-tugas mereka.

Akan semakin mudah apabila program yang telah Anda gunakan sudah memuat SOP sekaligus peraturan perusahaan agar dia akan semakin mudah dalam melakukan pekerjaannya. Dengan begitu, kultur pekerjaan akan semakin mudah mereka terapkan.

4.    Lakukan Interaksi Secara Real-time.

Teknologi mobile memang lebih mengedepankan komunikasi instan. Artinya, Anda harus mampu dalam melihat karyawan mana yang pekerjaannya sudah melampaui ekspektasi Anda dan langsung memberinya reward seketika itu juga. Meskipun hadiahnya sesederhana dari ucapan terima kasih secara personal, hal ini tentunya akan semakin memotivasi karyawan lain serta membuatnya merasa sangat dihargai sebagai seorang karyawan.

Gunakanlah juga perangkat mobile dalam memberikan feedback kepada para karyawan. Tentunya dengan program yang sudah terintegrasi, dari sisi performa karyawan akan sangat terlihat jelas. Berikanlah mereka feedback secara langsung agar karyawan mampu berkembang untuk menjadi lebih baik.

Itulah beberapa langkah bagaimana dalam meningkatkan fungsi HR menggunakan perangkat mobile. Sisi real-time dari perangkat mobile akan semakin membantu Anda sebagai pebisnis untuk mengembangkan usaha Anda. Masihkah Anda berpikiran secara konvensional? Pikirkanlah sekali lagi.

Apabila pembaca membutuhkan bantuan dan pendampingan tentang perkembangan bisnis dan konsultasi bisnis atau seputar software akuntansi, silahkan hubungi 0818521172, Office : 031-21100152 atau email ke groedu@gmail.com bisa juga groedu_inti@hotmail.com