KAPAN ANDA HARUS MENYEWA SEORANG BOOKKEEPER UNTUK BISNIS DAN MANFAATNYA JIKA MENGGUNAKAN SOFTWARE AKUTANSI ONLINE

Why-You-Should-Never-Allow-Your-Bookkeeper-Friend-Handle-Your-Company%u2019s-Books

Jika seandainya Anda menyewa seorang teman atau bahkan tetangga sebelah Anda yang kebetulan mampu untuk mengelola dalam pembukuan bisnis karena dia menawarkan jasanya dengan tarif yang relatif lebih murah. Dia bisa saja datang ke kantor Anda sebulan sekali untuk meyakinkan Anda bahwa semuanya baik-baik saja. Anda mungkin menduga hal itu tidak benar-benar baik-baik saja akan tetapi tampaknya memang tidak pernah memiliki waktu untuk melakukan sesuatu tentang hal itu. Juga perlu dicatat bahwa pembukuan bukanlah sebuah sinonim untuk akuntansi.

Yang pertama adalah pembukuan benar-benar hanya tentang bagaimana menjaga catatan sedangkan akuntansi lebih mengacu kepada proses ketat tentang manajemen keuangan.
Hampir dari setiap bisnis melewati fase pembukuan bertarif murah. Di sisi lain, pembukuan murah biasanya menggunakan system atau program yang sudah “usang”, tidak efisien, dan sama sekali dapat memenuhi kebutuhan bisnis Anda. Dan apabila ini dipasangkan dengan keahlian yang kurang dalam hal pembukuan serta akuntansi, akan menyebabkan adanya sistem pembukuan bisnis yang rapuh dan mudah sekali untuk runtuh serta menjadikan bisnis Anda semakin rentan dan kurang stabil dari sisi finansial.

Yang menjadi pertanyaan adalah : apakah Anda memang membutuhkan seorang Akuntan, sekarang?

Sebagai seorang pemilik bisnis, sangat penting bagi Anda untuk tetap fokus pada bidang bisnis yang dapat Anda jalani dan sesuai dengan keahlian Anda dalam mengalokasikan tugas-tugas lain kepada ahlinya.

Salah satu pekerjaan yang dapat diserahkan dengan tanggungjawab mudah adalah pencatatan keuangan. Anda mungkin akan mempertimbangkan untuk menyewa seorang bookkeeper yang mumpuni. Namun kapankah waktu yang tepat untuk merekrutnya?

•    Melakukan pembukuan akan membuat Anda semakin jauh dari fokus pada bisnis. Setelah Anda menghabiskan sebagian besar hari atau berminggu-minggu untuk menjaga catatan keuangan bisnis dan menindaklanjuti berbagai transaksi keuangan, maka sudah saatnya bagi Anda untuk mempekerjakan seorang pemegang buku. Sebuah pembukuan dapat mengambil tugas seperti menagih pelanggan untuk uang, meninjau faktur dari pemasok dan memeriksa saldo rekening bank serta transaksi sehingga Anda dapat menjadi lebih fokus pada aspek lain dari bisnis.
•    Anda tidak ter up-to-date dengan semua transaksi saat bisnis Anda semakin berkembang, begitu juga dengan dokumen dan pencatatan. Apabila Anda tidak menyimpannya, maka suatu saat tidak akan menutup kemungkinan adanya permasalahan keuangan yang mungkin untuk saat ini masih belum Anda sadari.
•    Anda tidak yakin telah menjaga catatan keuangan dengan benar. Anda tidak bisa lagi menjadi ahli dari segala sesuatu, jadi jika Anda telah menghabiskan banyak sekali waktu dalam hal melakukan pembukuan dan tetap bertanya-tanya apakah telah benar atau tidak, maka inilah saatnya bagi Anda untuk memberikan tugasnya kepada yang lebih ahli. Seorang pemegang buku memiliki pengetahuan dan pengalaman yang nantinya akan semakin menghemat banyak waktu dalam memeriksa kerumitan dan memberikan Anda lebih banyak waktu untuk meningkatkan focus kepada area lain dari bisnis Anda.
•    Pajak dan kewajiban lainnya yang semakin lama semakin rumit. Hal ini sangat penting bahwa bisnis Anda harus sesuai dengan peraturan dan segala persyaratan lainnya (seperti akreditasi) yang diperlukan dalam bisnis Anda, akan tetapi mengikuti kewajiban ini bisa sangat menyita waktu Anda. Setiap saat Anda harus selalu up-to-date dengan adanya perubahan dan harus memperbarui proses bisnis Anda serta catatan keuangan untuk dapat memenuhi tanggungjawab Anda sebagai seorang PKP.

Sekaran Anda telah paham bahwa manajemen keuangan dan pembukuan yang baik memang benar-benar sangat dibutuhkan untuk perkembangan bisnis Anda. Namun, masih ada hal lain. Anda hanya memiliki dana yang sangat terbatas untuk melakukannya. Dengan bantuan Software akuntansi online yang berbasis cloud untuk bisnis Anda memang dirasa sangat tepat. Software akuntansi online mampu membantu Anda dan akuntan Anda untuk melacak kas yang selalu mengalir melalui bisnis dan bisa menjaganya agar bisa tetap hidup, dan Anda dapat pula untuk melacak metrik keuangan untuk membuat bisnis Anda mampu berjalan dengan lebih lancar. Sama sekali tidak ada gunanya mengawasi kas jika memang Anda telah menghabiskan semua uang perusahaan Anda pada perangkat lunak yang seharusnya hanya untuk mengawasi kas.

Software akuntansi online akan semakin memudahkan dalam penyusunan laporan keuangan Anda yang menjadi semakin lebih cepat, menghemat banyak waktu, biaya menjadi semakin efisien, akses kapan pun di manapun. Kembangkan bisnis Anda dengan memulai pembukuan yang benar mulai sekarang! Dengan kombinasi dari beragam fitur yang telah disediakan, seperti :

1.    Transaksi invoice yang siap cetak, membuat Faktur Penjualan (ppn/non ppn), Pesanan Pembelian (PO), dan Surat Jalan otomatis siap cetak.
2.    Tersedia jenis-jenis laporan yang cepat & tepat, susunan laporan finansial dari segala aktivitas bisnis.
3.    Menu kontrol stok persediaan, memonitor stok serta melakukan stok opname untuk laporan yang tepat.
4.    Mengkolaborasi, tambahan pengguna (user) lainnya untuk performa kinerja multi-tasking.

Apabila pembaca membutuhkan bantuan dan pendampingan tentang perkembangan bisnis dan konsultasi bisnis atau seputar software akuntansi, silahkan hubungi 0818521172, Office : 031-21100152 atau email ke groedu@gmail.com bisa juga groedu_inti@hotmail.com