HR HUMAN RESOURCES: BAGAIMANA CARA DAN PROSES REKRUTMEN KARYAWAN TERBAIK SERTA KREATIF BAGI PERUSAHAAN

timthumb.php

Recruitment atau proses perekrutan karyawan memang terkadang menjadi suatu hal yang terlampau sulit untuk dilakukan oleh sebuah perusahaan, karena perusahaan tersebut masih belum, bahkan sama sekali tidak memiliki cara rekrutmen yang benar-benar mampu membantu perusahaan dalam menemukan bakat-bakat dan skill terbaik bagi perusahaan mereka.

recruitment-process

Karena itulah berikut ini merupakan beberapa cara terbaik bagaimana proses dalam melakukan perekrutan karyawan terbaik bagi perusahaan yang layak untuk Anda coba.

1.    Metode Perekrutan Gamification.

Metode Gamification merupakan sebuah metode untuk menerapkan adanya konsep dari game terhadap suatu hal yang konteksnya sama sekali memang jauh berbeda dengan game. Beberapa perusahaan sudah mulai banyak yang menggunakan metode jenis ini untuk melakukan branding perusahaan dan juga untuk proses merekrut karyawan baru. Jika memang perusahaan Anda ingin menerapkan metode gamification yang lebih kreatif, hal ini akan dapat menarik minat dari para applicant untuk bergabung dengan perusahaan Anda dan lebih mengerti secara jelas tentang skill dan tugas-tugas apa saja yang akan dibutuhkan untuk jenis lowongan tersebut.

Salah satu contoh dari perusahaan yang telah menerapkan metode gamification adalah mesin pencari terbesar di dunia online seperti Google, google membuat Google Code Jam, sebuah software-writing competition yang digunakan untuk merekrut karyawan baru di perusahaannya. Google menuliskan bahwa mereka akan memberikan hadiah sebesar $50,000 bagi siapapun yang telah memenangkannya, akan tetapi sebenarnya hadiah yang sebenarnya itu adalah Google akan siap merekrut siapapun yang telah memenangkan kontes game tersebut.

2.    Metode Social Media.

Pada era yang serba digital seperti sekarang ini, hampir tidak mungkin ada seseorang yang tidak memiliki satupun akun media social. Lalu mengapa Anda tidak memanfaatkan hal ini untuk melakukan proses perekrutan karyawan baru bagi bisnis Anda? Perusahaan dapat lebih mempercepat waktu perekrutan dengan cara ini. Social media dapat digunakan sebagai media utama untuk berpromosi terbaik atau bahkan juga sebagai media untuk menemukan bakat-bakat terbaik bagi perusahaan Anda.

Social media seperti LinkedIn akan sangat membantu Anda untuk dapat menemukan skill-skill terbaik, Anda dapat melihat riwayat singkat mereka dengan mudah dan bahkan Anda juga dapat langsung menghubunginya melalui pesan di LinkedIn, selain itu social media lain seperti Facebook juga akan dapat membantu Anda tentang hal seperti ini.

3.    Menggunakan Software ATS (Applicant Tracking System).

Software ATS atau Applicant Tracking System merupakan  sebuah software aplikasi yang mana perusahaan dapat mengontrol seluruh kegiatan rekrutmen secara digital. Dan sekarang, sudah banyak sekali ATS yang beralih dengan berbasis cloud, hal ini semakin memudahkan Anda yang dapat mengakses kapan saja dan dimana saja Anda inginkan selama Anda memiliki koneksi intenet yang stabil di sekitar Anda.

Software ATS dapat dengan mudah mengontrol segala kegiatan rekrutmen mulai dari tahap seleksi sampai dengan tahap offering, bahkan jadwal interview pun dapat diatur dengan sangat mudah melalui software ATS ini. Sudah banyak sekali software ATS yang mulai beralih kepada berbasis cloud yang dapat Anda gunakan, seperti : workable, recuriterbox, atau Urbanhire. Biaya yang diperlukan untuk software jenis ini juga termasuk sangat terjangkau, dan Anda dapat menghemat banyak sekali waktu proses perekrutan menjadi lebih efektif dan efisien.

4.    Sistem Rekrutmen Secara Referal.

Sistem referral pasti sudah tidak asing lagi bagi Anda, akan tetapi apakah Anda tahu bahwa sistem referral juga dapat digunakan sebagai salah satu cara paling kreatif dalam proses merekrut karyawan? Beberapa perusahaan di Amerika telah sukses menggunakan sistem referral untuk merekrut karyawan baru mereka, karena pada dasarnya karyawan mengerti skill seperti apa yang memang dibutuhkan dan memang cocok dengan budaya perusahaan.

Anda hanya perlu untuk memberikan insentif bagi karyawan Anda yang telah berhasil untuk menemukan bakat-bakat baru bagi perusahaan Anda, bahkan untuk sekarang ini Anda tidak perlu lagi harus repot-repot untuk mengurus sistem rekrutmen secara referral karena sudah terdapat beberapa cloud software untuk dapat membantu Anda dalam hal ini, seperti Zao.com. Sistem referral sendiri terbukti sangat ampu dalam proses merekrut karyawan yang nantinya akan bersifat long-term bagi perusahaan Anda.

5.    Datangi Mereka.

Mendatangi? Memangnya apa sih yang dimaksud dengan mendatangi mereka? Yang dimaksudkan disini adalah Anda harus mengunjungi bakat-bakat terbaik yang memang Anda butuhkan ke tempat dimana mereka seringkali berkumpul. Seperti contohnya adalah jika Anda merupakan perusahaan Startup yang masih terbilang baru dan Anda sedang mencari developer-developer yang handal, maka cobalah untuk berpartisipasi dalam acara/event yang seringkali melibatkan banyak developer yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Tidak ada salahnya bukan? Untuk bergabung dengan beberapa event atau komunitas yang mungkin akan dapat membantu Anda dalam menemukan bakat terbaik yang Anda butuhkan dengan sangat mudah.

Nah itulah beberapa penjelasan tentang bagaimana cara terbaik dalam proses rekrutmen karyawan baru. Semoga bisa bermanfaat dan terimakasih.

Apabila pembaca membutuhkan bantuan dan pendampingan tentang perkembangan bisnis dan konsultasi bisnis atau seputar software akuntansi, silahkan hubungi 0818521172, Office : 031-21100152 atau email ke groedu@gmail.com bisa juga groedu_inti@hotmail.com