BAGAIMANA SEHARUSNYA MENYIKAPI KEBUTUHAN AKAN MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA BAGI BISNIS BARU


Diantara sebagian besar pengusaha banyak yang beranggapan bahwa manajemen sumber daya manusia hanya diperuntukan bagi perusahaan-perusahaan besar saja. Dari sisi penerapan, sebagian besar perusahaan memang iya, namun apakah pendapat itu benar? Tentu saja jawabannya adalah tidak, karena sebenarnya semua perusahaan. Entah itu adalah perusahaan besar atau perusahaan kecil, sejatinya memang masih tetap membutuhkan adanya pengelolaan sumber daya manusia.

Merekrut sejumlah kandidat untuk posisi HRD adalah suatu hal yang terbilang gampang-gampang susah, tidak hanya bagi perusahaan besar, tanpa terkecuali semua pasti mengalaminya. Tidak peduli itu adalah perusahaan besar, atau menengah kebawah. Namun hal ini adalah sebuah investasi yang cukup mahal bagi sebuah perusahaan bagi bisnis baru yang sedang merintis sebuah usaha. Pada saat memulai sebuah bisnis baru dengan hanya mengandalkan beberapa orang inti saja untuk sementara, sedangkan Anda yang akan berperan aktif sebagai pemilik utama, pekerja sekaligus sebagai seorang HRD yang bertanggungjawab penuh untuk mengelola permasalahan sumber daya manusia. Seiring dengan pertumbuhan perusahaan, maka jumlah orang-orangpun akan semakin bertambah.

images

Akan menjadi semakin sulit bagi Anda untuk mengelola semua pekerjaan sekaligus dan pada saat itulah Anda harus mulai berfikir keras untuk merekrut seseorang yang hanya harus berfokus dalam mengelola segala urusan yang berhubungan dengan sumber daya manusia.

1. Kenapa bisnis baru seringkali mengabaikan manajemen Sumber Daya Manusia?

Sebagai perusahaan dengan pengawasan anggaran yang begitu ketat, penghematan dan perampingan karyawan adalah alasan utama mengapa seorang pebisnis baru harus menunda niatnya untuk memiliki sistem pengelolaan manajemen sumber daya manusia yang profesional. Sebenarnya Anda tidak perlu sebuah tim HRD inti sendiri, Anda hanya membutuhkan seorang yang profesional. Apabila sudah dapat Anda arahkan dengan benar, berinvestasi dengan menghadirkan pengelola SDM akan sangat berguna dalam mempercepat perkembangan perusahaan.

Sebagian lagi beranggapan apabila terlalu dini dalam menghadirkan pengelola SDM pada akhirnya akan menjadikan pendiri perusahaan harus kehilangan sentuhannya pada bagaimana penerapan budaya perusahaan. Seorang Founder juga akan semakin melewatkan pelajaran tentang bagaimana harus berurusan dengan orang-orang. Menjadi pemilik sekaligus sebagai seorang manajer SDM pada masa awal berdirinya perusahaan akan memaksa seorang untuk belajar lebih banyak lagi tentang bekerja dengan karyawan secara langsung dalam menyelesaikan berbagai permasalahan yang sering muncul.

2. Peran Manajemen Sumber Daya Manusia dalam sebuah bisnis baru.

Peran manajemen sumber daya manusia dalam sebuah bisnis baru pada dasarnya sama halnya seperti pada organisasi yang berstruktur lebih besar, hanya saja dengan volume pekerjaan yang relatif lebih kecil. Itulah sebabnya mengapa Anda harus membuat solusi tentang bagaimana pengelolaan manajemen sumber daya manusia yang lebih jelas dari awal. Permasalahan yang seringkali ditangani oleh seorang HRD seperti masalah pemberian gaji, tidak dapat ditangani secara asal-asalan atau sembarangan. Sekali Anda menghadirkan seorang HRD pada perusahaan, Anda akan segera mengetahui mengapa solusi tentang pengelolaan manajemen sumber daya manusia harus menjadi prioritas utama agar bisnis baru Anda dapat lebih efisien.

Selain sebagai penampung utama bagi aspirasi para karyawan, HRD juga akan sangat membantu Anda pada saat ingin merekrut seorang karyawan baru. Untuk kesuksesan dari bisnis baru Anda. Faktor yang terpenting adalah bagaimana kualitas dari sumber daya manusia yang selama ini Anda miliki. Itu adalah modal paling berharga bagi Anda. Anda harus memastikan bahwa walaupun pekerja Anda tidak banyak secara kuantitas, namun memiliki kualitas mereka adalah yang terbaik dalam bidangnya masing-masing. Kerja sama Anda sebagai seorang pemilik bisnis baru dengan HRD yang sudah berpengalaman, sangat memungkinkan bagi perusahaan untuk bisa mendapatkan para calon karyawan yang berkualitas.

Urusan Anda tidak hanya sampai disitu, setelah perekrutan selesai, hal penting lainnya ialah Anda harus melatih karyawan baru untuk posisi mereka, serta Anda harus membuat mereka bisa terbiasa dengan budaya perusahaan. Dan itulah tanggungjawab terbesar, karyawan Anda yang lain mungkin tidak memiliki waktu untuk semua itu, karena sebagai perusahaan kecil, mereka telah memiliki tanggungjawabnya masing-masing.

Dengan adanya HRD, maka Anda Bisa langsung mengadakan orientasi dan pelatihan secara resmi untuk memastikan bahwa Anda akan mempekerjakan karyawan baru yang berkualitas. Pada saat bisnis baru Anda sudah mulai berjalan, maka akan ada banyak sekali dokumen yang berhubungan dengan berbagai aktivitas dari setiap karyawan. Laporan pekerjaan, laporan proyek, laporan keuangan, ulasan kinerja, resolusi permasalahan dan segudang dokumen penting lainnya. Dokumen-dokumen tersebut harus diatur secara terorganisir agar semakin mudah untuk dilacak kembali karena pada saat-saat tertentu masih tetap akan dibutuhkan kembali. Tidak mungkin Anda akan menangani itu semuanya sendirian. Seseorang harus berada disana untuk mengurusnya, dan HRD adalah pilihan yang paling tepat untuk hal seperti itu.

3. Kapan sebaiknya sebuah bisnsi baru memulai untuk mempekerjakan seorang HR baru?

Memutuskan kapan harus mulai mempekerjakan seseorang HRD bukanlah pertanyaan sederhana untuk bisa dijawab sembarangan. Banyak yang menyarankan pada saat jumlah karyawan sudah mencapai 10-15 orang, akan tetapi tidak sedikit pula yang memilih untuk menunggu sampai ada sekitar lima puluhan atau bahkan mencapai ratusan karyawan. Setidaknya pada saat Anda telah memiliki sekitar 35 karyawan, berarti Anda sudah membutuhkan adanya bantuan dari seorang HRD. Namun jika memang keuangan perusahaan sudah memungkinkan untuk melakukan itu, akan menjadi lebih baik lagi apabila Anda bisa sesegera mungkin untuk mencari seseorang yang bisa untuk membantu Anda walaupun karyawan yang Anda miliki masih kurang dari 15 orang.

Apabila pembaca membutuhkan bantuan dan pendampingan tentang perkembangan bisnis dan konsultasi bisnis atau seputar software akuntansi, silahkan hubungi 0818521172, Office (only call no sms)  : 0811-3444-910 atau email ke groedu@gmail.com bisa juga groedu_inti@hotmail.com