MASIHKAH PERUSAHAAN MEMBUTUHKAN ADANYA SISTEM AKUNTANSI APABILA SUDAH ADA SOFTWARE AKUNTANSI?


Semakin pesatnya laju perkembangan teknologi informasi yang saat ini ikut serta dalam memberikan banyak sekali berbagai kemudahan dalam berbagai kegiatan bisnis yang ada didalamnya.Hal ini terjadi karena perkembangan teknologi yang lebih menitikberatkan terhadap penggunaan sistem informasi yang berbasis komputer.

Dengan demikian, perkembangan teknologi informasi yang semakin mampu dalam memenuhi berbagai kebutuhan informasi dalam dunia bisnis dengan menyediakan data-data pendukung yang begitu cepat, tepat, dan tentunya akurat serta sangat banyak sekali menghemat waktu dan biaya. Salah satu dampak terbesar dari berbagai kemajuan teknologi yang banyak memberikan dampak yang begitu signifikan bagi kepentingan segala aktivitas perusahaan adalah dengan munculnya software akuntansi yang mana laporan keuangan dapat dibuat dengan lebih mudah dan cepat serta akurat.

Misalanya saja ketika sebuah perusahaan telah melakukan migrasi dari sistem akuntansi manual menjadi terkomputerisasi. Jika sebelumnya kasir perusahaan hanya membuat laporan kas harian secara manual yang kemudian setela selesai dihitung akan diberikan kepada bagian akuntansi untuk diperiksa ulang dan dibuatkan jurnalnya. Bagian akuntansi tidak hanya harus membuat jurnal saja untuk bagian kasir, namun juga untuk bagian penjualan, pembelian, persediaan, dan juga bagian produksi.

untitledPembuatan jurnal ini tentu saja membutuhkan waktu yang lebih lama dan tidak menutup kemungkinan untuk terjadinya human error (kesalahan penjurnalan). Dengan jalan menerapkan sistem yang serba terkomputerisasi, maka jurnal akan terbentuk secara ototmatis. Pengeluaran yang seharusnya dilakukan oleh kasir, pembelian oleh bagian pembelian, dan penjualan dari bagian penjualan secara otomatis akan terbuat jurnal dengan sendirinya yang sudah terintegrasi langsung, sehingga akan menghasilkan laporan keuangan.

Bagian akuntansi selanjutnya hanya tinggal melakukan validasi terhadap berbagai transaksi yang terjadi. Sehingga mutu informasi yang telah dihasilkan dalam laporan keuangan akan menjadi lebih akurat. Sistem keuangan yang sudah serba terkomputerisasi akan semakin meringankan dan mempermudah pekerjaan, lebih bermanfaat, menaikkan tingkat efisiensi produktifitas dan efektifitas serta lebih meningkatkan kinerja dari setiap personelnya.

Biasanya pihak vendor software akuntansi akan memberikan berbagai macam jenis pilihan paket software akuntansi yang dapat disesuaikan dengan jenis usaha yang sedang dijalankan, dengan berbagai fitur yang didesain dengan sedemikian rupa sehingga menjadi lebih user friendly yang memungkinkan bagi para penggunanya, apalagi yang terbilang masih sangat awam (tidak terlalu memahami) ilmu akuntansipun masih dapat menggunakannya.

Lalu apakah sistem akuntansi dapat tergantikan oleh kemunculan software akuntansi?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, maka terlebih dahulu kita harus mengenali bahwa sistem akuntansi yang terdiri dari:

1. Formulir.
2. Dokumen-dokumen.
3. Catatan.
4. Prosedur-prosedur.
5. Alat-alat yang digunakan untuk mengolah data yang bertujuan untuk mendapatkan feedback dalam bentuk laporan yang digunakan oleh pihak manajeman dalam mengawasi usahanya dan pihak lain yang membutuhkannya.

Sedangkan yang dimaksud dengan software akuntansi adalah berupa tools yang digunakan untuk membantu agar segala pekerjaan yang berhubungan dengan proses akuntansi dapat menjadi lebih mudah dan efisien. Namun sebelumnya kita harus mengetahui terlebih dahulu bagaimana kinerja sesungguhnya dari software yang nantinya akan digunakan tersebut. Apakah software akuntansi tersebut akan dapat memenuhi dan applicable dengan berbagai prosedur yang sudah ada pada perusahaan? Apakah justru malah terdapat beberapa fitur-fitur penting yang mungkin saja tidak terdapat dalam software akuntansi tersebut?

Pada dasarnya software akuntansi sudah didesain sedemikian rupa bertujuan untuk semakin mempermudah rumitnya penghitungan keuangan, informasi akuntansi, dan penyediaan laporan akuntansi. Namun yang harus diingat adalah bahwa setiap masing-masing software memiliki keunggulan dan kelemahannya masing-masing. Untuk itulah sebelumnya Anda harus dapat me-mapping apa saja kebutuhan dari perusahaan dan harus menentukan software akuntansi mana yang dapat memenuhi berbagai kebutuhan perusahaan yang sudah ter-mapping tersebut.

Dalam menyusun sistem akuntansi hendaknya harus dilakukan proses analisis terlebih dahulu yang mana monitoring akan dilakukan secara berkelanjutan. Software akuntansi memang bertujuan untuk semakin mempermudah berbagai pekerjaan kita yang berhubungan dengan akuntansi perusahaan, namun sejatinya software akuntansi juga tidak dapat menggantikan sistem akuntansi yang berfungsi utama sebagai pengatur prosedur, formulir, dan berbagai catatan yang belum, bahkan tidak mampu dilakukan oleh software akuntansi. Sebuah perusahaan yang sudah lama menggunakan software akuntansi, masih tetap harus mempertimbangkan untuk sistem akuntansinya agar bisa menjadi lebih efisien, aman, dan tentunya bersifat informatif.

Semoga bisa bermanfaat bagi Anda sekalian dalam menambah wawasan tentang sistem akuntansi dan software akuntansi, terimakasih dan salam sukses.

Apabila pembaca membutuhkan bantuan dan pendampingan tentang perkembangan bisnis dan konsultasi bisnis atau seputar software akuntansi, silahkan hubungi 0818521172, Simpati : 081-252-982-900, Office (only call no sms)  : 0811-3444-910 atau email ke groedu@gmail.com bisa juga groedu_inti@hotmail.comn