BEBERAPA PONDASI DAN INDIKATOR YANG MENUNJUKKAN BAHWA KEUANGAN PERUSAHAAN SEDANG MEMBAIK ATAU MALAH MEMBURUK

Cuatro-de-cada-diez-españoles-prefieren-menos-impuestos-aunque-se-recorten-servicios

Setiap perusahaan yang telah didirikan akan selalu memiliki tujuannya masing-masing, namun yang paling banyak adalah agar perusahaan tersebut dapat semakin berkembang pesat dan mampu untuk menghasilkan keuntungan. Dalam upaya untuk mencapai hal tersebut, maka setidaknya dibutuhkan adanya suatu kerja keras dan tingkat keuletan yang sangat tinggi.

Terlebih lagi jika pada saat ini kompetisi bisnis juga sudah semakin padat dan strategi konvensional sudah mulai semakin ditinggalkan. Kemajuan dunia teknologi menjadikan manusia semakin lebih dinamis dengan berbagai tingkat mobilitas yang lebih tinggi. Begitu pula dalam berbisnis, yang mana terdapat banyak sekali faktor yang dapat mempengaruhi reputasi dan kredibilitas dari sebuah usaha.

News Release_Financial Indicator Graphs show Lacombe is sitting prettyPerusahaan yang mature (berkembang) akan tetap mampu bertahan dari berbagai gempuran para kompetitor karena mereka sudah memiliki dasar landasan utama yang begitu kokoh pada berbagai bidang. Dan pada dasarnya terdapat tiga macam pondasi yang dapat menjadikan perusahaan tersebut dapat menjadi semakin lebih kuat:

1. Lingkungan kerja yang lebih kondusif dan sehat akan mampu memberikan atmosfer yang lebih positif bagi kinerja para karyawannya. Etos kerja yang baik, produktivitas dan kualitas kerja yang lebih tinggi merupakan hal yang terpenting bagi perusahaan. Dengan memiliki SDM-SDM yang handal dan lebih berkualiats, maka tujuan perusahaan akan dapat dicapai dengan lebih cepat.

2. Merasa peduli dengan lingkungan sekitar. Perusahaan yang baik akan tetap memperhatikan lingkungan disekitar tempat usahanya. Mereka akan berusaha agar aktivitas produksinya tidak sampai memberikan dampak yang buruk bagi lingkungan sekitar. Perusahaan yang peduli dengan lingkungan akan mendapatkan nilai lebih positif di hadapan para konsumennya.

3. Laba merupakan penentu utama dari keberlangsungan sebuah usaha ditengah-tengah semakin padatnya kompetisi bisnis saat ini. Laba yang semakin terus meningkat akan semakin memacu para pemegang saham untuk semakin meningkatkan performa bisnisnya.

Perusahaan yang tetap kokoh tentunya akan semakin didukung dengan adanya pengelolaan keuangan yang cukup memadai. Untuk mengetahui tentang bagaimana kondisi keuangan dari sebuah perusahaan terdapat empat macam indikator utama dalam laporan keuangannya yang harus lebih diperhatikan, yaitu:

1. Penjualan (Sales) dan Laba Bersih.

Kenaikan dari laba bersih dan pendapatan usahanya setidaknya harus tetap konsisten mengalami kenaikan untuk setiap tahunnya.

2. Perputaran Arus Kas Perusahaan.

Cash flow (perputaran arus kas) yang positif akan menunjukkan bahwa perusahaan tersebut masih sehat. Sedangkan jika cashflow adalah negative, maka akan semakin berdampak lebih fatal jika tidak segera dilakukan perbaikan pada internal perusahaan.

3. Rasio Htang terhadap Modal atau Debt to Equity Ratio (DER).

Perusahaan akan bisa dikatakan sehat jika nilai dari DER-nya berada masih di bawah 80%. Melihat DER dari suatu perusahaan dengan rumus, yaitu:

Total Liabilities : Equity x 100%.

4. Operating Profit Margin (OPM).

OPM yang semakin besar akan menjadi semakin bagus. Hal ini dikarenakan jika terdapat perlambatan ekonomi atau kompetisi yang semakin meningkat, maka OPM yang tinggi tersebut akan dapat semakin menurunkannya dengan lebih mudah. Cara untuk mengetahui OPM dapat dilakukan dengan formula, yaitu:

Laba Usaha : Sales x 100%.

Tingkat kestabilan atau reputasi dari sebuah usaha sebenarnya juga tidak hanya ditentukan oleh produk yang selama ini telah dihasilkan saja, serta nilai dari besarnya repeat order yang telah diterima yang secara otomatis akan mampu untuk memberikan keuntungan bagi perusahaan. Namun juga terdapat banyak sekali faktor yang bisa saja turut berperan didalamnya. Nah sekarang, bagaimana dengan perusahaan Anda, apakah beberapa indikator-indikator diatas sudah sudah sesuai dengan perusahaan Anda?
Apabila pembaca membutuhkan bantuan dan pendampingan tentang perkembangan bisnis dan konsultasi bisnis atau seputar software akuntansi, silahkan hubungi 0818521172, Simpati : 081-252-982-900, Office (only call no sms)  : 0811-3444-910 atau email ke groedu@gmail.com bisa juga groedu_inti@hotmail.com