TIPS HR: TAHAPAN DALAM MEMAKSIMALKAN KEMAMPUAN SDM YANG SUDAH ADA DI PERUSAHAAN

keterampilan-kerja-tim_paurrh

Agar dapat semakin meningkatkan produktivitas perusahaan, maka diperlukan adanya sumber daya manusia yang berkualitas. Dan itulah tugas utama dari seorang divisi HR yang harus mampu dalam memetakan potensi-potensi SDM nya yang bisa disesuaikan dengan bagaimana kondisi perusahaan untuk bisa semakin berkembang. Karena itulah, tim HR harus melakukan perencanaan SDM. Dalam upaya untuk menyusun perencanaan SDM seperti ini, maka diperlukan beberapa tahapan-tahapan, yaitu:

123-15095016771. Memahami setiap masing-masing karyawan, baik dari segi kuantitas maupun kualitasnya.

Pada kebanyakan perusahaan besar, biasanya memiliki SDM yang sangat banyak, namun jika diperhatikan dari segi kualitas tentu tidak semuanya sama. Karena itulah maka tim HRD yang bertugas untuk menilai dengan pasti berapa jumlah SDM yang berkualitas di perusahaan. Dengan cara memahami setiap masing-masing kualitas setiap karyawan, maka divisi HR selanjutnya akan bisa memetakan penempatan SDM pada setiap posisi tertentu untuk memaksimalkan produktivitas karyawannya. Hal ini akan menjadi tahap awal dalam hal menyusun perencanaan SDM untuk ke depannya.

2. Menilai hasil evaluasi kinerja karyawan.

Inilah alasan pentingnya rutin melakukan penilaian terhadap karyawan untuk setiap tahunnya. Evaluasi tersebut bisa juga meliputi tingkat ketangkasan karyawan dalam menyelesaikan permasalahan, ketepatan waktu dalam mengumpulkan deadline, kecepatan untuk menyelesaikan pekerjaan, kedisiplinan, hubungan komunikasi yang baik dengan karyawan lain, dan lain sebagainya. Dari evaluasi tersebut, maka divisi HR akan bisa menilai setiap profil dari para karyawannya dan mengetahui apa saja kekurangan dari SDM nya agar bisa diperbaiki untuk ke depannya. Proses evaluasi seperti ini memang harus dilakukan secara lebih obyektif agar Anda bisa mendapatkan hasil yang lebih akurat tentang bagaimana kondisi SDM di perusahaan Anda saat ini.

3. Sesuaikan dengan Program Perusahaan

Apapun yang masih diperlukan oleh perusahaan untuk ke depannya? Apabila SDM yang sudah ada saat ini masih belum memiliki kualitas yang cukup dalam memenuhi kebutuhan perusahaan, maka itu artinya adalah Anda membutuhkan adanya program pelatihan khusus dalam rangka untuk semakin meningkatkan kualitas para karyawan. Sedangkan jika kuantitas yang menjadi kendala utama bagi perusahaan, maka pilihan lainnya yang masih Anda miliki saat ini adalah dengan merekrut karyawan baru. Misalnya jika perusahaan akan mendapatkan proyek untuk mengelola situs tertentu, maka para karyawan yang memiliki skill dalam bidang tersebut juga harus tetap diberdayakan. Jika masih kurang, maka bisa merekrut tenaga freelancer dari luar perusahaan.

4. Memahami bagaimana kondisi pasar tenaga kerja yang sesungguhnya.

Semakin meningkatnya jumlah penduduk yang setiap tahunnya tidak diimbangi dengan jumlah lapangan pekerjaan yang cukup memadai menjadikan para SDM yang tersedia di luar sana sangatlah melimpah. Setelah mengetahui bagaimana kualitas SDM yang sudah ada serta menyangkut berbagai kebutuhan perusahaan di masa mendatang, maka kini saatnya bagi Anda untuk memulai membuka peluang baru bagi para calon pelamar kerja. Dan tidak menutup kemungkinan bahwa Anda akan bisa menemukan bibit-bibit unggul baru dari para kandidat tersebut. Nah, tugas Anda saat ini sebagai seorang HRD adalah harus bisa mengambil kandidat yang benar-benar berkualitas baik.

5. Mengadakan analisis tren.

Dengan cara memahami bagaimana kondisi pasar tenaga kerja yang masih ada saja tidak cukup. Anda juga perlu untuk melihat bagaimana untuk kecenderungan tren, misalnya tenang bagaimana seputar tren perekrutan SDM pada tahun depan. Memahami seputar tren perekrutan akan bisa semakin memaksimalkan Anda dalam memanfaatkan SDM. Banyaknya pelamar kerja yang berkualitas di waktu mendatang akan bisa memberikan Anda berbagai pilihan untuk menyewa tenaga kerja sebagai freelancer, bukan merekrut sebagai karyawan tetap. Karena hal ini merupakan salah satu tren yang kemungkinan besar akan semakin populer di tahun 2017 mendatang. Dengan cara begitu, maka Anda tidak perlu harus mengeluarkan biaya yang lebih untuk menambah jumlah SDM.

6. Memutuskan apa yang harus dilakukan selanjutnya.

Setelah Anda mempertimbangkan bagaimana kondisi dan kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi di masa mendatang, maka sekarang saatnya bagi Anda untuk memutuskan apa yang harus dilakukan untuk upaya pengembangan SDM untuk selanjutnya. Apakah Anda akan merekrut karyawan baru, atau haruskah mencari freelancer, perlukah mengadakan pelatihan, atau bahkan mengurangi tenaga kerja, dan lain sebagainya.

Melakukan perencanaan SDM memang bukan perkara yang mudah untuk bisa dilakukan dalam waktu yang singkat. Seluruh divisi HR harus bekerja sama dan terlibat dalam berbagai prosesnya. Perencanaan SDM yang lebih efektif harus tepat sasaran untuk usaha pengembangan perusahaan. Anda bisa menggunakan software HR agar dapat menjadi lebih fokus untuk menyusun perencanaan SDM dengan lebih strategis. Statistik yang diberikanpun akan bisa membantu Anda untuk menentukan perencanaan yang jauh lebih akurat.
Apabila pembaca membutuhkan bantuan dan pendampingan tentang perkembangan bisnis dan konsultasi bisnis atau seputar software HRD dan Payroll, software akuntansi, silahkan hubungi 0818521172, Simpati : 081-252-982-900, Office (only call no sms)  : 0811-3444-910 atau email ke groedu@gmail.com bisa juga groedu_inti@hotmail.com