BERBAGAI TREN DAN KONFERENSI HR YANG SUDAH LAMA DITUNGGU-TUNGGU DI ASIA DI TAHUN 2018 DAN 2019

Yang paling ditunggu-tunggu berupa Event HR Konferensi oleh para praktisi HR. Selain untuk mengetahui berbagai tren HR yang masih hangat, acara semacam ini pun juga akan bisa menjadi salah satu ajang untuk networking. Hal ini tentu saja akan menjadi sebuah kesempatan paling berharga bagi para mengembangkan perusahaan Anda. Dengan berbagai manfaat yang begitu besar seperti ini, maka sangat tidak mengherankan jika antusiasme yang bisa didapatkan terhadap penyelenggaraan HR Konferensi sangat tinggi. Dalam rentang tahun 2018 sampai 2019 saja, terdapat beberapa HR Konferensi yang sudah dan akan segera dilakukan di Asia.

shutterstock_606162149-1080x675Dalam jangka waktu ini saja, tema yang akan diangkat juga tidak jauh berbeda dari adanya pemanfaatan teknologi dan berbagai upaya untuk menyambut adanya revolusi industri. Meskipun demikian, setiap HR konferensi tersebut juga memiliki beberapa ciri khasnya sendiri, sehingga rasanya akan sangat sayang untuk dilewatkan. Apakah Anda sebagai seorang praktisi HR yang ingin mampu menjawab berbagai tantangan revolusi industri? Maka HR Konferensi wajib untuk dimasukkan dalam agenda Anda selanjutnya.

Berikut ini merupakan beberapa HR Conference yang paling ditunggu-tunggu di Asia pada tahun 2018 ini.

1. HR Festival Asia.

HR Festival Asia yang diselenggarakan oleh HRM Asia (Singapura). Bisa dibilang, acara ini merupakan kombinasi HR Technology Conference & Exposition dari Amerika Serikat dengan HR Summit Asia. Mengapa demikian? Karena kedua acara tersebut memang berkonsentrasi penuh terhadap perkembangan HR dan teknologi pendukungnya, hanya saja dalam regional yang lebih berbeda, satu di Amerika dan satunya lagi di Asia. Jika digabungkan, maka hasil yang akan keluar tentu saja akan menjadi semakin efektif.

HR Festival Asia yang akan digelar pada tanggal 8-9 Mei 2019 di Suntec Singapore Conference & Exhibition Centre. Dalam event ini akan dibahas tentang confluence antara HR dengan teknologi. Topik-topik seperti digitalisasi dan otomatisasi data akan diangkat dalam diskusinya. Beberapa pembicara yang akan didatangkan merupakan profesional HR dari Asia.
Beberapa kegiatan akan digunakan untuk mengisi jalan acara HR Festival Asia pertama ini, salah satunya adalah berupa master class yang nanti akan diberikan oleh beberapa profesional HR di Asia. Selain itu juga, Anda akan dapat mengunjungi booth-booth pada HR Festival Expo. Acara ini akan menghadirkan sekitar kurang lebih 5.000 praktisi HR dan berbagai teknologi HR yang sudah berkembang saat ini.

2. Indonesian HR Summit 2018.

Acara tahunan yang mulai diselenggarakan tahun 2008 ini akan diprakarsai oleh beberapa praktisi SDM di Indonesia. Memasuki tahun kesepuluh, Indonesia HR Summit (IHRS) akan mengangkat concern terhadap berbagai perkembangan dari teknologi dalam industri. Dan hasilnya, di tahun 2018 ini, IHRS pun akan mengangkat tema “Humanizing Technology in Managing Tomorrow People”.

Dengan tema tersebut, maka diskusi yang akan diangkat adalah seputar teknologi dan hubungannya dengan manusia, termasuk juga tentang bagaimana pemanfaatan dari teknologi yang baik tanpa harus mengabaikan dari segi kemanusiaan. Kemajuan teknologi diharapkan mampu dalam membantu kinerja dari manusia, sehingga akan menjadi lebih efektif dan efisien. Secara garis besar, tujuan utama dari IHRS 2018 adalah untuk mengajak para praktisi SDM untuk memanfaatkan teknologi secara lebih tepat.

IHRS kali ini yang diadakan di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC) selama dua hari mulai dari tanggal 17 sampai 18 September 2018 bulan lalu. Pembicara yang sudah didatangkan berasal dari berbagai sektor mulai dari kementrian, perusahaan multinasional, sampai dengan start-up. Acara ini juga akan diisi oleh pameran dari beberapa  perusahaan-perusahaan besar Indonesia.

3. NEXT HR Summit

Belakangan ini, revolusi industry yang sudah menjadi semakin digencarkan. Hal ini tentu saja sangat tidak mengherankan karena berbagai tantangan-tantangan berat dari revolusi industri 4.0 sendiri juga sudah ada di depan mata. Berbagai upaya-upaya untuk menyambut perubahan seperti inipun akan terus dilakukan, termasuk juga grand roadmap Making Indonesia 4.0 dari Presiden RI, Ir. Joko Widodo.

Para praktisi SDM dalam negeripun tidak boleh diam dalam menghadapi situasi berat seperti ini. Seluruh aspek dalam negeri memang akan langsung terdampak oleh adanya kemajuan teknologi, termasuk juga dari sektor industri dan sumber dayanya. Peran aktif dari para profesional SDM memang sangat dibutuhkan karena perkembangan teknologi HR untuk saat ini juga sudah menjadi semakin maju. Workplace yang lebih konvensionalpun harus mampu bertransformasi untuk menjadi agile workplace.

Atas dasar inilah maka kemudian NEXT HR akan diselenggarakan. Dengan tema “Re-Defining The Next Workplace Through Technology”, NEXT HR akan sangat membantu perusahaan untuk menyusun strategi yang paling efektif yang harus mampu menjawab berbagai tantangan Revolusi Industri. Berbagai permasalahan seperti menghadapi karyawan generasi milenial yang juga akan dibahas dalam NEXT HR tersebut.

Semuanya bisa Anda dapatkan melalui diskusi dengan pembicara yang sudah sangat berpengalaman, seperti:

• Libertha Hutapea, Head of Strategic HR Tokopedia.
• Ute Driyono, Head of  HCBP Jenius.
• Satya Radjasa, Managing Director Korn Ferry.
• Willy Saelan, Head of HR Unilever.
• Hery Kustanto, Head of HR Net TV.
• Rudy Afandy, HR Director General Electric.
• Dudi Arisandi, People and Performance Director Kraft Heinz.
• Agustina Samara, HR Director Dana.

Dengan berbagai materi yang sangat bermanfaat, maka tentunya akan sangat disayangkan jika Anda malah melewatkan event-event penting seperti ini.  Semoga bisa bermanfaat bagi Anda sekalian, terimakasih dan salam sukses praktisi HR Indonesia.
Apabila pembaca membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai artikel di atas dan software HRD & Payroll, membutuhkan bimbingan dalam pembuatan SOP manufacturing, membutuhkan software accounting dan Job costing, silahkan hubungi groedu@gmail.com atau kontak 081-8521172 atau 081-252-982900. Kami siap membantu! Terimakasih dan salam sukses.