KAPAN SAAT YANG PALING TEPAT BAGI PERUSAHAAN ANDA UNTUK MENGGUNAKAN SOFTWARE PAYROLL YANG BERBASIS ONLINE?


Memiliki bisnis sendiri meskipun itu masih berskala kecil sampai menjadi berkembang tentu saja akan menjadi harapan dan tantangan terbesar bagi semua pengusaha. Perkembangan bisnis seperti ini, juga harus pula diikuti dengan adanya kemajuan dalam hal pengelolaan sumber daya, baik itu adalah sumber daya manusia maupun berupa sumber-sumber daya lainnya seperti waktu dan lain sebagainya. Salah satu langkah yang paling disarankan dalam menghadapi berbagai tantangan dari perkembangan perusahaan adalah dari penggunaan software payroll.

Sebelum akan memutuskan untuk menggunakan software payroll ini, maka tentu saja terdapat beberapa kondisi atau kriteria yang memang sebaiknya harus lebih diperhatikan lagi. Beberapa diantara kriteria-kriteria seperti ini memang sangat perlu untuk tetap lebih diperhatikan lagi agar penggunaan software payroll bisa benar-benar menjadi optimal dan tidak malah menjadi boomerang bagi bisnis Anda sendiri. Beberapa kriteria-kriteria yang paling mendasar adalah sebagai berikut.

images1. Semakin Bertambah Banyaknya Jumlah Karyawan Anda.

Perkembangan dunia bisnis seperti ini tentu saja juga akan disertai dengan adanya penambahan-penambahan jumlah karyawan karena adanya sebuah asumsi bahwa semakin banyak workload yang harus dilakukan, maka juga harus bertambah pula tenaga yang harus menanganinya. Jika memang karyawan yang dimiliki masih sangat sedikit, katakanlah hanya 10 orang saja, maka penggunaan software payroll sebenarnya masih belum terlalu dibutuhkan. Penggunaan software payroll tentu saja akan sangat membantu, namun akan terasa sangat bermanfaat ketika karyawan Anda sudah berjumlah sangat banyak, mencapai ratusan orang karena dengan demikian Anda akan dapat mengelola payroll dari setiap masing-masing karyawan dalam waktu yang relatif lebih singkat.

2. Upaya Untuk Efisiensi Waktu.

Peningkatan jumlah karyawan dan staff yang Anda pekerjakan, tentu itu artinya juga sebagai peningkatan waktu yang diperlukan untuk mengelola payroll dari setiap masing-masing karyawan. Jika waktu telah menjadi satu faktor yang sangat penting, maka gunakanlah software payroll, sehingga pengelolaan payroll para karyawan bisa dilakukan dengan cara yang lebih cepat. Dan itu artinya, semakin banyak waktu untuk melakukan berbagai pekerjaan lain yang juga memiliki tingkat signifikansi yang lebih tinggi untuk perkembangan bisnis Anda.

3. Semakin Bertambah Kompleksnya Pengelolaan HR Perusahaan.

Semakin banyak karyawan yang telah Anda pekerjakan, maka tentu saja akan semakin banyak pula dinamika-dinamika sosial yang akan dihadapi oleh perusahaan Anda, seperti dari sisi pencatatan presensi, absensi dan kehadiran, pembayaran gaji karyawan, pembagian shift kerja sampai dengan hal-hal yang terkait dengan administrasi perpajakan dan pembayaran asuransi atau BPJS. Ketika hal seperti ini sudah terjadi, maka sudah waktunya bagi Anda untuk memulai menggunakan software payroll. Beberapa software payroll secara umum juga menawarkan fitur-fitur tersebut, pembagian shift kerja, absensi, pengajuan cuti dan juga reimbursement, sampai dengan pembayaran pajak penghasilan dan iuran BPJS.

Segala urusan tersebut bisa dengan sangat mudah diselesaikan menggunakan sistem pengelolaan HR terpadu yang sudah mengintegrasikan antara database karyawan dengan semua urusan-urusan tersebut. Tentu saja, keuntungannya sangat jelas, semakin cepat hal tersebut bisa diselesaikan, maka akan menjadi semakin cepat pula dalam menyelesaikan berbagai urusan rutin setiap bulan dan juga periodikal lain tanpa harus menunggu proses manual selesai.

4. Mobilitas yang Menjadi Semakin Meningkat.

Keberadaan Anda di perusahaan memang sangat diperlukan. Namun, jika tuntutan dari mobilitas yang semakin terus meningkat, maka hal seperti ini juga berarti menjadi salah satu indikasi bahwa Anda memang harus menerapkan penggunaan software payroll yang sudah berbasis online. Alasannya sangat jelas, yaitu berupa persetujuan dan eksekusi dari pembayaran payroll akan bisa dengan sangat mudah dilakukan di mana saja dan kapan saja Anda berada, selama Anda memiliki koneksi internet yang stabil. Hal ini akan semakin memungkinkan bahwa Anda mampu untuk terus bergerak untuk mengurus berbagai macam hal-hal lain tanpa harus terhambat dengan adanya keharusan untuk hadir di kantor dan melakukan segala jenis penandatanganan yang terkait dengan urusan payroll karyawan dan perusahaan.

5. Peningkatan Efektifitas Modal & Kas Perusahaan.

Melakukan pengelolaan HR dengan baik tentu saja masih perlu memiliki staff HR yang juga berkualitas. Penggunaan software payroll tidak berarti bahwa harus mengeliminasi setiap fungsi-fungsi dari peran penting seorang HR dan tergantikan dengan aplikasi layanan Payroll yang berbasis cloud. Perampingan bisa Anda lakukan untuk bagian akuntan dan staff yang mengurus untuk pembayaran gaji dan pajak. Dengan mengalokasikan modal yang tadinya harus masuk ke dalam lorong tersebut, maka Anda bisa memiliki tambahan modal dan bisa mengupayakan untuk peningkatan dari perputaran dana yang sudah ada pada perusahaan. Tentu saja hal ini sangat perlu untuk dilakukan dengan adanya sebuah pertimbangan yang lebih matang dan perhitungan yang cukup cermat.

Perkembangan perusahaan tentu saja akan menjadi kabar yang lebih baik dan perlu untuk disikapi dengan adanya pengambilan langkah yang lebih tepat. Untuk itulah, Anda sangat perlu untuk memiliki tim dengan kapasitas yang lebih baik, sehingga untuk setiap keputusan bisa didiskusikan terlebih dahulu. Beberapa kriteria seperti di atas akan bisa Anda jadikan sebagai dasar acuan untuk mempertimbangkan penggunaan software payroll. Jika Anda merasa tertarik dengan strategi HR (Human Resource) lainnya, Maka Groedu Consultan lah solusinya. Anda bisa menghubungi kami via WhatsApp 0812-5298-2900 atau email ke groedu@gmail.com. Tim kami akan siap membantu Anda dan kami tunggu kabar baiknya dari Anda.