TANTANGAN-TANTANGAN TERBERAT PADA SEKTOR AKUNTANSI MANAJEMEN BISNIS DI ERA SERBA DIGITAL SEPERTI SEKARANG INI

Peran-Akuntansi-800x305

Sektor akuntansi manajemen bisnis sebenarnya telah mengalami banyak sekali transformasi seiring dengan berjalannya waktu. Hal yang masih perlu untuk digarisbawahi adalah bahwa seiring dengan berjalannya waktu tersebut, maka terjadi banyak sekali berbagai perubahan era yang cukup berpengaruh terhadap sektor akuntansi bisnis, baik yang secara langsung maupun yang tidak.

Sekarang ini, kita tengah lama memasuki era digital di mana dunia internet lebih banyak mengambil peran-peran yang terkait dengan tujuan bisnis. Tidak bisa disalngkah lagi bahwa kondisi semacam ini turut “mempengaruhi” sektor akuntansi bisnis yang selama ini jauh lebih identik dengan pekerjaan-pekerjaan yang bersifat manual. Meskipun mungkin saja sudah menggunakan teknologi komputer, namun untuk jenis pekerjaan seperti entry data, menyusun laporan keuangan, atau untuk menghitung arus kas perusahaan masih banyak dilakukan secara manual.

Dan alhasil, sektor akuntansi manajemen bisnis inipun sampai mendapatkan tantangan berat baru di era yang serba digital seperti sekarang ini. Sebagai seorang pelaku bisnis, mau tak mau Anda akan semakin dituntut untuk mencari tahu dengan lebih banyak tentang berbagai tantangan-tantangan semacam ini agar bisa mengatasinya. Maka, kira-kira apa saja tantangan-tantangan tersebut?

index1. Analisis data-data penting di era serba big data.

Big data sepertinya sedang menjadi primadona tersendiri di era yang sudah serba digital seperti saat ini. Banyak diantara perusahaan-perusahaan besar yang lebih mengandalkan data dari berbagai macam sumber untuk mengambil keputusan dan bertujuan untuk memperbaiki layanan. Sektor akuntansi bisnis juga sebenarnya bisa melakukan hal tersebut. Terlebih lagi, jika data-data akuntansi telah menyediakan berbagai informasi yang lebih akurat yang terkait dengan setiap kondisi finansial perusahaan. Melalui berbagai informasi tersebut, maka Anda dan para anggota tim akan bisa melakukan tindakan pengambilan keputusan yang lebih akurat.

Tantangan terberatnya adalah belum banyak dari para akuntan tersebut yang memiliki kemampuan atau daya analisis yang lebih kuat. Padahal, sebenarnya sebagai sebuah profesi yang lebih banyak berhubungan dengan nilai angka-angka, melalui big data seorang akuntan akan bisa mendapatkan berbagai informasi-informasi penting dengan lebih mudah sehingga mereka tidak akan menyusun laporan keuangan saja, namun juga bertujuan untuk “membaca” bagaimana proses bisnis dari sebuah perusahaan sejak awal sampai akhir.

2. Sekarang sudah saatnya untuk sektor akuntansi bisnis yang mulai beralih ke media digital.

Perubahan era yang idealnya juga harus diikuti dengan berbagai perubahan sikap manusia. Tanpa adanya perubahan sikap, maka kita tidak akan bisa ikut maju untuk mengikuti perkembangan zaman. Karena masalahnya, perubahan era yang seringkali menyebabkan terjadinya keraguan. Tidak akan ada yang dapat memprediksikan bagaimana kondisi di masa depan, sehingga orang-orang akan merasa enggan untuk menyesuaikan sikap terhadap terjadinya berbagai perubahan yang selama ini sudah terjadi. Nah, hal seperti ini juga akan terjadi pada sektor akuntansi bisnis.
Di era yang serba digital seperti sekarang ini, maka sudah seharusnya bagi para pebisnis untuk ikut go digital. Salah satu cara yang paling mudah adalah dengan mengurangi paperwork atau pekerjaan manual, yaitu dengan melalui penggunaan software akuntansi yang sudah berbasis cloud. Sebuah laporan riset yang berjudul An Agenda for Growth telah menunjukkan bahwa sebanyak 38% dari perusahaan sudah terdistraksi oleh berbagai pekerjaan-pekerjaan yang lebih bersifat administrasi sehari-harinya. Nah, untuk sektor akuntansi bisnis sebenarnya akan bisa mengatasi hal tersebut dengan cara menggunakan software akuntansi. Prosesnya juga sudah terotomatis dan serba terintegrasi sehingga akan semakin menghemat banyak waktu Anda.

3. Isu-isu seputar keamanan data-data akuntansi perusahaan.

Proses akuntansi bisnis yang sudah serba terotomatisasi melalui penggunaan software digital memang dirasa cukup mampu dalam memberikan banyak sekali berbagai macam manfaat, mulai dari penghematan banyak waktu sampai dengan berbagai kemudahan dalam berkolaborasi. Namun, mengapa masih terlalu banyak diantara para pebisnis yang lebih memilih untuk tidak menggunakannya? Salah satu pertimbangan mereka adalah karena adanya isu-isu seputar keamanan. Mereka terlalu takut data-data finansial mereka akan bocor kepada pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab.

Padahal sebenarnya, hal itu bisa saja dicegah dengan cara menggunakan software akuntansi yang sudah sepaket dengan protokol keamanan yang akan selalu ter-update. Karena itulah, maka Anda tidak perlu terlalu merasa khawatir sama sekali karena masih ada jadwal back-up secara berkala dan dengan penggunaan teknologi firewall yang cukup canggih untuk memastikan bahwa segala informasi Anda akan selalu tersedia walalu apapun yang terjadi.

Perubahan era sebenarnya memang tidak bisa dihindari. Namun, Anda akan selalu bisa untuk mengontrol setiap reaksi dan sikap terhadap terjadinya berbagai perubahan tersebut. Dalam sektor akuntansi bisnis ini, sebenarnya berbagai macam jenis tantangan yang hadir seiring dengan datangnya era digital maka tidak bisa dibiarkan begitu saja. Anda juga harus mempelajarinya dengan lebih baik agar bisa menentukan sikap seperti apa agar bisa mengatasinya. Jika Anda merasa tertarik dengan software accounting, konsultasi seputar manajemen, strategi HR (Human Resource) dan yang lainnya, Maka Groedu Consultanlah solusinya. Anda bisa menghubungi kami via WhatsApp 0812-5298-2900 atau email ke groedu@gmail.com. Tim kami akan siap membantu Anda dan kami tunggu kabar baiknya dari Anda.