PENGARUH TEKNOLOGI DALAM MANAJEMEN PRODUKSI

1979

Pada era sekarang dimana perkembangan teknologi sangatlah pesat dan menyusup pada segala komponen kehidupan manusia. Terlebih dalam kegiatan bisnis, kemajuan teknologi mampu mengubah banyak hal dari konsep bisnis yang dulu hingga sekarang.
Seiring berkembangnya teknologi dan bergantungnya kita terhadap penggunaan teknologi, adanya teknologi modern pada satu sisi akan memudahkan produsen untuk mencapai tingkat efisiensi tertinggi dalam melakukan produksi, namun disisi lain tingkat PHK akan semakin tinggi, itulah beberapa contoh kecil dampak pengaruh teknologi dalam manajemen produksi.

Ribuan Buruh di-PHK dengan Kehadiran Mesin Produksi

Dengan kemajuan teknologi ini perusahaan pun harus mempersiapkan siasat untuk menggunakan kemajuan teknologi ini secara bijak dan bermanfaat. Perusahaan dituntut untuk menyesuaikan diri dengan cepatnya perkembangan teknologi dan juga dengan perubahan kondisi pasar. berikut ini adalah beberapa dampak positif dan negative pengaruh teknologi dalam manajemen produksi.
Dampak Positif:
1. Kebutuhan masyarakat cepat terpenuhi
2. Pendapatan masyarakat meningkat
3. Pendapatan Negara meningkat
4. Efisiensi produksi meningkat
5. Efisiensi dalam menggunakan Sumber daya alam
6. Mendorong masyarakat untuk berpikir visioner
7. Terbukanya usaha usaha baru

Dampak Negatif:
1. Arus Urbanisasi dari desa ke kota tidak terkontrol
2. Pencemaran udara, air, dan tanah
3. Memicu meningkatnya konsumerisme masyarakat
4. Melunturkan budaya gotong royong masyarakat
5. Memicu meningkatnya paham materialism
6. Berkembangnya paham individualism
7. Memperlebar jurang kesenjangan social
8. Berkurangnya lahan pertanian
9. Naiknya suhu bumi
Setelah kita melihat beberapa dampak positif dan negative pengaruh teknologi dalam manajemen produksi. Produsen, konsumen dan pemerintah harus menyikapinya dengan bijak karena pengaruh yang ditimbulkan akibat pengambilan keputusan dari ketiga pihak tersebut akan sangat berpengaruh untuk kehidupan.
Umumnya produsen memimpikan efisiensi produksi semaksimal mungkin, tentunya hal ini akan tercapai apabila produsen menerapkan kecanggihan teknologi mesin pada seluruh aspek produksi. Dan benar adanya kemajuan bidang teknologi pada era sekarang sangat sangat membantu perusahaan dalam melakukan efisiensi sumber daya dalam melakukan segala kegiatannya, tidak hanya kegiatan produksi saja. Dampak positifnya adalah biaya produksi menjadi semakin rendah, waktu produksi menjadi singkat, harga jual bisa lebih murah, dan konsumen mendapatkan keuntungan dengan harga jual yang rendah dan kecepatan untuk memenuhi permintaan mereka. Namun di sisi lain seperti pisau bermata dua apabila perusahaan menggunakan kemajuan teknologi mesin dalam seluruh proses produksi adalah akan banyak karyawan yang mendapat PHK dan lapangan pekerjaan semakin sempit.
Disini sangat diperlukan campur tangan pemerintah dalam meramu regulasi agar terciptanya kestabilan ekonomi nasional. Kebijakan penggunaan kemajuan teknologi mesin produksi dengan tepat harus segera dikaji untuk menekan dampak negative dari penggunaan teknologi seperti yang telah dijelaskan diatas. Konsumen juga berfungsi sebagai alat control karena permintaan dan ketersediaan tenaga kerja yang bisa mengontrol adalah konsumen. Keseimbangan dalam menggunakan kemajuan teknologi pada manajemen produksi adalah kunci utama dalam mewujudkan kesejahteraan perekonomian.
Semoga artikel di atas bermanfaat bagi pembaca. Apabila pembaca membutuhkan bantuan dalam perapian manajemen dengan pembuatan dokumen sistem manajemen berupa SOP, intruksi kerja, flow chart, dan implementasi software terkait produksi (Job costing), silahkan hubungi groedu@gmail.com atau kontak 081-252982900. Kami siap membantu anda.