4 PROGRAM KESEJAHTERAAAN KARYAWAN UNTUK MENGURANGI TURNOVER

manajemen-sumber-daya-manusia

Kesejahteraan karyawan adalah hal yang penting dan harus diperhatikan oleh perusahaan. Sudah menjadi hal yang wajar jika karyawan berpindah dari satu perusahaan ke perusahaan yang lain. Bukan karena tidak nyaman melainkan hal ini dilakukannya untuk mendapatkan benefit yang lebih baik. Bisa jadi dia merasa nyaman bekerja di perusahaan A tetapi melihat perusahaan B menawarkan benefit lebih baik dari perusahaan A menjadi dasar dari keinginannya untuk berpindah perusahaan. Bagi seorang Human Resource jika ada karyawan yang resign tentu akan membuatnya repot. Untuk itu sebagai seorang Human Resource harus bisa mengurangi turnover karyawan dengan memperhatikan lima program kesejahteraan karyawan berikut :
1. kompernsasi atas beban kerja
Beban kerja sebaiknya disesuaikan dengan jabatannya. Misal, anda memiliki karyawan senior dan junior lalu menggaji keduanya dengan selisih gaji yang cukup jauh. Namun dalam kenyataannya keduanya mempunyai beban kerja yang sama. Sebagai karyawan baru yang memiliki gaji yang terpaut jauh melakukan pekerjaan berat di luar kemampuannya bisa menimbulkan rasa tidak puas. Ini akan menyebabkan turnover. Selain itu ketika anda menambahkan beban kerja kepada karyawan lama tanpa memberikan kompensasi yang jelas akan berdampak memberikan image buruk pada perusahaan anda jika dia resign nanti. Tak sedikit karyawan yang bertalenta melakukan turnover karena menganggap pekerjaan yang mereka lakukan terlalu banyak, tetapi tidak mendapatkan kompensasi yang sesuai
2. asuransi kesehatan
Asuransi kesehatan adalah hal yang sering dipertimbangkan oleh seorang karyawan sebelum melamar ke perusahaan tertentu. Selain itu, asuransi kesehatan juga dapat membantu perusahaan menjaga produktivitas para karyawannya. Misal, jika ada karyawan anda yang sedang sakit dan enggan berobat karena dia tak ingin mengeluarkan uang yang banyak tentunya ini akan merugikan perusahaan. Berbeda jika perusahaan memberikan asuransi, karyawan akan lebih rajin berobat jika mengalami sakit dan produktivitas perusahaan masih tetap berjalan. Memang asuransi membuat perusahaan mengeluarkan uang lebih tapi ini adalah langkah yang tepat untuk meningkatkan kesejahteraan karyawan.
3. fasilitas yang memadai
Fasilitas adalah hal lain yang penting untuk kesejahteraan karyawan. Fasilitas di tempat kerja yang memadai akan membuat karyawan betah bekerja di perusahaan anda. Pastikan tempat tempat tersebut bersih sehingga karyawan anda nyaman memakainya. Toilet dan kantin yang kotor ataupun ruang kerja yang sumpek akan membuat karyawan merasa jengkel dan mudah depresi. Rasa depresi yang dialami karyawan membuat tidak bisa bekerja di bawah tekanan sehingga dia pun akan mulai bekerja di perusahaan yang bisa membuatnya lebih nyaman.
4. manajemen stress
Pekerjaan yang dihadapi sehari hari membuat karyawan jenuh. Kejenuhan ini jika dibiarkan terus menerus akan membuatnya kurang bersemangat sehingga kinerjanya pun menurun. Untuk itu sesekali anda perlu memberikan kesempatan untuk berlibur. Tentu saja hal ini di luar jatah cuti yang diberikan. Agendakan setiap setahun sekali untuk pergi bertamasya dengan seluruh karyawan. Karyawan mana yang tak suka pergi berlibur dengan akomodasi gratis ? selain membuat mereka senang wisata gratis juga akan membuat pikiran mereka menjadi segar
Semoga artikel di atas bermanfaat. Apabila bapak/ibu membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai artikel di atas serta membutuhkan mapping talent karyawan dalam assessment excecutif, SOP untuk HRD dan training-training pemasaran, excel, perpajakan, training HRD non HRD, silahkan hubungi kami di 081-252982900, kami siap membantu.