CARA MENGATASI KEBOSANAN KARYAWAN DI PERUSAHAAN

74152067 - sad young woman with glasses sitting on the couch at home, she is depressed and lonely

 

Kali ini konsultan manajemen autopilot dengan nama Groedu International consultant untuk Makasar, Samarinda, Balik papan dan Banjarmasin,  dan lainnya di kota di Indonesia sedang membahas artikel terkait dengan mengatasi kebosanan karyawan di perusahaan. Kebosanan karyawan di perusahaan sangat penting diatasi jika perusahaan tidak ingin mengalami penurunan produktifitasnya karyawan. Silahkan simak artikel sebagai berikut dan semoga bermanfaat.

Beban pekerjaan yang berat mungkin dapat dengan mudah diatasi oleh karyawan anda. Namun, bila pekerjaan yang datang justru membawa karyawan anda bosan sedikit demi sedikit, itu yang akan jadi masalah bagi anda. Tentu anda tidak ingin karyawan terbaik anda tiba tiba pergi begitu saja karena bosan dengan pekerjaan yang dilakukannya. Lalu bagaimana cara anda mengatasi kebosanan karyawan pada saat bekerja ? bagi anda yang belum punya jawaban atas permasalahan tersebut berikut adalah tips yang bisa anda lakukan untuk mengatasi kebosanan karyawan saat bekerja.

  1. Tawarkan tantangan baru

Karyawan yang paling sering merasa bosan biasanya merupakan karyawan tercerdas yang anda miliki. Maka dari itu, pastikan anda memberikan otak mereka “makanan” dengan menyediakan kesempatan serta proyek baru untuk mereka. Anda dapat memberikan karyawan anda tugas untuk melakukan hal yang lebih menantang, misal dengan memintanya untuk melakukan hal baru yang menurut anda sesuai dengan keahliannya dan berguna untuk perusahaan. Selain itu, tawarkan juga insentif ketika anda memintanya untuk melakukan sesuatu yang baru.

  1. Perbolehkan untuk melakukan aktivitas lain pada jam kerja

Salah satu penyebab yang mungkin menjadi biang keladi masalah kebosanan pada karyawan anda adalah ketika mereka harus bekerja delapan jam sehari di depan komputer dari senin hingga jumat. Hal ini tentu akan membuatnya bosan. Bila memang anda tidak memiliki pekerjaan lain untuk membuatnya tetap sibuk namun masih ingin mempertahankannya, pertimbangkan untuk memperbolehkannya libur sehari dari lima hari kerja atau setidaknya membebaskan mereka melakukan aktivitas lain. Yang jelas wajib untuk anda membuat komitmen pada mereka untuk tetap menyelesaikan tugas mereka tepat waktu sehingga antara pekerjaan dan kesenangan karyawan tidak berat sebelah

  1. berpikirlah di luar kotak

Apakah karyawan anda memiliki keahlian yang belum anda manfaatkan secara efektif ? bila iya, bagaimana bila anda mempergunakan keahlian tersebut? Misal karyawan anda memilliki keahlian yang mumpuni di bidang media sosial. Bagaimana jika anda menempatkannya untuk mengatur strategi marketing online perusahaan anda? Tentu ini akan sangat membuatnya merasa tertantang. Anda bisa juga memanfaatkan hobi atau kesukaan karyawan anda untuk mengembangkan perusahaan selama masih berkaitan satu sama lain.

  1. Buatlah pelatihan

Mungkin karyawan anda bosan karena telah menguasai pekerjaannya. Cari tahu apa yang sedang menjadi ketertarikannya saat ini, lalu hubungkan dengan on the job training. Bila perusahaan tidak memberikan pelatihan, pertimbangkan untuk mengirimnya ke kelas atau seminar tertentu di hari libur. Intinya untuk mengembangkan skill nya lebih jauh lagi.

Semoga artikel di atas membantu, apabila pembaca membutuhkan informasi lebih lanjut, serta membutuhkan pelatihan-pelatihan terkait tenaga pemasaran, pembuatan SOP marketing dan lainnya, silahkan hubungi kami di groedu@gmail.com atau hubungi kami di 081-252982900. Kami siap membantu anda. Terima kasih.