TIPS UNTUK MEMINIMALKAN BIAYA REKRUTMEN

01515540320Peran Strategis Pendidikan, Dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia

Kali ini konsultan bisnis untuk Denpasar, Jakarta, Bandung, Jogjakarta, semarang, Balik Papan, Samarinda, Banjarmasin, Makasar sedang mengulas mengenai biaya rekrutmen. Semoga artikel ini akan menambah wawasan baru.
Secara umum rekrutmen merupakan serangkaian kegiatan mencari pelamar kerja dengan kemampuan dan keahlian yang dibutuhkan oleh perusahaan. Banyak perusahaan mengalami permasalahan dalam melakukan rekrutmen. Tingginya tingkat turnover karyawan menyebabkan perusahaan mau tidak mau harus sering melakukan kegiatan rekrutmen, padahal biaya untuk sekali melakukan rekrutmen pun tidak terbilang murah. Sebagai HRD tentuna ini adalah tantangan yang menarik bagaimana membuat rekrutmen dengan biaya yang tidak besar namun mendapat kandidat karyawan terbaik. Karena rekrutmen karyawan adalah kegiatan krusial bagi kelangsungan hidup sebuah perusahaan. Apabila karyawan karyawan dalam perusahaan memiliki kredibilitas yang baik maka perusahaan juga akan mudah untuk berkembang. Berikut adalah tips untuk meminimalkan biaya rekrutmen

1. Membangun komunitas
Membangun komunitas dapat dilakukan dengan cara, mengumpulkan calon karyawan yang telah melamar pada rekrutmen terdahulu atau calon karyawan yang memiliki minat pada perusahaan. Dengan begitu kita akan dapat menghemat biaya iklan karena kita hanya melakukan sharing saja terhadap komunitas maka mereka akan menghampiri kita. Selain dapat menghemat biaya iklan komunitas juga dapat menghemat waktu dalam proses rekrutmen. Tidak perlu mencari kandidat karena komunitas akan menyediakan kebutuhan anda terhadap sumber daya manusia.

2. Libatkan karyawan
Keterlibatan karyawan dalam proses rekrutmen adalah karyawan dapat menjadi media persebaran informasi rekrutmen. Kemungkinan perusahaan akan dengan cepat menjaring calon karyawan baru tanpa mengeluarkan biaya iklan rekrutmen. Calon karyawan juga akan mendapat informasi yang cukup mengenai perusahaan dan segera mendaftarkan diri.

3. Iklan rekrutmen yg baik dan maksimalkan Medsos
Buatlah iklan rekrutmen yang baik dan mengiklanlah dengan efisien. Iklan yang menarik akan mampu menjaring calon karyawan lebih banyaj daripada iklan yang biasa biasa saja, berikanlah suatu unsur yang berbeda dari iklan lainnya. Gunakan kalimat yang persuasive dan maksimalkan visual yang memikat mata. Perlu diingat beberapa calon karyawan usia muda menggunakan media social untuk mendapatkan informasi tentang pekerjaan yang dia inginkan.Gunakan medsos untuk media persebaran informasi rekrutmen dengan mengunggah konten rekrutmen yang menarik.

4. Gunakan situs karir perusahaan
Situs karir perusahaan dapat memberikan informasi lengkap mengenai lowongan di perusahaan kita. Selalu lakukan update secara berkala mengenai kebutuhan rekrutmen perusahaan. Kita akan terhindar biaya mengikuti job fair dan tentunya ini sangat menghemat biaya rekrutmen.

5. Ketepatan dalam proses seleksi
Ketepatan dalam proses seleksi sangat menentukan hasil karyawan yang akan didapat. Evaluasi alur seleksi dengan alur yang sangat sederhana dan tepat. Lakukan screening CV dengan cepat, lakukan wawancara yang baik, tanyakan pengalaman, pendidikan, prestasi, riwayat pekerja, fisrt impression juga tidak kalah penting untuk dipertimbangkan. Setiap perusahaan memiliki budaya yang berbeda-beda, maka dalam proses seleksi karyawan setiap perusahaan harus menyesuaikan cara mana yang paling tepat dan efektif bagi kebutuhan perusahaannya

Perusahaan yang baik adalah perusahaan yang memiliki tingkat turnover yang rendah turnover karyawan tidak dapat dihindari oleh perusahaan manapun, maka dari itu perusahaan harus memiliki system perekrutan yang baik. Proses rekrutmen bisa dirancang dengan budged yang rendah tapi memiliki output yang tepat. Demikian adalah beberapa tips untuk menghemat biaya rekrutmen karyawan baru dan tentunya akan mendapatkan karyawan yang sesuai dengan harapan perusahaan.
Semoga artikel di atas memberikan pencerahan baru, apabila pembaca membutuhkan ionfromasi lebih lanjut mengenai hal terkait Human Capital, SOP HRD, Training terkait HRD, merancang KPI (balance score card) atau training-training untuk pemasaran perusahaan, silahkan hubungi 081-252982900, kami siap membantu. Terima kasih.