TUGAS POKOK HUMAN RESOURCE DEVELOPMENT (HRD) DALAM PERUSAHAAN

post-image_file-HRM_company

Bertemu kembali dengan kami tim GroEdu (Lembaga Konsultan bisnis yang sudah dipercaya oleh berbagai kota besar diantaranya Surabaya, Jakarta, Bandung, Semarang, Yogjakarta, Denpasar, Palembang, Banjarmasin, Palangkaraya, Balikpapan, Makassar dan kota besar lainnya). Pada kesempatan kali ini, kami akan menulis artikel tentang “Tugas Pokok Human Resource Development (HRD) dalam Perusahaan”.
HRD merupakan singkatan dari (Human Resources Development), yang diartikan sebagai manajemen sumber daya manusia, sumber daya manusia (karyawan) adalah salah satu aset yang sangat penting dalam sebuah perusahaan, sehingga dibutuhkan seseorang atau devisi yang bertugas untuk mengatur karyawan tersebut, dan yang mengaturnya adalah HRD. Manajemen sumber daya manusia berfokus pada peningkatan kinerja karyawan hingga maksimum sesuai dengan posisi dan tugas mereka dalam perusahaan. Karena sebuah organisasi terdiri dari banyak orang, HRD berfungsi untuk mengelola keahlian, meningkatkan, dan memotivasi mereka untuk mencapai kinerja terbaik dan memastikan mereka tetap berkomitmen pada perusahaan. Secara singkat, HRD berhubungan dengan manajemen karyawan dari rekrutmen hingga pensiun. Walaupun ada banyak fungsi HRD, berikut ini beberapa tugas pokok seorang HRD.

Rekrutmen dan Pemilihan Karyawan
Rekrutmen adalah proses mencari, mensortir, dan menetapkan sejumlah orang yang paling potensial dari dalam maupun dari luar perusahaan sebagai calon tenaga kerja dengan karakteristik tertentu dan akan disiapkan untuk menempati posisi tertentu. Sebelum memulai proses rekrutmen, perusahaan harus memiliki perencanaan karyawan yang baik dan mengkategorikan karyawan yang dibutuhkan. Sehingga proses rekrutmen dan seleksi akan berjalan sesuai dengan kebutuhan. Proses ini sangat penting karena dari proses ini perusahaan akan mendapatkan sdm yang berkualitas, loyal, dan siap bertanggung jawab penuh atas posisi yang ditempati. Selain itu juga mencegah perekrutan sdm yang tidak sesuai kualifikasi.

Orientasi
Banyak perusahaan tidak memberikan orientasi lengkap bagi karyawan baru mereka. Dan mengakibatkan karyawan baru akan sudah dalam menyesuaikan diri dengan lingkungan kerja mereka misal rekan kerja, manajer, perusahaan, bahkan pekerjaannya sendiri. Masa orientasi ini akan sangat penting bagi perusahaan, karena dengan adanya masa orientasi karyawan baru akan mengetahui tujuan perusahaan dan bagaimana sikap karyawan agar bisa mencapai gol jangka pendek maupun jangka panjang perusahaan. Memberikan pengenalan yang intensif kepada karyawan merupakan salah satu tugas pokok HRD. Program ini harus membantu karyawan baru untuk mengenal tugas dan deskripsi pekerjaannya, fungsi departemen, dan hubungan antara posisinya dengan posisi lain dalam perusahaan.

Memelihara Kondisi Kerja Yang Kondusif
Merupakan tugas HRD untuk menciptakan dan memelihara kondisi dan atmosfir kerja yang kondusif sehingga karyawan menyukai lingkungan tempat kerja mereka. Motivasi dari HRD akan sangat diperlukan bagi karyawan baru agar mereka benar-benar berkontribusi dalam pencapaian tujuan perusahaan. HRD seharusnya mempunyai sebuah sistem yang menyediakan manfaat finansial maupun non-finansial bagi karyawan setiap departemen. Hal ini akan mendorong kesejahteraan dan menciptakan rasa kepuasan kerja karyawan.

Mengelola Hubungan Antar Karyawan
Karyawan merupakan faktor penting bagi perusahaan. Tentu perusahaan akan kewalahan dalam pengelolaan bisnis yang dijalankan tanpa adanya karyawan. Terutama pada perusahaan yang sudah berkembang dan maju. Hubungan antar karyawan adalah suatu konsep yang luas dan tugas dari HRD. Hubungan-hubungan yang baik mempengaruhi sikap, kebiasaan, dan hasil kerja secara positif. Pihak HRD harus menciptakan kegiatan-kegiatan yang membantu untuk mengenal karyawan lebih baik, secara pribadi maupun profesional. Hubungan yang baik antar karyawan akan dapat menciptakan siklus kerja yang nyaman bagi karyawan.

Pengembangan dan Training
Pengembangan dan Training merupakan tugas pokok dan paling utama yang harus dijalankan oleh HRD. Untuk mencapai tujuan perusahaan, tentu dibutuhkan sdm yang baik. Inilah yang menjadi salah satu tugas HRD untuk mengelola perusahaan dengan cara meningkatkan kualitas sdm atau karyawan. Hal ini akan berdampak pada kinerja perusahaan melalui edukasi dan training yang direncanakan dan diaplikasikan pada karyawan.

Mengetahui begitu pentingnya tugas dari seorang HRD, sudah selayaknya jika departemen ini mendapatkan akses dan alokasi sumber daya yang memadai. Selain HRD yang berkualitas, sistem yang digunakan juga penting sebagai penunjang kesuksesan. Misalnya dengan menggunakan software HR untuk membantu aktivitas HR perusahaan anda dan juga membantu anda untuk mendokumentasikan setiap Job desc perangkat organisasi atau perusahaan.

Demikian artikel dari kami, semoga bermanfaat. Dan jika anda membutuhkan software HR guna memperlancar aktivitas HR di perusahaan anda, silahkan menghubungi groedu@gmail.com atau kontak 081-252-982900 / 081-8521172. Kami siap membantu anda.