TANTANGAN YANG SERING DIHADAPI OLEH SEORANG HRD

sapamahrm_banner

Bertemu kembali dengan kami tim GroEdu (Lembaga Konsultan bisnis yang sudah dipercaya oleh berbagai kota besar diantaranya Surabaya, Jakarta, Bandung, Semarang, Yogjakarta, Denpasar, Palembang, Banjarmasin, Palangkaraya, Balikpapan, Makassar dan kota besar lainnya). Pada kesempatan kali ini, kami akan menulis artikel tentang “Tantangan Yang Sering Dihadapi Oleh Seorang HRD”.
Seperti yang sudah pernah kami tuliskan di artikel sebelumnya tentang tugas pokok seorang Human Resource Development (HRD). Seorang HRD memiliki peran yang sangat penting dalam sebuah perusahaan. Karena seorang HRD akan sangat mempengaruhi kinerja karyawan perusahaan. Mengelola dan meningkatkan keahlian mereka, memotivasi mereka untuk mencapai kinerja terbaik, serta memastikan mereka tetap berkomitmen pada perusahaan. HRD bukanlah pekerjaan yang mudah. Sehingga posisi seorang HRD harus benar-benar diisi oleh orang yang sangat potensial. Namun meski sudah diisi oleh orang yang potensial, bukan berarti tidak akan ada permasalan yang dihadapi. Berikut ini beberapa tantangan yang sering dihadapi oleh seorang HRD.

Perekrutan Karyawan Yang Potensial
Menarik dan mempertahankan karyawan potensial membutuhkan usaha yang ekstra. Untuk menarik orang yang tepat, anda perlu mengetahui persyaratan pekerjaan dan perusahaan. Tetapi karena budaya perusahaan perlu beradaptasi dengan kondisi pasar yang kian berubah, menjadikan tugas perekrutan ini semakin sulit.
Oleh karena itu solusi yang dapat dilakukan adalah dengan memulai memasarkan lowongan pada platform yang menjadi target para pekerja yang profesional. Menarik kandidat yang tepat berarti anda meminimalisir pekerjaan yang harus dilakukan dalam fase penyaringan. Kemudian, ketika Anda mulai memeriksa kandidat anda, lebih fokus pada kecocokan mereka dengan organisasi, daripada dengan pekerjaan. Cari bukti bahwa mereka senang belajar, bahwa mereka siap menghadapi tantangan, dan bahwa mereka nyaman dengan perubahan. Cari tahu seberapa cerdas teknologi mereka, dan bagaimana mereka menangani umpan balik. Dengan mencari kualitas-kualitas ini, anda akan menciptakan tim karyawan yang cenderung mencapai tujuan pelatihan dan pengembangan bisnis.

Mengembangkan Pemimpin Masa Depan
Tidak semua tim tampil di level yang sama, dan ini biasanya dipengaruhi oleh pemimpin tim. Banyak karyawan mempertimbangkan meninggalkan pekerjaan mereka karena hubungan yang buruk dengan pimpinan mereka. Itulah mengapa sangat penting untuk mencari dan mengembangkan pemimpin yang berbakat serta menginspirasi. Namun, tentu saja hal ini tidak akan mudah untuk dilakukan.
Karena merawat karyawan untuk ditempatkan pada posisi kepemimpinan di masa depan tidak akan bisa dilakukan tanpa adanya pendampingan yang maksimal. Itulah sebabnya tantangan ini merupakan salah satu seorang HRD yang paling umum saat ini. Dimana dia harus mendampingi namun tidak Nampak seolah sedang mendeskriminasi seorang karyawan.
Solusi yang dapat diterapkan adalah dengan memberikan pelatihan reguler yang sejalan dengan jalur perkembangan karier yang jelas. Ini menunjukkan kepada karyawan berbakat bahwa anda menghargai mereka, melihat potensi mereka untuk berkembang menjadi pimpinan masa depan, dan secara aktif berinvestasi dalam pertumbuhan itu.

Menjaga Kesehatan Dan Keselamatan
Standar kesehatan dan keselamatan mungkin merupakan tantangan seorang HRD yang terlihat lebih nyata. Saat ini, kesejahteraan psikologis karyawan dapat memburuk karena tuntutan tinggi, waktu terbatas, dan kelelahan karyawan secara umum. Karyawan yang dituntut selalu bekerja dibawah tuntutan, seringkali menguntungkan karena akan membuat mereka bekerja lebih keras, mengingatkan mereka untuk berkonsentrasi terhadap apa yang tengah penting, dan secara tidak langsung akan membangun kepribadian mereka. Tetapi hal itu memungkinkan timbulnya kondisi stress tinggi yang tidak dapat dipertahankan.
Ini berarti bahwa para profesional SDM perlu terus mengawasi peningkatan beban kerja dan tingkat stres. Kebijakan pintu terbuka untuk membahas kecemasan, jam kerja, dan harapan yang tidak adil sangat penting. Contoh solusi yang pas adalah dengan melaksanakan pelatihan Kecerdasan Emosional (EQ) yang dapat membantu mereka mengenali manfaat dari kondisi mental yang sehat. Pelatihan lain, dalam kewaspadaan dan teknik mengatasi stres secara umum, dapat membantu membangun tenaga kerja yang tangguh.

Menciptakan Pengalaman Karyawan Yang Berkualitas
Tidak jarang menemukan pergantian staf potensial di sebuah perusahaan dapat dilakukan dengan cepat. Karena meskipun mereka mungkin berhasil merekrut karyawan terbaik, menjaga mereka tetap ada menjadi hambatan berikutnya dan menjadi salah satu tantangan terbesar seorang HRD.
Tetapi jika karyawan anda puas dengan pekerjaan mereka, tempat kerja mereka, orang-orang yang bekerja dengan mereka, maka akan memperkecil kemungkinan mereka untuk berpindah ke majikan lain.
Fokuslah untuk menciptakan pengalaman karyawan yang setingkat di atas persaingan. Anda dapat melakukan ini dengan menawarkan pelatihan online yang menarik, fasilitas gym, pengaturan waktu fleksibel, kerja dari rumah atau insentif lainnya. Bangun budaya yang menginspirasi. Dorong pemimpin dan manajer anda untuk berada pada posisi terdepan dalam memberi contoh.

Sitem Penggajian Yang Efisien
Salah satu tugas krusial yang dilakukan oleh HR adalah menghitung besaran gaji yang berhak didapatkan oleh karyawan. Termasuk di dalamnya bonus, insentif, pajak, tunjangan dan sebagainya. Proses ini cenderung memakan waktu lama, apalagi jika jumlah karyawan yang anda pimpin sekarang cukup banyak. Solusi tepat yang dapat anda terapkan adalah dengan menggunakan software penghitung payroll yang terintegrasi, sehingga dapat mempersingkat waktu dalam pengerjaan tugas ini.

Cuti Karyawan
Cuti memang menjadi salah satu hak karyawan. Oleh karena itu, perusahaan biasanya harus mengatur waktu cuti dengan cermat, sehingga tidak akan berpengaruh pada tingkat produktivitas perusahaan. Produktivitas adalah salah satu faktor terpenting dalam perusahaan. HR harus mampu menentukan level produktivitas karyawannya guna menentukan strategi serta alasan apabila produktivitasnya menurun. Permasalahan ini bisa diatasi dengan menggunakan software HR yang terintegrasi, HR yang mendukung fungsi cuti dan kehadiran dan mampu mencatat penilaian kerja karyawan. Tentu dengan ini akan lebih mempermudah kerja anda sebagai seoarang HRD.

Demikian artikel dari kami, dan semoga bermanfaat. Jika anda membutuhkan software HR guna memperlancar aktivitas HR di perusahaan anda, atau terkait SOP HRD, dan training KPI silahkan menghubungi groedu@gmail.com atau kontak 081-252-982900 / 081-8521172. Kami siap membantu anda.