TIPS MEMASTIKAN KESEHATAN MENTAL KARYAWAN

Shot of a young businessman looking stressed out while working on a laptop in an office

Bertemu kembali dengan kami tim GroEdu Lembaga Konsultan Bisnis Jakarta. Pada kesempatan kali ini, kami akan menulis artikel tentang “Tips Memastikan Kesehatan Mental Karyawan”.

Seberapa jauh Anda tahu tentang deskripsi pekerjaan SDM? Mengelola penggajian dan kehadiran, membuat bagan organisasi, menangani setiap langkah perekrutan, dan apa lagi?

Setiap perusahaan membutuhkan karyawan yang terampil yang dapat memberikan kontribusi yang lebih baik untuk bisnis. Karyawan dilatih, diajarkan, dibantu, sehingga mereka dapat mencapai tujuan perusahaan. Sebagian besar perusahaan menuliskan “dapat bekerja di bawah tekanan” sebagai salah satu persyaratan pada lowongan kerja. Namun, berapa banyak perusahaan yang peduli dengan kesehatan mental karyawan? Atau mungkin salah satu dari mereka bahkan tidak tahu apa itu. Apakah Anda tahu apa itu kesehatan mental karyawan? Kesehatan mental mencerminkan bagaimana orang bertindak, merasakan, dan berpikir. Ini adalah harga diri pada setiap individu, yang tidak mudah diukur. Menurut WHO, kesehatan mental berarti kondisi kesejahteraan. Setiap individu secara sadar menyadari potensinya, dapat mengatasi tekanan normal kehidupan, dapat bekerja secara produktif dan berbuah, dan dapat memberikan kontribusi kepada perusahaannya. Banyak orang mungkin mengalami pikiran untuk bunuh diri ketika mereka sedang mengalami stres atau mengalami depresi. Perhatikan mereka melalui tingkat kinerja kerja dan keinginan untuk bersosialisasi mereka. Menciptakan tempat kerja yang sehat merupakan salah satu tugas HR. HR harus menjaga lingkungan kerja dan memastikan kesehatan mental setiap karyawan. Berikut adalah 5 cara untuk menciptakan tempat kerja yang sehat.

Tingkatkan Komunikasi
Sebagai pemimpin bisnis, anda perlu memastikan ada keharmonisan antara manajemen dan tenaga kerja umum, dan juga karyawan individu dalam tim. Jika perlu, luangkan waktu untuk duduk bersama tim anda untuk membahas kepuasan dan tujuan pekerjaan mereka. Hal ini akan membantu anda untuk menciptakan tempat kerja yang lebih terintegrasi dan sehat di mana semua orang berkomitmen untuk tujuan dan nilai yang sama.

Ambil Langkah Umpan Balik Melalui Survei
Salah satu cara penting untuk membuat tempat kerja lebih sehat adalah dengan menyadari kekurangan tentang tempat kerja dan apa yang ingin dilakukan karyawan untuk fokus pada kesejahteraan. Ada peluang bagus karyawan ingin terlihat dan merasa lebih baik, tetapi mungkin tidak tahu harus mulai dari mana. Survei yang didistribusikan ke seluruh tempat kerja adalah titik awal yang bermanfaat. Jika itu mencakup berbagai format pertanyaan, seperti skala penilaian, pilihan ganda dan peluang bagi peserta untuk memberikan klarifikasi lebih lanjut tentang jawaban mereka, jajak pendapat harus cukup informatif. Akan lebih bagus jika anda melakukan survey secara anonim. Hal ini akan mendorong karyawan untuk meluapkan segala sesuatunya dengan jujur.

Baca juga : Manfaat Penerapan Aplikasi Perangkat Lunak HR Untuk Perusahaan.

Tawarkan Sumber Dukungan
Karyawan mungkin merasa terbebani dengan kekhawatiran tentang literasi keuangan, perencanaan pensiun atau cara mendapatkan skor tinggi pada ulasan tahunan mendatang. Semua hal itu dapat menciptakan kekacauan mental, termasuk depresi dan perasaan tidak nyaman, yang akhirnya memengaruhi semangat kerja dan hasil kerja. Ketika mereka tahu bahwa mereka dapat berbicara secara terbuka ataupun tertutup tentang apa yang ada dalam pikiran mereka, para pekerja tidak akan merasa begitu terbebani oleh tantangan hidup.

Ajarkan Teknik Manajemen Stres
Stres membahayakan sistem kekebalan tubuh, sehingga orang yang stres sepanjang waktu mungkin lebih sering sakit. Pemilik bisnis yang ingin mempertahankan tempat kerja yang sehat dapat memberi pekerja banyak alat untuk mengubah respons mereka terhadap stres dan sebagai hasilnya merasa lebih baik. Mengenali dan mengurangi pemicu stres adalah dua strategi yang bermanfaat. Yoga dan strategi meditasi yang terjadi di tempat kerja tetapi di luar jam kerja juga dapat mengajarkan aktivitas spesifik pekerja untuk meningkatkan relaksasi.

Tampilkan Dekorasi Yang Menenangkan
Kesehatan di tempat kerja lebih dari sekadar diet bergizi dan olahraga teratur. Ini juga berarti meningkatkan lingkungan dengan meningkatkan cahaya alami, membeli peralatan kerja yang ergonomis, dan memberi orang cukup ruang untuk bekerja tanpa merasa sempit oleh rekan kerja. Tempat kerja yang menarik juga merupakan tempat di mana orang merasa dihargai. Sangat penting bagi anggota manajemen tingkat atas untuk mencari tanda-tanda keresahan di antara karyawan dan mengatasi mereka saat mereka muncul. Selain itu, mempertahankan budaya tempat kerja yang menjunjung tinggi rasa hormat melibatkan perlakuan yang sama terhadap karyawan, terlepas dari senioritas, dan pengakuan berkelanjutan atas kontribusi karyawan.

Demikian artikel dari kami dan semoga bermanfaat. Jika menginginkan info artikel diatas yang lebih detil, bantuan untuk pencarian & seleksi karyawan, penyusunan job analisis SDM, Re-desain Struktur Organisasi, Penyusunan SOP/ Struktur kinerja HR, Penyusunan system/ Struktur Remunerasi/ penggajian karyawan, Perencanaan kebutuhan karyawan, Pembuatan Peraturan Perusahaan bisa langsung hubungi kami melalui email groedu@gmail.com atau langsung hubungi Nomor Whatsapp kami 081-8521172 & 081-252-982900. Kami siap membantu Anda.