PROBLEM SOLVING SKILL YANG PERLU ANDA KEMBANGKAN SEBAGAI PIMPINAN

Group of people working out business plan in an office

Bertemu kembali dengan kami tim GroEdu (Lembaga Konsultan Bisnis yang sudah dipercaya diberbagai kota besar diantaranya Surabaya, Jakarta, Bandung, Semarang, Yogjakarta, Denpasar, Palembang, Banjarmasin, Palangkaraya, Balikpapan, Makassar, dan kota besar lainnya). Pada kesempatan kali ini, kami akan menulis artikel tentang kemampuan pemecahan masalah yang perlu dikembangkan oleh seorang pimpinan perusahaan.

Ketika dihadapkan dengan masalah, banyak dari kita suka menunda-nunda atau bahkan berusaha menghindari masalah tersebut. Menghindari masalah bukanlah solusi yang tepat. Pemecahan masalah lah yang akan membuat anda terus maju. Sangat penting untuk menyelesaikan pekerjaan. Karenanya, semakin cepat anda menyelesaikan masalah, semakin cepat anda menyelesaikan pekerjaan atau meninjau solusi untuk memastikan itu benar. Memiliki keterampilan dan alat untuk menyelesaikan masalah secara efektif dan cepat tidak hanya membantu pekerjaan anda saat ini, tetapi juga pekerjaan yang akan datang, karena ini merupakan kemampuan yang akan mengesankan karyawan ketika mereka melihatnya di resume anda dan menindaklanjuti dengan pertanyaan wawancara. Berikut kemampuan yang perlu terus anda kembangkan sebagai pimpinan agar mendapat nilai lebih.

Penelitian
Penelitian berarti melakukan uji tuntas sebelum memulai melaksanakan proyek anda, dan bagi beberapa orang hal itu adalah batu di mana sangat diperlukannya pernyelesaian. Masalah biasanya tidak muncul tanpa riwayat, dan di mana ada riwayat, ada juga contoh untuk menanggapi masalah. Untuk memahami cara orang lain mengatasi masalah adalah menemukan jalan keluar dari yang anda hadapi sekarang. Tetapi masih ada lagi. Semakin dalam penelitian anda, semakin kecil kemungkinan anda akan memiliki masalah untuk memulai. Itu dan fakta bahwa keakraban anda dengan suatu proses akan membuat anda lebih mampu mengidentifikasi masalah sebelum menjadi masalah yang sangat besar.

Analisis
Tentu saja, penelitian saja tidak cukup. Pikirkan penelitian sebagai bidang di mana anda menanam benih pengetahuan, tetapi anda perlu bekerja keras di kebun itu, menyiram dan memelihara yang memetik buah. Kerja keras itu adalah analisis. Ini adalah cara untuk mengambil apa yang anda ketahui dan menggunakannya untuk memahami mengapa sesuatu tidak berjalan sebagaimana mestinya. Analisis datang dalam berbagai bentuk, apakah itu analisis manfaat biaya, analisis kesenjangan, atau bentuk lain apa pun yang membantu anda memahami keadaan anda saat ini. Keterampilan analitis memungkinkan anda untuk melihat situasi dan menarik dari apa yang sering menjadi kekacauan kacau, masalah inti yang menyebabkan masalah. Keterampilan pemecahan masalah ini memberi anda jalan melalui masalah, sehingga Anda dapat mengembangkan solusi yang efektif untuk menyelesaikannya.

Kreativitas
Dengan kreativitas anda akan mampu melihat masalah dari banyak perspektif, bukan hanya masalah yang anda sukai. Anda telah mendengar klise seperti keluar dari zona nyaman dan berpikir di luar kotak. Yah, ada beberapa kebenaran pada pernyataan ini, bahkan jika itu diulangi sampai tidak masuk akal. Hal ini akan membuka diskusi lebih dari sudut pandang anda dan melebarkan lensa untuk membuka pandangan yang lebih luas tentang lanskap yang ada. Latih diri anda dengan membiasakan brainstorming. Brainstorming adalah jenis kolaborasi, yang merupakan cara hebat untuk berpikir kreatif karena menambah lebih banyak suara dalam campuran. Tapi jangan menunggu inspirasi. Ingat, anda harus masuk ke dalam rutinitas, jadi ketika inspirasi datang anda dapat memanfaatkannya.

Baca juga : Pentingnya Total Training Total Talent Management Strategy Bagi SDM Perusahaan

Memutuskan
Kedengarannya konyol, tetapi salah satu kendala untuk memecahkan masalah adalah kemampuan untuk bertindak dan membuat keputusan. Tentu saja, penelitian dan analisis penting, tetapi jika anda menjadi mangsa analisis kelumpuhan, maka masalahnya akan tetap ada. Mengetahui tentang suatu masalah dan mendiskusikan bagaimana meresponsnya adalah impotensi tanpa memutuskan sesuatu. Beberapa orang mungkin mengatakan sesuatu lebih baik daripada tidak melakukan apa-apa, dan ada kebenarannya, tetapi keputusan harus dibuat berdasarkan penelitian dengan potongan analitis untuk mendapatkan efek yang anda inginkan. Anda harus mengevaluasi apa solusi terbaik, dan akan ada lebih dari satu, jadi anda harus memilih mana yang paling cocok dan realistis.

Komunikasi
Mungkin anda sudah menyadari bahwa tidak ada yang dapat dilakukan tanpa keterampilan komunikatif untuk memberikan solusi. Komunikasi tampaknya mudah, sampai anda mencoba berkomunikasi. Komunikasi bukan hanya tentang bagaimana anda melakukannya, tetapi mengetahui saluran yang tepat untuk mengkomunikasikan pesan anda juga hal yang penting. Pesan itu harus pergi ke orang yang tepat dan menghubungi mereka sesegera mungkin. Menemukan solusi untuk masalah hanya satu tautan dalam rantai yang lebih besar. Jika solusi itu tidak dikirimkan ke pihak-pihak yang membutuhkannya untuk memperbaiki masalah agar proyek dapat bergerak maju, maka semuanya sia-sia.

Demikian artikel dari kami. Terimakasih sudah berkunjung ke website kami dan semoga bermanfaat. Jika membutuhkan informasi lebih detil tentang artikel diatas, Talent Recruitment SDM ( Pencarian dan seleksi karyawan), Penyusunan Job Analisis SDM ( Job description – uraian jabatan, Job Spesification – spesifikasi jabatan, job evaluation – Evaluasi jabatan), Re-desain Struktur Organisasi, Pembuatan Performance Appraisal dan Performance Management – Manajemen Kinerja – penilaian kinerja karyawan, Penyusunan SOP/ Struktur kinerja HR, Penyusunan system/ Struktur Remunerasi/ penggajian karyawan, Perencanaan kebutuhan karyawan, silahkan hubungi kami melalui email groedu@gmail.com atau kontak langsung kami 081-8521172 & 081-252-982900. Kami siap membantu.