TIPS LULUS TES PSIKOLOGI SAAT MELAMAR PEKERJAAN

print-16x9-0649-e1518693469181

Bertemu kembali dengan kami tim GroEdu (Lembaga Konsultan Bisnis yang sudah dipercaya diberbagai kota besar diantaranya Surabaya, Jakarta, Bandung, Semarang, Yogjakarta, Denpasar, Palembang, Banjarmasin, Palangkaraya, Balikpapan, Makassar, dan kota besar lainnya). Pada kesempatan kali ini, kami akan menulis artikel tentang kiat-kiat yang dapat anda lakukan sebelum melakukan tes psikotes, agar anda dapat melewatinya dengan baik.

Setelah melakukan wawancara, banyak perusahaan meminta pelamar untuk mengambil satu atau lebih tes. Sering disebut sebagai tes penilaian, evaluasi ini dapat mencakup pengujian kepribadian dan perilaku atau pengujian untuk mengevaluasi serangkaian keterampilan yang diperlukan untuk pekerjaan itu. Dengan pengecualian pengujian keterampilan yang ditargetkan, penilaian biasanya tidak memiliki jawaban benar atau salah. Namun, skor yang mahir sering diminta untuk dipertimbangkan untuk pekerjaan itu. Mempersiapkan tes sebelum mengambilnya dapat mengurangi kegugupan dan memberikan hasil yang sukses.

Belajarlah Berbagai Referensi Tes Psikologi
Gunakan panduan yang dapat ditemukan online atau di perpustakaan setempat anda untuk mengetahui jenis pengujian apa yang mungkin diperlukan dan kemudian pelajari materi yang relevan sebelum mengikuti tes. Jika diperlukan keterampilan berbasis komputer, maka berlatihlah menggunakan program komputer yang ditargetkan hingga anda mahir. Jika tes matematika diperlukan, pelajari aplikasi matematika yang relevan tersebut sampai anda merasa nyaman menyelesaikan persamaan. Evaluasilah jenis-jenis pertanyaan yang biasa ditemukan dalam penilaian kepribadian. Dan jika anda mampu, habiskan waktu anda untuk membaca banyak buku yang membahas tentang kepribadian.

Datang Lebih Awal
Tiba lebih awal di lokasi tes, sehingga anda tidak akan merasa tergesa-gesa. Jika penilaian dilakukan di rumah, cari tempat yang tenang tanpa gangguan untuk mengikuti tes. Santai dan pertahankan sikap positif, ingatkan diri anda bahwa studi sebelumnya telah mempersiapkan diri anda sepenuhnya.

Baca juga : Human Resource Development – Metode Akurat Untuk Penilaian Kerja Karyawan

Ikuti Petunjuk Pelaksanaan
Baca petunjuk tes dengan seksama dan ikuti pedoman yang disertakan, karena kegagalan untuk melakukannya dapat mengakibatkan kegagalan tes. Baca setiap pertanyaan dengan seksama dan pertimbangkan respon anda sebelum memutuskan jawaban anda. Untuk penilaian perilaku atau kepribadian, jawab setiap pertanyaan dengan kemampuan terbaik anda, gunakanlah pengalaman di tempat kerja sebagai dasar anda. Jika anda masih fresh graduate, gunakan kemampuan dan pengalaman studi anda.

Tinjau Ulang Dengan Teliti
Tinjau tanggapan tes sebelum mengirimkan ujian kepada calon pemberi kerja. Periksa kembali perhitungan untuk memastikan mereka benar-benar sudah terisi dan memodifikasi jawaban penilaian kepribadian atau perilaku yang mungkin perlu disempurnakan.

Demikian artikel dari kami dan semoga bermanfaat. Jika membutuhkan informasi lebih detil tentang informasi diatas, konsultasi tentang people management, atau software payroll dan hrd. Silahkan hubungi kami melalui email groedu@gmail.com atau langsung hubungi kami melalui nomor whatsapp 081-8521172 atau 081-252-982900. Kami siap membantu Anda.