ORGANIZATIONAL DEVELOPMENT : PENGERTIAN DAN LANGKAH PENERAPANNYA

Leadership Boss Management Coach Chief Global Concept

Salah satu konsep penting yang selalu menjadi bahasan di ruang pimpinan di setiap perusahaan adalah aktivitas perusahaan dalam pengembangan organisasi. Kebijakan perusahaan, sumber daya, tujuan keuangan dan aspek bisnis lainnya yang dapat mempengaruhi perubahan positif. Pada kesempatan kami ini, tim GroEdu (Lembaga Konsultan Manajemen Autopilot yang sudah dipercaya diberbagai kota besar diantaranya Surabaya, Jakarta, Bandung, Semarang, Yogjakarta, Denpasar, Palembang, Banjarmasin, Palangkaraya, Balikpapan, Makassar, dan kota besar lainnya) akan membahas tentang langkah pengembangan organisasi.

Ada banyak variabel yang dapat mempengaruhi apakah suatu organisasi bisa dianggap sukses. Kepemimpinan organisasi adalah proses menilai variabel mana yang berlaku untuk organisasi dan bagaimana memanipulasi mereka untuk membawa perubahan positif.

Sebagai permulaan, Organizational Development (OD) adalah proses di mana organisasi meningkatkan kapasitas internalnya untuk memenuhi persyaratan saat ini dan kemungkinan di masa depan. OD mencakup berbagai bidang yang berkaitan dengan pertumbuhan dalam hal aset fisik dan manajemen bakat. Perancangan pekerjaan, struktur organisasi / hierarki, analisis kinerja dan produktivitas, serta pengembangan lingkungan belajar kolaboratif berada di bawah pengembangan prganisasi.

Baca juga : SOP HRD Dan Pengembangan Organisasi

Mempertimbangkan faktor-faktor di atas, penting untuk memahami dan menyelaraskan pengembangan organisasi dengan tujuan organisasi dan anda dapat mencapainya dengan memprioritaskan peran SDM. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat anda terapkan.

  1. Mengenali nilai strategis yang dibawa HR ke efektivitas organisasi.
  2. Menjadikan kegiatan SDM sama pentingnya dengan putaran pendanaan dan investasi.
  3. Melibatkan personel SDM dalam perencanaan strategis dan diskusi tujuan di masa depan.
  4. Tetapkan metrik untuk mengevaluasi SDM dan mengaktifkan imbalan setelah berhasil menyelesaikan tugas.
  5. Akuntabilitas atas hasil yang dicapai dan memanfaatkannya untuk membangun tempat di ruang dewan.
  6. Beri mereka wewenang untuk membuat keputusan penting yang memengaruhi perilaku dan pertumbuhan organisasi.
  7. Pekerjakan staf yang memenuhi syarat untuk menangani kegiatan SDM ketika hal di atas diaktifkan dan membatasi penggunaan elemen eksternal untuk menunda atau berdampak pada pertumbuhan / hasil.

Demikian artikel tentang pengembangan organisasi, semoga bermanfaat. Jika anda membutuhkan informasi lebih jelas terkait artikel diatas, informasi software HD & Pay roll, pendampingan pembuatan SOP perusahaan, konsultasi strategi pemasaran. Bisa langsung menghubungi groedu@gmail.com atau kontak 081-8521172 atau 081-252-982900. Kami siap membantu Anda.