BAGAIMANA CARA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI KARYAWAN

greetly-smart-office-apps

Mempertahankan motivasi karyawan dalam lingkungan kantor adalah tugas yang sulit bagi seorang manajer. Namun itu adalah salah satu elemen yang paling penting di tempat kerja karena karyawan yang termotivasi adalah yang paling produktif dan menghasilkan pekerjaan dengan kualitas terbaik. Penelitian telah menunjukkan bahwa karyawan pada akhirnya termotivasi oleh dua hal, yaitu uang dan terpenuhinya keinginan mereka. Dengan menerapkan sistem penghargaan karyawan untuk meningkatkan motivasi, anda harus memastikan bahwa mereka akan anda beri imbalan atas kerja keras yang telah mereka lakukan. Dan sebagai seorang manajer atau pimpinan perusahaan, anda akan dihargai pada gilirannya oleh pekerjaan bintang yang sedang dilakukan oleh mereka. Pada kesempatan kali ini, kami tim GroEdu (Lembaga Konsultan Manajemen Autopilot yang sudah dipercaya diberbagai kota besar diantaranya Surabaya, Jakarta, Bandung, Semarang, Yogjakarta, Denpasar, Makassar, dan kota besar lainnya) akan membahas bagaimana cara atau langkah dalam memotivasi karyawan agar mereka melakukan tugas dengan sangat baik.

Mulai Dari Hal Kecil
Imbalan karyawan tidak harus mahal dan boros. Bahkan, hadiah kecil bisa jauh lebih efektif karena anggaran anda memungkinkan anda untuk membagikan hadiah kecil lebih sering. Frekuensi adalah komponen penting dalam menerapkan sistem penghargaan karyawan yang sukses. Mulailah dengan mengakui dan mengakui karyawan yang bergerak di atas dan di luar dalam peran mereka, lalu beralihlah ke catatan ‘terima kasih’ yang dipersonalisasi yang ditandatangani oleh CEO atau manajemen tingkat atas untuk sentuhan istimewa tersebut.

Jadilah Kreatif
Hadiah tidak perlu biaya uang. Imbalan non-moneter sering kali sama efektifnya dengan imbalan moneter. Anda hanya perlu membiarkan jus kreatif anda mengalir dan menemukan imbalan nonmoneter yang tepat untuk karyawan anda. Satu hari libur ekstra dari pekerjaan atau kemampuan untuk bekerja dari rumah seminggu sekali akan dihargai lebih dari stapler atau cangkir kopi plastik. Hari libur tambahan akan benar-benar membuat anda lebih baik, dengan lebih banyak pekerjaan produktif dilakukan daripada jika anda belum menerapkan sistem penghargaan atau meminta karyawan itu bekerja di hari tambahan itu.

Berikan Apa Yang Mereka Inginkan
Untuk mendapatkan imbalan yang sebenarnya diinginkan oleh karyawan anda, anda harus menempatkan diri pada posisi mereka dan mempertimbangkan apa yang sebenarnya bermakna bagi karyawan anda. Menyingkirkan imbalan yang karyawan anda lihat tidak sepadan dengan usaha tidak akan meningkatkan produktivitas dan hanya akan berakhir menjadi biaya hangus bagi anda. Pikirkan tentang hadiah khusus untuk perusahaan atau bisnis anda, hadiah yang tidak dapat mereka terima di tempat lain. Gear bermerek adalah ide bagus, tetapi harus menarik dan keren. Jauhi pena dan pensil dan cabutlah ke perlengkapan teknologi keren seperti pengisi daya portabel, speaker, jam tangan pintar, dan lainnya. Pengalaman seperti kelas master khusus untuk bisnis dan merek anda, atau makan siang katering yang lezat akan menunjukkan kepada mereka bahwa anda benar-benar peduli, serta memberi mereka produk dan pengalaman yang sangat mereka hargai.

Baca juga : Pentingnya Training Total Talent Management Strategy Bagi SDM Perusahaan

Penghargaan Hadiah
Seperti yang dinyatakan sebelumnya, frekuensi penghargaan sangat penting, termasuk memiliki hadiah kecil hingga menengah sepanjang tahun. Tapi itu juga baik untuk memiliki acara tahunan atau semi-tahunan yang melengkapi “sistem hadiah” dan memberi karyawan sesuatu untuk dinanti-nantikan dan bekerja sepanjang tahun. Bersenang-senang, bahkan pesta, akhir tahun yang mencakup upacara penghargaan, atau memiliki “Hari Penghargaan Karyawan” yang terpisah, mengenali sejumlah karyawan untuk pencapaian yang berbeda dapat menjadi inti dari musim atau tahun yang hebat dan produktif.

Demikian artikel dari kami, terimakasih dan semoga bermanfaat. Apabila membutuhkan informasi lebih lengkap tentang artikel di atas, cara SOP perusahaan, atau software HRD & Pay Roll. Silahkan hubungi kami melalui email groedu@gmail.com, atau langsung hubungi nomor whatsapp kami 0812-5298-2900 dan 0813-3309-9915. Kami siap membantu.