INFORMASI YANG HARUS ADA DALAM ANGGARAN RUMAH TANGGA PERUSAHAAN

Businesswoman giving presentation in conference room.

Anggaran rumah tangga adalah aturan perusahaan, yang ditetapkan oleh dewan direksi selama proses memulai sebuah perusahaan. Ketika sebuah perusahaan, salah satu tugas pertama dari perusahaan baru adalah membuat anggaran rumah tangga, agar memiliki kejelasan sistem yang dapat mengatur berjalannya sebuah perusahaan. Secara khusus, anggaran rumah tangga mengarahkan dewan direksi dalam pekerjaan mereka untuk mengawasi perusahaan. Pada kesempatan kali ini, kami tim GroEdu (Lembaga Konsultan Manajemen Autopilot yang sudah dipercaya diberbagai kota besar diantaranya Surabaya, Jakarta, Bandung, Semarang, Yogjakarta, Denpasar, Palembang, Banjarmasin, Palangkaraya, Balikpapan, Makassar, dan kota besar lainnya) akan membahas berbagai informasi yang perlu dicantumkan dalam anggaran rumah tangga. Adapun berbagai informasi itu adalah sebagai berikut.

  1. Informasi pengenal korporasi. Nama, alamat, dan tempat bisnis utama, penunjukan korporasi sebagai publik atau pribadi (menjual saham kepada publik atau menyimpan saham di antara hanya beberapa orang).
  2. Dewan direksi, termasuk jumlah anggota dewan, kekuatan umum dan tugas dewan, masa jabatan anggota dewan, jumlah direksi apa yang dianggap sebagai kuorum (jumlah yang harus memilih agar suatu resolusi valid).
  3. Jika korporasi adalah perusahaan saham, informasi tentang pemegang saham dan pemungutan suara dari saham, anggaran rumah tangga juga menunjukkan jumlah dan jenis saham serta kelas saham yang diizinkan oleh perusahaan untuk diterbitkan.
  4. Informasi tentang rapat pemegang saham, termasuk pemberitahuan rapat dan pemungutan suara proxy.
  5. Prosedur dan persyaratan pertemuan tahunan untuk memberi tahu anggota. Setiap perusahaan harus memiliki setidaknya pertemuan tahunan, jadi ini adalah bagian penting dari anggaran rumah tangga.
  6. Informasi rapat dewan, termasuk frekuensi, lokasi, dan protocol.
  7. Prosedur untuk penyimpanan catatan perusahaan, termasuk aturan untuk persiapan dan pemeriksaan catatan dan lokasi buku catatan perusahaan.
  8. Prosedur untuk mengubah pasal pendirian dan anggaran rumah tangga.
  9. Pejabat dewan perusahaan, termasuk uraian tugas mereka, bagaimana mereka dipilih, dan masa jabatan mereka.
  10. Informasi tentang cara mengganti anggota dewan atau pejabat perusahaan.
  11. Tahun fiskal (keuangan) korporasi.
  12. Aturan persetujuan kontrak, pinjaman, cek, sertifikat saham, dan jenis resolusi perusahaan lainnya (lihat di bawah).
  13. Audit keuangan dan inspeksi catatan perusahaan, sebagian besar untuk perusahaan publik, tetapi benar-benar untuk semua perusahaan.
  14. Jajaran direktur.

Setelah anda atau direktur perusahaan lain atau komite dewan direksi anda telah menyiapkan peraturan perusahaan, mereka harus disetujui oleh dewan. Anggaran rumah tangga adalah bagian dari catatan perusahaan anda dan harus berada di tempat yang dapat dilihat oleh Internal Revenue Service atau entitas lain yang mungkin ingin mengaudit catatan anda.

Demikian artikel ini, terimakasih dan semoga bermanfaat. Apabila membutuhkan informasi lebih lengkap tentang artikel di atas, software HRD & Payroll, atau Training Manajerial Skill. Silahkan hubungi kami melalui email groedu@gmail.com, atau langsung hubungi whatsapp kami 0812-5298-2900 dan 0813-3309-9915. Kami siap membantu.