5 TIPS MENYIAPKAN KEUANGAN AWAL UNTUK MEMBANGUN USAHA SKALA KECIL

WhatisSmallBusiness_1920x880

Sebelum memulai bisnis kecil, penting agar anda mau mempertimbangkan biaya awal anda. Beberapa bisnis dapat dimulai dengan sangat sedikit. Yang lain membutuhkan lebih banyak dana. Dan juga anda mungkin menghadapi tantangan lebih nyata ketika anda memutuskan untuk mengambil risiko, meninggalkan pekerjaan harian anda, dan menjadi pemilik bisnis. Sehingga sangat penting bagi anda untuk menentukan langkah awal dan mempertimbangkan segala sesuatunya termasuk keuangan awal anda. Pada kesempatan kali ini, kami tim GroEdu (Lembaga Konsultan Manajemen Autopilot yang sudah dipercaya diberbagai kota besar diantaranya Surabaya, Jakarta, Bandung, Semarang, Yogjakarta, Denpasar, Palembang, Banjarmasin, Palangkaraya, Balikpapan, Makassar, dan kota besar lainnya) akan beberapa biaya awal yang harus anda pertimbangkan untuk memulai sebuah usaha kecil.

Sewa Tempat
Beberapa bisnis dapat dimulai dari kantor pusat. Orang lain akan meminta anda menyewa tempat. Jelas, untuk toko ritel atau restoran, anda akan membutuhkan tempat. Beberapa bisnis lain mungkin perlu menyewa tempat segera karena peraturan di lokasi mereka tentang bisnis rumahan atau karena mereka berencana untuk mempekerjakan beberapa karyawan segera. Biaya kantor, ritel, atau restoran tergantung pada banyak faktor, jadi anda harus berbelanja di sekitar area anda untuk mendapatkan gambaran biaya. Juga, jangan lupa untuk menyertakan biaya utilitas seperti listrik, air, pengambilan sampah, dan layanan telepon dalam anggaran anda juga.

Persediaan
Tidak semua bisnis perlu membeli persediaan di muka, tetapi banyak yang akan membeli. Anda harus berkeliling dan membandingkan harga setidaknya 3-4 vendor sebelum berkomitmen untuk satu. Menegosiasikan harga yang bagus untuk persediaan anda adalah langkah penting untuk memastikan bisnis kecil yang sukses.

Izin Usaha
Meskipun biaya izin usaha biasanya tidak signifikan, anda perlu memeriksa dengan pihak berwenang di lokasi anda untuk mengetahui dengan tepat berapa biayanya di daerah anda.

Iklan dan Pemasaran
Ini merupakan pengeluaran yang sering signifikan yang tidak dapat diabaikan. Banyak pemilik usaha kecil membuat kesalahan dengan memangkas biaya dengan menghemat iklan. Ini bukan ide yang baik karena beriklan adalah bagaimana anda memberi tahu pelanggan potensial bahwa Anda ada di luar sana. Bergantung pada bisnis anda, beberapa biaya iklan yang perlu dipertimbangkan adalah iklan televisi, iklan cetak, pemasaran email, dan papan iklan. Selain itu, kecuali jika anda dapat membuat iklan sendiri, anda harus memiliki iklan yang ditulis dan / atau dirancang untuk anda.

Kehadiran Web
Di zaman sekarang ini, setiap bisnis membutuhkan kehadiran web. Banyak pelanggan dan pelanggan potensial memeriksa web terlebih dahulu untuk mengumpulkan lebih banyak informasi tentang bisnis. Bisnis kecil tanpa situs web kehilangan kredibilitas di benak banyak konsumen. Bergantung pada seberapa kompleksnya situs web anda. Pilih nama domain dan kemudian rancang sendiri halaman tersebut, atau bayar seseorang untuk melakukannya untuk anda.

Demikian artikel ini, terimakasih dan semoga bermanfaat. Apabila membutuhkan informasi lebih lengkap tentang artikel di atas, training penjualan, atau training akuntansi. Silahkan hubungi kami melalui email groedu@gmail.com, atau langsung hubungi whatsapp kami 0812-5298-2900 dan 0813-3309-9915. Kami siap membantu.