5 MANFAAT TEKNOLOGI ERP PADA INDUSTRI MANUFAKTUR

An employee checks a bolt component fitting on a H-class turbine on the assembly line of Siemens AG's gas turbine factory, in Berlin, Germany, on Tuesday, Feb. 2, 2016. Siemens, Europe's largest engineering company, criticized the U.K. government for creating uncertainty in the energy industry, saying it hampers investment in gas plants, wind farms and factories. Photographer: Krisztian Bocsi/Bloomberg

Industri manufaktur adalah industri yang sangat dinamis dan kompetitif. Yang mana mengharuskan bisnis ini untuk memiliki solusi terintegrasi yang dapat meningkatkan efisiensi, mengurangi biaya, meningkatkan penjualan dan profitabilitas, tetapi yang paling penting, memungkinkan organisasi untuk membuat keputusan strategis, akurat, dan strategis. Sistem perencanaan sumber daya perusahaan mungkin menjadi jawaban untuk semua persyaratan ini. Teknologi ERP (Enterprise Resource Planning) mengintegrasikan semua aspek bisnis (sumber daya, operasi, pemantauan, pelaporan, penjualan, akuntansi dan keuangan, dll.) Dan memberdayakan bisnis agar berfungsi dengan lancar dengan mempertahankan satu basis data. Pada kesempatan kali ini, kami tim GroEdu (Lembaga Konsultan Manajemen Autopilot Surabaya) akan menuliskan manfaat penggunaan teknologi ERP dalam industri manufaktur.

Mengotomatiskan Proses Bisnis
Solusi ERP akan merampingkan proses bisnis dan mendorong otomatisasi untuk organisasi manufaktur. Dengan merampingkan proses, semua data tersedia di lokasi terpusat dengan visibilitas lengkap di semua fungsi misal pengembangan, perancangan, inventaris, pengadaan, produksi, keuangan, penjualan, pengiriman, dan banyak lagi. Selain itu, setiap personel dapat memantau status produksi secara real time, tanpa ketergantungan pada individu atau tim. Ini membawa efisiensi dalam sistem, meningkatkan produktivitas dan membantu perusahaan mempertahankan komitmen pelanggan mereka. Dengan mengotomatisasi proses, perusahaan juga mengurangi ketergantungannya pada proses manual. Ini tidak hanya mempercepat proses produksi tetapi meminimalkan kesalahan dan meningkatkan keuntungan secara signifikan.

Adaptasi Kondisi Pasar dengan Lebih Cepat
Sistem ERP memberikan analisis data waktu nyata yang membantu bisnis memperkirakan, merencanakan, menyesuaikan, dan merespons perubahan kebutuhan pasar dengan lebih baik. Pembuat keputusan mengacu pada laporan yang dihasilkan sistem pada interval reguler untuk memahami beragam permintaan pasar dan memanfaatkan tren pembelian pelanggan. Wawasan terperinci memberi manajer pandangan yang luas dan membantu mereka mengurangi kesalahan perkiraan serta memanfaatkan berbagai peluang baru yang tersedia.

Pengambilan Keputusan Strategis
Solusi ERP yang komprehensif meningkatkan kemampuan pengambilan keputusan suatu organisasi. Ini memberikan wawasan dan visibilitas menyeluruh ke dalam setiap departemen dan proses bisnis yang membantu perusahaan untuk membuat keputusan bisnis yang tepat, tepat sasaran, dan cepat. Akses ke metrik kinerja utama seperti penjualan keseluruhan, margin penjualan, dll. Membantu perusahaan manufaktur tetap selaras dengan tujuan mereka dan mengambil keputusan internal yang diperlukan jika diperlukan. Visibilitas lengkap dari proses dan departemen internal juga membantu manajemen untuk mengoptimalkan operasi sehari-hari.

Mengurangi Biaya
Perangkat lunak ERP yang tangguh membantu organisasi manufaktur untuk mengurangi biaya operasional secara keseluruhan karena proses manual, yang memakan waktu digantikan oleh proses yang otomatis dan efisien dengan informasi bisnis waktu nyata. Selain itu, dengan meningkatkan produktivitas pekerja, solusi ERP meminimalkan biaya tenaga kerja, dan meningkatkan presisi dan tingkat kesalahan yang lebih rendah mengurangi kerugian. Kemampuan untuk melacak inventaris secara akurat dan mengintegrasikannya secara efisien dengan perencanaan produksi menghilangkan kelebihan persediaan dan biaya pergudangan. Dan terakhir, peningkatan visibilitas organisasi membantu manajemen melakukan penghematan sedapat mungkin.

Meningkatkan Kepuasan Pelanggan
Perencanaan produksi yang akurat, kontrol yang ditingkatkan terhadap inventaris, penjadwalan proses yang efisien, dan koordinasi saluran distribusi memungkinkan produsen untuk meningkatkan pengiriman produk tepat waktu, metrik kinerja yang kritis. Memberikan produk tepat waktu sangat penting untuk menjaga kepuasan pelanggan. Solusi ERP untuk organisasi manufaktur menawarkan data secara real-time sehingga pengambil keputusan bisa mendapatkan pandangan yang realistis tentang tingkat persediaan setiap saat.

Baca juga : Lean Manufacturing Dan Penerapannya

Demikian artikel manfaat teknologi ERP bagi industri manufaktur. Terimakasih, dan semoga bermanfaat. Jika anda membutuhkan informasi lebih lengkap tentang artikel di atas, Distributorship management, software ERP, atau hal lain tentang industri manufaktur anda. Silahkan hubungi kami melalui email groedu@gmail.com, atau langsung hubungi whatsapp kami 0812-5298-2900 dan 0813-3309-9915. Kami siap membantu.