6 KUALITAS YANG DIPERLUKAN SEBAGAI HRD PROFESIONAL

bossinterview_e7sx0l

Ketika anda berpikir tentang siapa Sumber Daya Manusia profesional, anda pasti berpikir tentang kualitas, karakteristik, dan keterampilan yang dia miliki. Pada kesempatan kali ini, kami tim GroEdu (Lembaga Konsultan Manajemen Autopilot yang sudah dipercaya diberbagai kota besar diantaranya Surabaya, Jakarta, Bandung, Semarang, Yogjakarta, Denpasar, Palembang, Banjarmasin, Palangkaraya, Balikpapan, Makassar, dan kota besar lainnya) akan membahas beberapa Kualitas yang diidentifikasi menjadi kekuatan utama profesional Sumber Daya Manusia.

Pengetahuan dan Keahlian dalam Sumber Daya Manusia
Anda harus memiliki landasan inti dalam banyak fungsi Sumber Daya Manusia. Persyaratan yang berkelanjutan adalah bahwa anda harus mampu menghadapi tantangan sehari-hari yang muncul. Anda mungkin harus menyelesaikan sesuatu yang sederhana seperti seorang karyawan dibayar dengan tingkat upah yang salah. Apakah masalah itu sesuatu yang sederhana atau lebih kompleks, profesional Sumber Daya Manusia yang baik harus mampu menyelesaikan semua jenis masalah, dengan tenang dan adil.

Komunikasi
Profesional Sumber Daya Manusia tidak dapat bertahan jika mereka tidak memiliki keterampilan komunikasi yang baik. Keterampilan komunikasi mencakup banyak hal; itu bukan hanya satu hal spesifik, karena ada banyak bentuk komunikasi. Mampu mendengarkan dan mendengar apa yang dikatakan orang lain adalah keterampilan nyata. Banyak orang mendengarkan, tetapi mereka tidak benar-benar mendengar apa yang dikatakan. Apa intinya? Anda harus dapat berurusan dengan orang-orang dengan cara yang ramah dan profesional sehingga orang mudah berhubungan dengan anda. Mayoritas komunikasi anda adalah verbal, tetapi komunikasi tertulis juga sangat penting. Yang terbaik adalah menyusun komunikasi tertulis anda seperti komunikasi verbal anda, dan bersikap ramah namun profesional. Semua orang pergi ke Sumber Daya Manusia untuk mendapatkan bantuan dan saran, sehingga dapat berkomunikasi secara efektif adalah penting.

Manajemen Waktu dan Disiplin Diri
Tidak cukup waktu dalam sehari bagi seorang profesional Sumber Daya Manusia untuk dapat menyelesaikan semua pekerjaannya. Seperti dalam pekerjaan apa pun, anda memiliki tugas harian yang harus diselesaikan, tetapi kita semua tahu bagaimana hasilnya. Saat bekerja di Sumber Daya Manusia, anda senang jika anda bisa menyelesaikan beberapa tugas. Anda akan dihadapkan dengan masalah tiba-tiba yang muncul dan membutuhkan perhatian segera. Sangat penting bagi anda untuk menetapkan waktu penyelesaikan tugas paling penting setiap hari.

Terpercaya
Kualitas ini mungkin yang paling penting yang dibutuhkan oleh setiap profesional Sumber Daya Manusia. Orang hanya akan terbuka pada seseorang yang bisa mereka percayai. Mereka harus percaya bahwa anda akan melakukan hal yang benar dan menaruh minat terbaik pada hati mereka. Seiring dengan kepercayaan, muncul kerahasiaan, karena jika seseorang berbagi informasi pribadi dengan anda, mereka perlu percaya bahwa anda akan merahasiakannya dan tidak membagikannya dengan orang lain. Dikenal sebagai profesional Sumber Daya Manusia yang dapat dipercaya memberi anda kredibilitas yang besar. Jika anda kehilangan kredibilitas anda, anda akan mengalami kesulitan melakukan pekerjaan anda, karena tidak ada yang akan merasa bahwa mereka dapat mempercayai anda. Mencoba mendapatkan kembali kredibilitas akan teras sulit, tetapi bukan tidak mungkin. Pastikan anda melakukan yang terbaik untuk menjaga kredibilitas anda.

Imparsial dan Objektif
Sebagai seorang profesional Sumber Daya Manusia, Anda harus dapat tetap netral. Ketika berurusan dengan insiden kerja atau masalah karyawan, anda harus dapat bersikap objektif dan tidak memihak. Pendapat pribadi anda tidak diperhitungkan, jenis keputusan ini harus didasarkan hanya pada fakta yang disajikan. Memiliki keterampilan memecahkan masalah yang sangat baik adalah suatu keharusan, dan anda harus menerapkannya dalam berbagai situasi. Faktor besar adalah mengetahui kapan anda tidak dapat bersikap objektif atau tidak memihak tentang suatu insiden atau masalah tertentu, sehingga anda dapat melepaskan diri dari situasi dan meminta orang lain menanganinya. Anda harus dapat bekerja dengan baik di bawah tekanan dan mampu membuat keputusan berdasarkan fakta, bukan emosi. Ini sangat penting ketika skenario negatif muncul, dan anda harus membuat resolusi positif. Kabar baiknya adalah bahwa anda akan menjadi lebih baik dalam hal ini dengan waktu dan pengalaman.

Melatih, Mengembangkan, dan Mentor
Salah satu dari banyak pekerjaan profesional Sumber Daya Manusia adalah memberikan pelatihan kepada karyawan dan manajemen. Karyawan harus selalu diperbarui dan dididik tentang keterampilan dan pelatihan yang diperlukan untuk melakukan pekerjaan mereka. Membantu karyawan mengembangkan keterampilan mereka untuk meningkatkan pengetahuan dan kinerja pekerjaan mereka tidak hanya bermanfaat bagi karier karyawan, tetapi juga perusahaan.

Demikian artikel dari kami, terimakasih, dan semoga bermanfaat. Jika anda membutuhkan informasi lebih lengkap tentang artikel di atas, software HRD & Payroll, atau manajerial skill untuk manajer. Silahkan hubungi kami melalui email groedu@gmail.com, atau langsung hubungi whatsapp kami 0812-5298-2900 dan 0813-3309-9915. Kami siap membantu.