4 HAL FUNDAMENTAL DALAM MANAJEMEN KEUANGAN

Close-up of a Calculator and Pen on a Financial Newspaper.  Blue-toned.

Manajemen keuangan dalam bisnis berarti merencanakan dan mengarahkan penggunaan sumber daya keuangan perusahaan. Uang yang dihasilkan melalui banyak operasi, modal dari investor, atau pinjaman. Meskipun perusahaan mungkin memiliki staf akuntansi untuk memberikan panduan keuangan, namun manajemen keuangan adalah salah satu aspek terpenting dari pekerjaan pemilik bisnis. Sehingga, anda sebagai pimpinan perusahaan tetap harus memahami proses keuangan, dan mengelolanya dengan baik. Pada kesempatan kali ini, kami tim GroEdu (Lembaga Konsultan Manajemen Autopilot yang sudah dipercaya diberbagai kota besar diantaranya Surabaya, Jakarta, Bandung, Semarang, Yogjakarta, Denpasar, Palembang, Banjarmasin, Palangkaraya, Balikpapan, Makassar, dan kota besar lainnya) akan membahas hal dasar atau paling fundamental dalam manajemen keuangan.

Mengawasi Keuangan Secara Manual
Tujuan fungsi manajemen kas adalah memastikan perusahaan bisnis selalu memiliki sumber daya yang diperlukan untuk memenuhi kewajiban keuangannya tepat waktu. Defisit uang dibandingkan dengan perkiraan pemilik dapat menyebabkan kerusakan serius pada citra dan operasi perusahaan. Mengelola piutang dan hutang merupakan bagian dari manajemen kas yang efektif. Pemilik bisnis ingin memastikan ia mengumpulkan semua dana yang jatuh tempo pada perusahaan secepat mungkin. Sebaliknya, ia berusaha untuk meluruskan waktu yang diperlukan untuk membayar tagihan dari vendor luar. Dengan melakukan itu, ia tidak ingin perusahaan mendapatkan reputasi untuk membayar begitu lambat sehingga pemasoknya bersikeras pada persyaratan yang ketat seperti pembayaran pada saat pengiriman.

Perencanaan Keuangan
Aspek manajemen keuangan dari perencanaan meliputi peramalan yang akurat atas pendapatan, pengeluaran, dan laba bersih perusahaan. Pemilik bisnis menggunakan prakiraan sebagai alat untuk mengelola perusahaan. Variasi negatif signifikan terhadap perkiraan menunjukkan bahwa lingkungan bisnis dan kinerja perusahaannya di pasar bukan seperti yang dia duga ketika dia membuat rencana tahunannya. Menganalisis variasi-variasi ini memusatkan perhatiannya pada perubahan yang dia perlu lakukan untuk strategi atau operasinya agar perusahaan kembali ke jalurnya untuk mencapai tujuannya.

Pelaporan Keuangan Yang Akurat
Seorang pemilik bisnis dan tim manajemennya memerlukan laporan yang tepat waktu dan akurat untuk membuat keputusan dan menjalankan perusahaan secara efektif. Anggota staf yang bertanggung jawab atas manajemen keuangan harus menentukan informasi kunci yang dibutuhkan oleh pemilik dan timnya untuk pengambilan keputusan. Mereka kemudian merancang laporan untuk memberikan informasi ini dalam format yang paling berguna bagi tim manajemen. Metrik paling signifikan bervariasi berdasarkan jenis perusahaan. Penurunan tingkat hunian dibandingkan dengan bulan yang sama pada tahun sebelumnya akan mendorong penyelidikan oleh staf keuangan apakah ini disebabkan oleh keadaan yang tidak biasa seperti cuaca buruk atau indikasi pesaing yang membawa bisnis jauh dari hotel.

Menganalisis Struktur Modal
Perusahaan pemula seringkali perlu mendapatkan modal luar dari perusahaan lain untuk mendanai perusahaan sampai mencapai titik impas. Seiring pertumbuhan perusahaan, mungkin diperlukan tambahan modal untuk mendanai ekspansi. Fungsi manajemen keuangan menentukan bentuk modal terbaik yang dibutuhkan.

Demikian artikel dari kami, terimakasih, dan semoga bermanfaat. Jika anda membutuhkan informasi lebih lengkap tentang artikel di atas, software HRD & Payroll, atau Training Manajerial Skill. Silahkan hubungi kami melalui email groedu@gmail.com, atau langsung hubungi whatsapp kami 0812-5298-2900 dan 0813-3309-9915. Kami siap membantu.