4 PERAN PENTING HRD DALAM SUKSESI PERUSAHAAN

Training-Integrated-Human-Resource-Employee-Satisfaction-Survey

Setiap bisnis akan mengandalkan departemen sumber daya manusia untuk menangani fungsi-fungsi utama yang terkait dengan perekrutan karyawan, kompensasi, dan hubungan. Untuk menambah nilai dan mendukung keberhasilan perusahaan, profesional SDM harus memahami bisnis, mengembangkan dan melaksanakan kompetensi fungsional, dan berfungsi sebagai konsultan internal untuk manajemen. Bidang-bidang utama yang didukung oleh departemen SDM meliputi perencanaan tenaga kerja dan kepegawaian, mengelola skema kompensasi langsung dan tidak langsung, hubungan karyawan, manajemen kinerja, pelatihan dan kepatuhan hukum. Berikut ini beberapa peran penting HRD dalam suksesi perusahaan.

Sumber Dan Konsultasi
Penempatan kerja yang benar adalah bagian besar dari kesuksesan perusahaan mana pun. Mempekerjakan individu yang berbakat hanyalah bagian dari persamaan. Menempatkan orang yang tepat di posisi yang tepat juga penting. Menyaring dan merekrut karyawan yang berkualitas adalah tanggung jawab utama departemen SDM. Untuk mengidentifikasi calon yang tepat, profesional SDM harus memahami kebutuhan organisasi. Ini berarti bisnis anda harus membuat deskripsi pekerjaan yang akurat dan mengidentifikasi keterampilan, pengetahuan, dan tingkat pengalaman dari personel yang diperlukan. Tugas departemen SDM adalah memaksimalkan dana perusahaan dengan merekrut karyawan baru dan membantu manajer lini dalam evaluasi staf saat ini untuk promosi dan pergerakan lateral.

Kompensasi Yang Kompetitif Dan Adil
Perekrutan, retensi, dan moral keseluruhan karyawan tergantung pada praktik kompensasi yang baik. Departemen SDM harus membuat, memantau, dan mempertahankan skala pembayaran perusahaan yang kompetitif dan adil. Ini dimulai dengan analisis pekerjaan. Staf SDM harus secara tepat mengkategorikan semua posisi menjadi status bebas dan tidak-bebas sesuai dengan Undang-Undang Standar Perburuhan yang Adil. Tugas utama lainnya adalah mengaudit gaji untuk memastikan karyawan diperlakukan dengan adil dan tidak didiskriminasi dengan cara apa pun. Staf SDM juga harus membantu memastikan bahwa manajer dan tenaga penjualan ditawari rencana kompensasi yang kompetitif agar mereka tetap termotivasi. Departemen SDM sering merancang dan memantau administrasi rencana ini.

Evaluasi Dan Pelatihan Kinerja
Peran seorang manajer mencakup memotivasi dan melatih staf, mendefinisikan perilaku yang penting untuk mendukung kesuksesan, dan mengevaluasi kinerja karyawan. Profesional SDM membantu mendukung manajemen lini dengan menciptakan dan menerapkan sistem penilaian kinerja. Sebagai konsultan internal, personel SDM berkolaborasi dengan manajer dengan meninjau masalah kinerja dan membantu manajemen dalam proses peningkatan kinerja. Selain itu, beberapa perusahaan memiliki desain staf SDM dan memberikan program pelatihan yang mempercepat pengembangan karyawan.

Download E-book : Sukses Menjadi Sales Supervisor Hebat

Mengawasi Kepatuhan
Tuntutan hukum, denda, dan penalti mempengaruhi kesehatan keuangan suatu bisnis. Mematuhi undang-undang perburuhan federal dan negara bagian adalah wajib dalam setiap bisnis yang sukses. Tanggung jawab utama sumber daya manusia melibatkan pembuatan manual karyawan yang mengkomunikasikan perilaku yang sesuai di tempat kerja. Mendidik tenaga kerja tentang kebijakan tanpa toleransi tentang diskriminasi dan pelecehan memberlakukan persyaratan perlakuan yang adil dan merata bagi semua karyawan. Staf SDM harus mengikuti hukum ketenagakerjaan dan terus memantau dan mengaudit praktik ketenagakerjaan organisasi.

Baca juga : SOP HRD dan Pengembangan Organisasi

Demikian artikel ini dari kami. Terimakasih dan semoga bermanfaat. Apabila anda membutuhkan informasi lebih detil tentang artikel diatas, software HRD & Payroll, atau training Manjerial Skill. Silahkan hubungi kami melalui email groedu@gmail.com, atau langsung hubungi nomor whatsapp kami 0812-5298-2900 dan 0813-3309-9915. Kami Konsultan Manajemen Autopilot Surabaya siap membantu anda.