TIPS CERDAS MEMINIMALKAN BIAYA OPERASIONAL PERUSAHAAN

meetings-practice

Di dalam sebuah perusahaan, tentu banyak sekali hal-hal yang harus diperhitungkan. Mulai dari perencanaan kegiatan sampai dengan evaluasi harus dipikirkan secara matang. Namun, apakah perusahaan Anda sedang mengalami pembengkakan pengeluaran bahkan sampai kerugian? Coba periksa laporan pengeluaran perusahaan anda secara teliti.
Banyak faktor yang membuat pengeluaran perusahaan membengkak, seperti biaya produksi, operasional, distribusi atau biaya pemasaran. Keuntungan sebesar apapun apabila tidak diimbangi dengan manajemen biaya operasional yang baik, tentunya akan tergerus juga. Seringkali banyak pengusaha yang tidak memperhitungkan hal ini. Namun anda tidak perlu khawatir dulu karena pada kesempatan kali ini, kami tim GroEdu (Lembaga Konsultan Manajemen Autopilot yang sudah dipercaya diberbagai kota besar diantaranya Surabaya, Jakarta, Bandung, Semarang, Yogjakarta, Denpasar, Palembang, Banjarmasin, Palangkaraya, Balikpapan, Makassar, dan kota besar lainnya) akan memberikan tips atau kiat mengenai cara cerdas dalam menurunkan biaya operasional perusahaan anda.

Mengendalikan Biaya Perusahaan
Sebelum kita bahas lebih mendalam mengenai pengendalian biaya operasional, perlu digaris bawahi terlebih dahulu bahwa biaya operasional adalah sesuatu yang tidak bisa dihindarkan. Dalam sebuah perusahaan, biaya operasional tidak bisa serta merta ditekan serendah mungkin. Hal ini akan berdampak pada produktivitas perusahaan itu sendiri. Maka dari itu, anda perlu “mengendalikan”, bukan hanya sekedar “mengurangi” biaya operasional perusahaan tersebut.

Mengurangi Jumlah Rapat Di Hotel Berbintang
Jika anda ingin menurunkan biaya operasional anda harus memperhatikan hal ini. Setiap perusahaan sering kali mengadakan rapat untuk membahas sebuah permasalahan atau isu perusahaan. Memang perlu sebuah tempat yang nyaman agar bisa lebih fokus pada masalah yang dibahas. Untuk itu, banyak perusahaan yang memesan ruangan rapat di hotel-hotel berbintang dengan pertimbangan memberikan kenyamanan bagi anggota rapat. Anda harus mulai memikirkan hal ini, karena malah berdampak pada peningkatan pengeluaran perusahaan yang jauh lebih besar.

Mengatur Waktu Cuti Karyawan
Karyawan yang cuti dan meninggalkan pekerjaan yang seharusnya ia selesaikan dapat berdampak pada peningkatan kerja lembur. Untuk itu, Anda wajib mengatur waktu cuti karyawan dan memastikan ia menyelesaikan pekerjaan sebelum mengambil cuti sehingga tidak ada biaya untuk kerja lembur yang akan dikeluarkan oleh perusahaan.

Memperketat Penggunaan Sumber Daya
Periksa lah biaya listrik dan air yang biasa anda keluarkan dalam beberapa bulan terakhir. Jika Anda peningkatan yang signifikan, Anda perlu terjun langsung melihat penggunaan listrik dan air oleh seluruh karyawan. Kemungkinan ada peralatan yang tidak digunakan namun tetap dalam kondisi on yang akan membuat listrik terus mengalir dan berdampak pada biaya operasional.

Mengendalikan Biaya Sewa Gedung/Ruangan Kantor
Biaya sewa gedung/ruangan merupakan salah satu biaya operasional yang tergolong besar. Belum lagi dapat dipastikan bahwa biaya ini termasuk biaya yang kenaikannya tinggi setiap tahunnya. Apabila perusahaan anda memiliki modal yang cukup, ada baiknya untuk mulai membeli/membangun kantor sendiri.

Mengendalikan Biaya Kendaraan Operasional
Kendaraan operasional juga merupakan salah satu pos biaya operasional yang bisa berdampak signifikan apabila dikendalikan dengan benar. Contohnya, beberapa perusahaan membayar sewa kendaraan pada perusahaan rental untuk dijadikan kendaraan operasionalnya.

Download E-Book : Kiat Sukses Mendirikan Kantor Cabang

Anda harus melakukan pengendalian biaya operasional perusahaan secara tepat sasaran dan efisien. Apabila Anda telah menetapkan kebijakan-kebijakan untuk menurunkan biaya operasional, tugas selanjutnya adalah membuat karyawan menyadari pentingnya melakukan penghematan dan merasakan manfaat dari penurunan biaya operasional. Apabila membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai artikel di atas dan jika anda membutuhkan bimbingan untuk mengurangi biaya operasional perusahaan anda secara baik dan benar. Silahkan hubungi kami melalui email groedu@gmail.com, atau langsung hubungi nomor whatsapp kami 0812-5298-2900 dan 0813-3309-9915. Kami siap membantu. Semoga bermanfaat dan terima kasih.