CARA MEMBUAT STANDARD OPERATIONAL PROCEDURE YANG EFEKTIF PADA PERUSAHAAN

1_8gwhQOEkJFlXsGS8Woye7A

Seperti yang telah diketahui sebelumnya bahwa keberadaan SOP sendiri sangatlah penting dalam suatu industry dan semacamnya. Namun, belum tentu setiap perusahaan memiliki atau mampu membuat SOP yang tepat dan efektif. Sehingga jika anda merupakan salah satu diantara mereka yang merasa belum menerapkan SOP yang baik, maka keputusan yang bijak jika anda membaca artikel ini hingga selesai.

Sebelum bergerak ke topik berikut kami akan sedikit mengaitkan apabila dalam PERMENPAN PER/21/M-PAN/11/2008 disebutkan bahwasannya pembuatan SOP harus memenuhi prinsip-prinsip seperti, kemudahan dan kejelasan, efisiensi dan efektivitas, keterukuran, keselarasan, berorientasi kepada pengguna, dinamis, kepatuhan terhadap hukum, dan kepastian hukum.

Cara pembuatan SOP tanpa keluar dari ketentuan diatas kurang lebih dimulai dari:
1. Membentuk Susunan Kerja
Biasanya dapat anda lakukan dengan mengandalkan bantuan manajer anda atau kepala bagian anda untuk merangkum pendapat dari bawahannya mengenai hal-hal apa saja yang diperlukan dalam SOP beserta susunan seperti apa yang sesuai dengan para pegawai tanpa mengurangi performa pegawai.
2. Mengatur Alur Proses
Dalam mengatur alur proses, anda perlu memperhatikan beberapa hal seperti format seperti apa yang akan anda gunakan, kemudian membuat template atau cetak biru format anda dan jangan lupa untuk menentukan bagaimana anda akan menjalankan SOP yang telah ditentukan.
3. Adakan Wawancara
Wawancar ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui apa saja aktivitas harian pegawai anda dan bagaimana performanya. Hal tersebut akan turut menentukan akankah SOP anda dapat berjalan dengan lancar dan efektif sesuai yang anda harapkan.
4. Buat, Bahas & Sosisalisasikan SOP
Setelah melalui beberapa prosedur diatas, selanjutny yang harus anda lakukan ialah merancang SOP berdasarkan pertimbangan dalam prosedur sebelumnya. Jangan lupa untuk turut membahasnya dengan manajer atau kepala bagian dalam perusahaan anda hingga sepakat. Setelah melewati semua prosedur diatas maka selanjutnya anda hanya perku mensosialisasikan SOP yang telah dibuat pada seluruh pegawai anda.
5. Lakukan Pelatihan
Hal ini sangat diperlukan, mengingat pegawai anda perlu untuk beradaptasi dengan SOP yang telah ditetapkan. Kemudian daripada itu, pelatihan ini juga dilakukan agar SOP berjalan sesuai harapan anda.

Baca juga : CARA EFEKTIF AGAR SOP DIPATUHI OLEH KARYAWAN

Setelah kelima prosedur diatas tuntas, selanjutnya anda hanya perlu memantau perkembangan jalannya SOP saat ini kemudian melakukan evaluasi secara intens dan berkala.

Mungkin cukup sekian pembahasan yang dapat kami berikan melalui artikel kali ini, semoga bermanfaat. Kami Tim GroEdu selaku Lembaga Konsultasi Manajemen Atuopilot sangat terbuka terhadap segala permintaan konsultasi seputar bisnis baik seperti SOP diatas, manajamen usaha hingga bisnis start up. Anda dapat menghubungi kami melalui email groedu@gmail.com atau langsung melalui nomor Whatsapp berikut, 0812-5298-2900 dan 0813-3309-9915. Kami siap membantu anda.