THE INTERNATIONAL ORGANIZATION FOR STANDARDIZATION (ISO)

Manufacturing-on-the-edge_940x443

Mungkin banyak yang kurang familiar dengan istilah ini di beberapa kalangan, dan mungkin ada beberapa orang yang mengartikan bahwa ISO merupakan salah satu bagian dalam kamera, hal tersebut tidak salah. Namun ISO yang kita bahas kali ini bukanlah ISO kamera atau yang lainnya. Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang ISO di dunia bisnis & komersial.

Apa itu ISO?
ISO merupakan singkatan dari The International Organization for Standardization atau Organisasi Standardisasi Internasional. Seperti namanya, ISO bertugas mengatur & menilai standar internasional di bidang industri & komersial.
ISO ditugaskan mengatur standar internasional dengan tujuan mengembangkan serta memajukan beberapa bidang layaknya fasilitas komersial hingga ranah industri dan perdagangan internasional. Jadi pada dasarnya, perusahaan yang ingin bersaing di lingkup global minimal harus dapat memenuhi standar ISO.
ISO sendiri berisi perwakilan dari setiap badan standar nasional yang bertugas menetapkan standar atau mutu suatu organisasi, jadi mutu suatu industri atau organisasi tertentu dapat diukur kredibilitasnya melalui standar ISO.

Apa Manfaat Standar ISO Bagi Perusahaan?
ISO seperti yang telah disebutkan diatas merupakan organisasi yang mengatur standar internasional jadi tentunya perusahaan yang telah memenuhi standar ISO memiliki manajemen, fasilitas dan kredibilitas yang mampu bersaing secara global. Senemaramya manfaat iso dapat dibedakan berdasarkan jenisnya. Karena setiap jenis ISO memiliki peran dan fungsi masing-masing. Namun kali ini akan kami jelaskan manfaat ISO secara umum dan singkat, berikut ini adalah beberapa manfaat ISO dalam perusahaan.
• Perusahaan Memiliki Jaminan Kualitas Internasional
Dengan memenuhi standar ISO tentunya suatu perusahaan akan memiliki image baik serta kualitas terpecaya yang tentu akan mendatangkan konsumen yang akan berdampak positif bagi perusahaan. Dengan memiliki standar ISO saja, suatu perusahaan sudah layaknya melakukan promosi secara tidak langsung dari menampilkan sertifikasi ISO yang dimiliki.
• Meningkatkan Kredibilitas Perusahaan
Dengan memiliki sertifikasi ISO, sama artinya bahwa perusahaan tersebut dinilai telah memiliki mutu manajemen, efisiensi serta fasilitas yang memenuhi standar nasional. Hal ini dapat meningkatkan kredibilitas suatu perusahaan secara konstan di mata konsumen.
• Meningkatkan Kepercayaan Konsumen
Seperti yang telah dibahas pada poin-poin sebelumnya, dengan memiliki sertifikasi ISO, suatu perusahaan dapat memperoleh kepercayaan konsumen dengan lebih mudah.

Baca juga : SEBERAPA PENTING ISO 22000 TERHADAP KEAMANAN PANGAN

Kesimpulan pada artikel kali ini yaitu, dengan memenuhi standar ISO saja, suatu perusahaan dapat memperoleh manfaat yang cukup besar dan memiliki daya saing secara global. Cukup sekian pembahasan pada artikel kali ini, semoga bermanfaat dan menambah wawasan pembaca sekalian.
Apabila anda membutuhkan pendampingan untuk memperoleh sertifikat ISO, silahkan hubungi kami melalui email groedu@gmail.com. Atau langsung hubungi kami melalui nomor whatsapp 0812-5298-2900 dan 0813-3309-9915. Kami konsultan manajemen autopilot Surabaya siap membantu anda.