4 FAKTOR YANG MEMICU PERLUNYA PENGEMBANGAN ORGANISASI (ORGANIZATIONAL DEVELOPMENT)

hdahkc74pe-qbhesgvkh-a

Pengembangan Organisasi (PO) merupakan sebuah kegiatan perubahan dasar disiplin perencanaan yang menerapkan berbagai revolusi dalam prosesnya. Hal ini ditujukan untuk membawa organisasi ke tingkatan yang lebih tinggi atau lebih professional. Kegiatan ini sendiri tak hanya diterapkan pada suatu komunitas, klub atau semacamnya, melainkan juga diterapkan oleh organisasi bisnis. Tahukah anda bahwa mengimplementasikan Pengembangan Organisasi akan membawa pengaruh besar bagi usaha anda. Hal ini dikarenakan dalam kegiatan tersebut akan terjadi perubahan positif dalam peningkatan sistem dasar dalam suatu organisasi yang menyangkut efektivitas dan efisiensi yang terus ditingkatkan. Pada artikel kali ini, kami akan berbagi wawasan seputar faktor pengembangan organisasi.

Produktivitas, dalam kegiatan PO akan berujung pada peningkatan target dan performa. Diawali dengan survey dan riset intensif, kemudian mulai dirancang kembali sistem produktivitas yang tepat dan sesuai. Keputusan akan sistem yang akan diterapkan tentu harus melewati beberapa pertimbangan seperti kualitas SDM, ketersediaan fasilitas, dan kondisi finansial.

Kualitas Siklus Kerja, berkaitan dengan performa SDM yang dimiliki, dan menyangkut kedisiplinan setiap pihak terkait yang sangat menentukan kualitas siklus kerja. Dalam poin ini, aspek seperti SOP (Standard Operational Procedure), performa SDM serta kemampuan finansial organisasi turut dipertimbangkan sebelum keputusan akhir dalam Pengembangan mulai diterapkan. Biasanya perubahan yang diberikan akan mencakup kebijakan dan peraturan tepat sasaran untuk menunjang performa SDM.

Umpan Balik, atau bisa kita sebut saran dari pihak luar juga senantiasa harus dipertimbangkan pula. Karena pendapat serta saran dari pihak eksternal mewakili pendapat pelanggan ataupun hubungan kerja dengan pebisnis lainnya. Melalui umpan balik yang terkumpul, anda harus mempertimbangkan mana yang sesuai dan tidak asal-asalan menerima umpan balik tersebut. Sesuaikanlah dengan faktor internal agar tercipta sistem yang ideal.

Pembaruan Strategi, sudah pasti akan diterapkan segala bentuk organisasi di seluruh dunia demi mencapai tujuannya terutama organisasi bisnis yang senantiasa dipusingkan dengan persaingan pasar. Pembaruan strategi akan sangat diperlukan demi menjaga endurance perusahaan serta meningkatkan kredibilitas di mata pihak eksternal.

Download E-Book : Kiat Sukses Mendirikan Kantor Cabang

Nah, setelah mempertimbangkan beberapa faktor diatas. Maka keputusan akhir dapat segera diterapkan. Tidak lupa, lakukanlah sosialisasi secara menyeluruh demi terlaksananya sistem baru dengan baik. Setelah diterapkan pun anda tidak bisa bersantai-santai. Pantau sistem baru yang diterapkan, lakukan survey dan riset rutin. Kemudian lakukanlah evaluasi agar anda dapat terus memperbarui sistem yang anda dengan lebih baik lagi setiap tahunnya. Berhasil atau tidaknya PO akan ditentukan oleh setiap pihak yang terlibat dan bagaimana cara menyikapinya. Terus mengevaluasi sistem dan rutin melakukan Pengembangan Organisasi lambat laun akan membawa anda pada sistem ideal yang sesuai.

Baca juga : PERLUKAH RESTRUKTURISASI INTERNAL DESAIGN ORGANISASI DI PERUSAHAAN?

Tak jauh dari pengembangan organisasi terutama organisasi bisnis, perlu anda ingat kembali bahwa kami Tim GroEdu senantiasa menyediakan layanan konsultasi & training bisnis terutama bagi anda yang tertarik untuk memulai bisnis atau bagi anda yang ingin berupaya meningkatkan kredibilitas bisnis anda melalui beberapa aspek dalam berbisnis. Layanan kami tidak hanya terpaku pada satu aspek, melainkan aspek lainnya yang menyangkut bisnis seperti manajemen bisnis, operasional bisnis dan masih banyak lagi. Silahkan hubungi kami melalui email groedu@gmail.com atau langsung melalui nomor Whatsapp berikut, 0812-5298-2900 dan 0813-3309-9915. Kami siap membantu anda. Semoga ulasan ini bermanfaat, sekian terima kasih.