TIPS MEMPERSIAPKAN AUDIT ISO

OMB-Image_HM

Sebagai pemilik atau seseorang yang setiap hari bergelut dengan industri manufaktur, pastinya anda sudah tidak lagi dengan Audit ISO. Audit ISO merupakan pemeriksaan yang sistematis dan independen guna menentukan apakah kegiatan berkualitas dan hasil terkait mematuhi pengaturan yang direncanakan dan apakah pengaturan ini diterapkan secara efektif dan cocok untuk mencapai tujuan.

Audit ISO sendiri dibagi menjadi 3 macam. Pertama, Audit Internal. Audit ini biasanya dilakukan secara internal oleh staf anda sendiri yang dilatih untuk melakukan audit internal. Kedua, Audit Pemasok. Audit ini biasanya dilakukan oleh auditor utama dengan perusahaan anda, dan dirancang untuk memastikan bahwa perusahaan yang memasok produk / layanan kepada anda melakukan seperti yang telah anda dan mereka sepakati. Ketiga, Audit Eksternal/Sertifikasi. Audit ini selalu dilakukan oleh auditor Lembaga Sertifikasi. Audit ini bertujuan untuk memperoleh sertifikasi sesuai standar ISO yang relevan oleh badan yang disetujui.

Audit eksternal adalah langkah terakhir sebelum mendapatkan sertifikasi ISO anda. Auditor akan memastikan dokumentasi anda memenuhi semua persyaratan standar. Ia juga akan memastikan bahwa semua prosedur dan proses diikuti dengan benar. Bergantung pada temuannya, auditor akan merekomendasikan anda untuk diberikan sertifikasi atau meminta tindakan korektif sebelum anda dapat diakreditasi. Dalam kesempatan kali ini kami akan berbagai tips yang bisa anda lakukan untuk mempersiapkan Audit ISO.

Baca juga : STRATEGI PALING EFEKTIF DALAM MELAKUKAN PENGAWASAN OPERASIONAL PERUSAHAAN MELALUI INTERNAL AUDIT

Lakukan Audit Internal Dengan Serius
Mengadakan audit internal yang ketat akan memungkinkan anda menangkap masalah ketidaksesuaian serius sebelum audit eksternal. Audit internal juga dapat mempersiapkan staf untuk proses wawancara.

Menerapkan Tindakan Korektif
Anda harus mengambil tindakan korektif untuk membatasi masalah yang berulang setelah diidentifikasi. Kejadian tunggal masalah ketidaksesuaian tidak akan membahayakan sertifikasi ISO anda, tetapi masalah berulang membutuhkan tindakan perbaikan. Masalah utama yang ditemukan oleh auditor dapat menunda sertifikasi anda dan membuat Anda bergegas untuk membuat proses untuk memperbaiki masalah secepat mungkin.

Jangan Lupakan Ulasan Dari Manajemen Anda
Tinjauan manajemen Anda memeriksa keseluruhan sistem manajemen kualitas Anda setidaknya setahun sekali. Manajer puncak Anda harus dilibatkan untuk meninjau kebijakan kualitas Anda, tujuan untuk tahun depan, umpan balik pelanggan, masalah ketidaksesuaian dan tindakan korektif, status audit internal serta setiap perubahan pada proses dan peraturan. Tinjauan manajemen harus merupakan pertemuan menyeluruh dan terdokumentasi dengan baik yang akan menghasilkan pembuatan rencana aksi untuk menyelesaikan masalah yang diidentifikasi selama pertemuan. Tinjauan manajemen Anda harus dilakukan dengan baik sebelum audit sehingga perubahan dapat diimplementasikan.

Perhatikan Tujuan Dengan Benar
Norma ISO baru memiliki persyaratan yang lebih tinggi dalam hal menetapkan, memantau dan menyesuaikan tujuan secara internal. Auditor akan berharap untuk melihat anda telah melacak kemajuan anda dalam memenuhi tujuan dari waktu ke waktu. Jangan ragu untuk menyesuaikan tujuan sesuai dengan tuntutan bisnis. Dalam penurunan, misalnya, sangat normal untuk menurunkan tujuan penjualan untuk mencerminkan lingkungan ekonomi yang berubah.

Demikian artikel Audit ISO kali ini, apabila membutuhkan informasi lebih detil terkait artikel di atas atau membutuhkan pendampingan terkait Audit ISO Internal. Silahkan hubungi kami melalui email groedu@gmail.com, atau hubungi kami langsung menggunakan nomor whatsapp 0812-5298-2900 dan 0813-3309-9915. Kami Konsultan Manajemen Autopilot Surabaya siap membantu anda. Sekian dari kami, semoga bermanfaat dan terimakasih.