PERAN HRD DALAM PENILAIAN KINERJA KARYAWAN

What-Is-Human-Resource-Management-HERO

Di setiap perusahaan pastinya terdapat divisi yang disebut divisi HRD. Divisi ini merupakan bagian penting yang tidak dapat dipisahkan dalam suatu perusahaan, terutama perusahaan dengan industry skala besar. Industri besar pastinya memerlukan tenaga kerja yang berkemampuan besar dalam manajemen. Disinilah HRD berperan menaungi sistem hubungan kerja antara karyawan dan perusahaan. Pada artikel kali ini, kami hendak berbagi wawasan pada anda seputar peran HRD dalam penilaian kinerja. Secara umum anda pasti tahu tugas seorang HRD, seperti perekrutan karyawan, honor karyawan dan kebijakan terkait karyawan. Pada artikel kali ini, pembahasan akan difokuskan pada peran HRD dalam penilaian kinerja.
Penilaian kinerja sendiri merupakan aspek penting yang mempengaruhi performa serta produktivitas perusahaan, apabila kinerja terasa kurang maksimal maka akan dilakukan evaluasi atau bahkan pemberian training intensif pada para pegawai yang bertujuan untuk meningkatkan performa. Dalam hal ini, evaluasi dan keputusan terkait akan performa kinerja sangat bergantung pada penilaian HRD. Berikut beberapa hal yang dilakukan HRD beserta poin-poin penilaiannya ketika melakukan penilaian kinerja terhadap para pegawai.

Survey Intensif Secara Berkala
Dalam melakukan penilaian kinerja pastinya harus melalui survey dan observasi terlebih dahulu terhadap beberapa aspek yang mempengaruhi performa kinerja dan penilaiannya. Aspek-aspek tersebut terkait sikap pegawai, seperti kedisiplinan dan keuletannya dalam bekerja serta tingkat efisiensi, efektivitas hingga produktivitasnya turut dipertimbangkan. Apabila tinggi tentunya tidak akan ada evaluasi ataupun upaya peningkatan performa melalui perubahan kebijakan dan sebagainya.

Tindak Lanjut & Pembuatan Laporan
Setelah melalui survey dan observasi, akan diambil nominal rata-rata dari kinerja yang terlihat dan mulai menyimpulkan tingkat performa. Kemudian hal ini akan ditindaklanjuti melalui laporan HRD kepada pihak manajemen perusahaan yang selanjutnya akan ditindak lanjuti oleh para pemegang wewenang tinggi dalam perusahaan untuk menentukan tindakan selanjutnya.

Penyampaian Program Pasca Evaluasi
Meskipun penilaian tergolong bagus, tapi bukan berarti tidak akan ada evaluasi ataupun perubahan kebijakan. Terdapat perubahan positif untuk memotivasi karyawan layaknya pemberian penghargaan atau peningkatan honor dengan tingkat kinerja sekian. Kemudian perubahan shift, atau beberapa hal lain yang menyangkut pemetaan manajemen SDM. Kamudian disinilah tugas HRD, yaitu menyampaikan evaluasi tersebut pada para pegawai.

Baca juga : HUMAN RESOURCES DEVELOPMENT: METODE-METODE AKURAT UNTUK PENILAIAN KINJERJA KARYAWAN

Itulah langkah singkat yang kami rangkum dalam 3 poin penting, semoga dapat menambah wawasan anda terutama dalam kegiatan HRD dan manajemen SDM menjadi lebih baik lagi.
Berkaitan dengan aktivitas HRD, tahukah anda bahwa kami, Tim GroEdu menyediakan layanan training dan konsultasi di bidang tersebut. Selain itu kami Tim GroEdu senantiasa menyediakan layanan konsultasi & training bisnis terutama bagi anda yang tertarik untuk memulai bisnis atau bagi anda yang ingin berupaya meningkatkan kredibilitas bisnis anda melalui beberapa aspek dalam berbisnis. Layanan kami tidak hanya terpaku pada satu aspek, melainkan aspek lainnya yang menyangkut bisnis seperti manajemen bisnis, operasional bisnis dan masih banyak lagi. Silahkan hubungi kami melalui email groedu@gmail.com atau langsung melalui nomor Whatsapp berikut, 0812-5298-2900 dan 0813-3309-9915. Kami Konsultan Manajemen Autopilot Surabaya siap membantu anda.