PERAN ERP DALAM PENGEMBANGAN SUATU BISNIS

erp-software-1280x720

Enterprise Resource Planning (ERP) bukan hanya berkaitan dengan planning atau resource. Namun, inti dari adanya ERP yaitu untuk menyatukan seluruh bagian/departemen dan fungsi yang ada pada sebuah perusahaan ke satu sistem komputer yang dapat mengakomodasi seluruh kebutuhan spesifik dari departemen yang berbeda. Pengertian ERP sendiri adalah sebuah software yang memiliki fungsi untuk mengelola dan mengintegrasikan berbagai aktivitas operasional dalam bisnis.
Pada umumnya, para pemilik bisnis dan tim manajemen seringkali harus membuat beberapa keputusan sulit tentang bagaimana mengelola operasi di perusahaannya, dan salah satu keputusan yang mungkin Anda hadapi saat ini adalah apakah perusahaan Anda akan melakukan implementasi ERP. Perencanaan sumber daya perusahaan (ERP) adalah sebuah sistem yang dapat digunakan dann sangat bermanfaat bagi bisnis atau perusahaan Anda. Untuk itu, pada kesempatan kali ini, kami tim GroEdu akan memberikan pengetahuan mengenai mengoptimalkan bisnis perusahaan anda dengan menggunakan ERP.
Pada awalnya Sistem ERP berfokus pada fungsi back-office misalnya seperti akuntasi dan keuangan, pembelian dan gudang dan penggajian. Baru kemudian mulai berkembang dan fungsi front-office juga dimasukan ke dalam ERP seperti Sales, CRM dan SRM. Perkembangan internet dan cloud turut mempunyai andil dalam perkembangan Sistem ERP dan dengan menggunakan Sistem ERP berbasis cloud memungkinkan perusahaan melakukan berbagai ragam integrasi dengan pihak ketiga untuk lebih memaksimalkan proses bisnis.

FUNGSI ERP
Tujuan utama sistem ERP adalah mengintegrasikan informasi dan proses dari semua divisi dalam suatu perusahaan, sehingga mendapatkan kemudahan akses dan alur kerja yang terstruktur. Berikut ini adalah beberapa fungsi ERP dalam pengembangan bisnis.

Proses Otomatisasi
ERP memiliki banyak pilihan guna merampingkan prosedur departemen dan mengurangi ketergantungan pada proses manual, menghemat waktu dan uang. Akuntansi, penagihan, dan rekonsiliasi yang lebih baik dari sistem ERP sering berkontribusi pada pengurangan jumlah hari untuk piutang dagang, sementara manajemen inventori yang lebih baik mengarah pada pergantian dan pengembalian aset yang lebih tinggi.

CRM Terintegrasi
CRM tradisional yang masih beroperasi secara manual akan memungkinkan banyaknya peluang yang disediakan oleh solusi terintegrasi akan hilang. Sekarang dengan CRM yang terintegrasi secara penuh, lebih dinamis, dan real-time telah menjadi solusi terbaik anda. Hal ini akan mempertahankan dan melayani pelanggan secara lebih efektif, pada saat yang sama anda dapat berfokus pada pertumbuhan dan akuisisi pelanggan baru.

Mobilitas Yang Ditingkatkan
Mobilitas bergerak ke arus utama. Popularitasnya yang semakin meningkat datang dari kemampuan pekerja dalam menggunakan aplikasi ERP di perangkat seluler mereka. Staf pergudangan tidak lagi harus berjalan ke stasiun kerja untuk memasukkan data, dan pengemudi di jalan dapat dengan mudah menyimpan catatan dan memeriksa jadwal. Kemampuan bagi pengguna untuk mengakses persediaan, informasi pelanggan, dan proses pesanan penjualan tanpa memerlukan akses ke sistem jaringan perusahaan tentu memberikan peningkatan signifikan terhadap kualitas layanan, produktivitas, pengambilan data, dan peningkatan keunggulan kompetitif.

Web Terintegrasi
Bisnis dapat mengurangi biaya dengan menyediakan opsi layanan mandiri yang dapat membantu pelanggan memperoleh informasi dengan mudah. Dengan portal layanan mandiri berbasis web yang dikirimkan melalui ERP, bisnis sekarang dapat menawarkan pelanggan akses ke faktur, pernyataan dan promosi penjualan, tanpa staf harus selalu siap sedia sepanjang waktu. Sistem perangkat lunak ERP canggih juga memungkinkan penerapan strategi multi-saluran yang dirancang untuk kenyamanan dan fleksibilitas dalam cara pelanggan melakukan pembelian. Pelanggan dapat memesan secara online dan mengambil dari cabang atau toko, dan sebaliknya seorang tenaga penjualan dapat membuat pesanan di lapangan, dengan barang-barang kemudian dikirim ke pelanggan dari gudang.

Dengan manfaat dan fungsi seperti itu maka Sistem ERP dapat menjadi satu solusi lengkap untuk menjawab kebutuhan sistem informasi yang terintegrasi bagi perusahaan. Pada intinya Sistem ERP menolong perusahaan untuk bekerja lebih efisien dengan meminimumkan (atau bahkan menghilangkan) rintangan arus informasi antar unit kerja.
Apabila anda membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai artikel di atas dan jika anda membutuhkan bimbingan untuk menerapkan sistem ERP pada perusahaan anda. Jangan ragu-ragu silahkan hubungi kami melalui email groedu@gmail.com, atau langsung hubungi nomor whatsapp kami 0812-5298-2900 dan 0813-3309-9915. Kami siap membantu. Semoga artikel ini bermanfaat dan memberikan informasi berharga untuk Anda. Terima kasih dan Selamat Mencoba.