TIPS SEBELUM MELAKUKAN RE-DESAIN STRUKTUR ORGANISASI

organizational-culture-consulting

Anda sebagi pemilik dan pemimpin bisnis, tentu sangat memerlukan sebuah tanggapan terhadap kondisi pasar yang berubah atau tenaga kerja yang berkembang, anda perlu memeriksa dan menguji kembali struktur organisasi anda secara teratur. Desain struktur organisasi adalah metodologi penataan peran dan proses untuk mencapai tujuan organisasi. Ini bukan upaya satu kali tetapi proses yang berkelanjutan yang harus ditinjau kembali sepanjang kehidupan bisnis apa pun. Faktanya, hampir setengah dari semua CEO meluncurkan reorganisasi perusahaan selama dua tahun pertama mereka di tempat kerja. Berikut ini akan kami sampaikan beberapa tips apa saja yeng perlu anda perhitungkan sebelum melakukan re-desain struktur organisasi.

Buat Daftar Tugas
Kecenderungan alami Anda mungkin untuk pertama-tama memikirkan orang, tetapi kebenarannya adalah, orang-orang ada di sekitar untuk melakukan pekerjaan tertentu. Inilah sebabnya mengapa penting untuk terlebih dahulu mempertimbangkan pekerjaan aktual yang perlu dilakukan di organisasi Anda. Profesor Sekolah Bisnis Harvard Clayton Christensen mengembangkan teori yang disebut “Jobs to Be Done,” sebuah metode untuk menentukan kebutuhan pelanggan dengan menganalisis dan mengidentifikasi “pekerjaan” yang memerlukan solusi sewaan. Mengadopsi metodologi jenis ini dapat membantu Anda menentukan kebutuhan perusahaan Anda di samping kebutuhan pelanggan Anda.

Ketahui Kemampuan Karyawan
Sebelum melangkah lebih jauh, anda harus bersikap keras dalam menyusun bakat. Lihatlah individu yang saat ini anda miliki di organisasi anda. Lihat melalui jabatan pekerjaan mereka dan fokuslah pada berbagai peran dan kemampuan mereka. Dan dari tugas-tugas yang anda identifikasi pada langkah pertama, berapa banyak yang dapat dipenuhi dengan bakat yang sudah anda miliki? Dengan menggunakan pola pikir lintas fungsional, pertimbangkan peran apa yang bisa dijalankan oleh karyawan dengan memindahkan karyawan atau membagi tanggung jawab di antara proyek. Kemudian lihat berapa banyak yang memerlukan tambahan orang.

Identifikasi Berbagai Jenis Manajer Perusahaan
Perlu anda ketahui bahwa salah satu keputusan paling signifikan yang diambil perusahaan adalah siapa yang ditunjuknya sebagai manajer. Saat Anda memikirkan pemimpin organisasi Anda, identifikasi dan bedakan mereka menjadi manajer sdm dan manajer kerja. Manajer sdm sangat baik dalam memimpin tim, sementara manajer kerja adalah orang yang lebih terampil dalam mengawasi tugas. Selama proses evaluasi ini, Anda mungkin menemukan bahwa Anda memiliki manajer yang belum begitu intens, maka perusahaan perlu melatih mereka tentang bagaimana memotivasi budaya kolaborasi dan berkomunikasi dengan transparansi.

Baca juga : PERLUKAH PERUSAHAAN MEMILIKI STRUKTUR ORGANISASI?

Struktur dan teknologi organisasi baru memungkinkan manajer untuk secara efektif memimpin lebih banyak orang daripada di masa lalu, tetapi perusahaan harus berhati-hati untuk tidak membebani manajer dengan jumlah laporan langsung yang tidak praktis. Ketika anda menyusun organisasi anda sendiri, evaluasi pekerjaan dan karyawan anda dengan hati-hati dan tidak terburu-buru mulai dari gaya manajemen dan jabatan pekerjaan khusus mereka hingga rentang kendali masing-masing. Salah satu alat yang paling berguna di seluruh proses adalah penggambaran visual perusahaan anda dalam bagan organisasi yang dinamis, yang memungkinkan anda untuk memperhatikan baik tugas kerja maupun faktor manusia. Pemilik bisnis menyusun organisasi mereka dengan berbagai cara untuk banyak alasan, tetapi tujuan akhirnya harus selalu menjalankan proses seefektif mungkin, dengan cara yang mendukung bisnis anda dan memberi energi karyawan anda. Apabila sampai sini anda masih memiliki kebingunan dan memiliki banyak pertanyaan, atau menginginkan konsultasi terkait bagaimana melakukan redesain struktur organisasi yang efektif dan efisien, silahkan hubungi kami melalui email groedu@gmail.com, atau langsung hubungi kami melalui nomor whatsapp 0812-5298-2900 atau 0813-3309-9915. Kami siap membantu anda.