BAGAIMANA STRATEGI PEMASARAN PRODUK KESEHATAN

surgeon-wearing-mask-protective-eyewear-hair-net-gown-and-helping-other-surgeon-with-sterile-gloves-before-operation

Kesehatan adalah hal yang sangat penting dalam kehidupan setiap manusia. Bahkan kita seperti yang telah kita ketahui semuanya bahwa harga kesehatan sangatlah mahal, terbukti dengan mengetahui biaya rumah sakit. Oleh karena itu setiap orang akan selalu melakukan berbagai aktivitas untuk menjaga kesehatan mereka. Dari mulai pola makan, menjaga lingkungan, olahraga, dan lain-lain. Tidak bisa dipungkiri lagi jika begitu pentingnya nilai kesehatan bagi masyarakat.
Karena begitu penting dan perlunya kesehatan, maka keputusan tepat jika anda memulai bisnis di niche ini. Namun setiap bisnis memiliki keunikan dan tantangan masing-masing, tidak terkecuali bisnis di wilayah kesehatan ini. Tantangan yang biasa kita jumpai adalah harga dari produk-produk kesehatan yang lebih mahal dibanding produk lain. Sehingga jika anda memutuskan untuk bergelut dibisnis ini, anda perlu menguasai berbagai teknik untuk menemukan target pasar dan cara pemasaran yang tepat. Dan salah satu teknik yang tepat untuk pemasaran produk kesehatan adalah inbound marketing.
Inbound marketing difokuskan untuk menarik orang ke tempat yang anda inginkan, metodologinya berfokus pada pembuatan konten yang selaras dengan minat pelanggan anda. Seringkali, konten ini berbentuk hal-hal seperti blog, ebook, podcast, dan pemasaran media sosial. Jenis konten yang berpusat pada pelanggan ini menarik pihak-pihak yang tertarik ke perusahaan anda, menghasilkan lalu lintas masuk yang dapat dikonversi, ditutup, dan dinikmati seiring waktu. Berikut ini akan kami sampaikan beberapa teknik inbound marketing untuk meningkatkan penjualan produk kesehatan anda.

Tampil Dengan Edukasi Yang Tepat
Apa yang bisa anda bagikan sehingga bisa mengedukasi audiens anda? Apa yang anda miliki yang belum mereka ketahui? Jika anda dapat menjadikan perusahaan anda menonjol di tengah persaingan sebagai sumber informasi yang berharga, maka pelanggan cenderung membagikan informasi anda. Seringkali hal inilah yang menyebabkan perusahaan akan memiliki lompatan terbesar dalam lalu lintas situs mereka. Dari mulut ke mulut selalu menjadi alat pemasaran yang kuat. Teknik pemasaran masuk membantu anda menyebarkan berita itu secara organik tentang perusahaan anda di media sosial dan internet. Selama anda terlihat menonjol dan menarik, pelanggan akan dengan cepat menyebarkan berita untuk anda.

Membangun Konten Berkualitas
Mulai menghasilkan konten. Tulis beberapa blog tentang topik yang relevan, dan rekam wawancara dengan para ahli di bidangnya. Buat backlog konten yang dapat diluncurkan seiring waktu. Pelanggan akan menghargai aliran informasi yang stabil. Jika anda menawarkan sesuatu yang baru setiap hari, mereka akan memiliki lebih banyak alasan untuk kembali. Bagi seorang pelanggan, jenis konten pemasaran yang anda hasilkan akan menjadi indikasi produk yang anda jual. Jika blog anda ditulis dan diedit dengan buruk, atau jika podcast anda memiliki nilai produksi yang rendah, anda akan telihat seperti menjalankan operasi yang bobrok. Tentu hal ini sangat merugikan bagi anda.

Fokuslah Pada Optimasi
Menggunakan tajuk singkat yang menyertakan kata kunci strategis, dan menyusun konten anda ke dalam format yang mudah dicerna akan lebih meningkatkan kehadiran perusahaan anda di mesin pencari. Pelanggan jauh lebih mungkin mengklik sebuah artikel berjudul, “5 Alasan Perangkat Perusahaan X Akan Menyelamatkan Hidup Anda,” daripada, “Tes Analitik Jangka Panjang Menunjukkan Bahwa Perangkat Perusahaan X Akan Meningkatkan Kemungkinan Kelangsungan Hidup Yang Berkelanjutan Pada Manusia.” pastikan bahwa judul dan kata kunci anda mencerminkan kualitas konten anda. Temukan sesuatu yang berhasil, dan kemudian ulangi. Pelanggan lebih suka melihat keandalan dalam konten. Jika anda menemukan bahwa artikel berbasis daftar menerima tampilan terbanyak, patuhi itu. Jika sepertinya podcast atau seri ebook anda benar-benar lepas landas, maka gandakan gaya pemasarannya. Ini akan membantu anda lebih fokus pada konten yang berkualitas.

Berikan Hadiah Pada Pelanggan Anda
Terlepas dari informasi berkualitas yang Anda berikan kepada pelanggan anda, anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk menawarkan sesuatu secara “gratis” di situs web Anda. Ini bisa apa saja – mungkin undangan untuk presentasi perangkat medis terbaru anda, atau mungkin “keanggotaan” ke buletin untuk “basis pelanggan elit Anda.” Tujuannya adalah untuk membuat pelanggan anda merasa bahwa hubungan Anda dengan mereka bermanfaat. Setiap kali mereka berinteraksi dengan anda, mereka harus mengambil lebih banyak pengetahuan, atau bahkan mungkin kesempatan untuk mengambil keuntungan dari salah satu “penawaran khusus” anda. Pelanggan anda adalah alasan anda berbisnis, mereka pantas mendapatkan hadiah untuk itu.

Seperti yang anda lihat, inbound marketing menjabarkan jalur yang jelas bagi anda untuk meningkatkan bisnis anda. Ingat, anda berada dalam bisnis perangkat medis, bidang orang berpendidikan tinggi yang mencari konten yang berpendidikan tinggi dan menarik. Berikan orang-orang apa yang mereka inginkan.
Jika sampai sini anda masih memiliki kebingunan, memiliki berbagai pertanyaan tentang pemasaran produk kesehatan anda. Silahkan anda bisa menghubungi kami melalui email groedu@gmail.com, atau bisa langsung menghubungi kami melalui nomor whatsapp 0812-5298-2900 atau 0813-3309-9915. Kami siap membantu anda.