HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN DALAM MEREKRUT HRD

wsi-imageoptim-VAF-Wilkommen-1080x675

Ada beberapa kriteria dan syarat yang harus dipenuhi untuk menjadi HRD yang profesional. Membaca karakter seseorang bukanlah satu-satunya kualifikasi yang harus dimiliki para HRD (human resource development). Akan ada banyak kepentingan perusahaan yang berhubungan dengan tugas HRD. Misalnya, memastikan perusahaan memiliki semua SDM (sumber daya manusia) yang dibutuhkan, mengurusi keperluan perusahaan dengan peraturan pemerintah, hingga menjaga hubungan antar karyawan.
Sudah menjadi rahasia umum bahwa dalam dunia HRD (Human Resource Department) para manajer HRD tak selalu benar-benar bekerja secara profesional dalam lingkup manajemen sumber daya manusia/SDM untuk mencapai tujuan perusahaan. Seorang manajer HRD yang baik harus terus menemukan cara untuk mengerjakan tugasnya, sekaligus menjadi pemimpin yang bijaksana. Mulai dari proses perekrutan, menyusun peraturan perusahaan, hingga memenuhi hak-hak setiap karyawan.
Perekrutan seorang HRD tidak boleh asal-asalan, karena menyangkut keberlangsungan hidup sebuah perusahaan. Oleh karena itu dalam perektutan HRD anda perlu memerlukan beberapa hal berikut ini.

Kemampuan Organisasi
HRD adalah sebuah posisi dalam perusahaan yang memiliki banyak fungsi dan tanggung jawab termasuk dalam rekrutmen, pelatihan, penilaian kinerja, rencana pengembangan individu, dan hubungan karyawan. HRD akan mengawasi semua fungsi ini dan harus memiliki cara sistemik untuk menjalani semua prosesnya. Di sisi lain, HRD melibatkan banyak dokumen yang harus diajukan secara sistemik seperti profil karyawan dan dokumen hukum. Sehingga hal yang perlu anda ketahui sebelum merekrutnya adalah pengalaman dan kemampuan calon kandidat dalam berorganisasi. Semakin matang kemampuan beroganisasi mereka, maka semakin handal dalam menyelesaikan berbagai tugas bahkan jika itu secara bersamaan.

Mampu Memahami Beragam Karakter Manusia
Karyawan dalam sebuah perusahaan tentu memiliki latar belakang yang beragam. Baik dari segi latar belakang pendidikan, pergaulan, serta cara mereka untuk menghadapi persoalan dalam perusahaan itu sendiri. Singkatnya, tiap-tiap orang yang bekerja di sebuah perusahaan tentu memiliki beragam karakter pula. Seorang HRD yang baik tentu wajib memiliki kemampuan untuk mengenali karakter masing-masing karyawan. Kemampuan ini akan sangat berguna dalam upaya untuk menjembatani karyawan dengan perusahaan tempat mereka bekerja. Segala macam informasi pun dapat ditangkap sebagaimana mestinya sehingga mendapatkan respons yang sesuai dengan harapan kedua belah pihak.

Keterampilan Membuat Keputusan
Akan ada banyak pengambilan keputusan yang terlibat dengan HRD. Salah satu contoh yang baik adalah selama proses rekrutmen di mana mereka harus memutuskan apakah seorang pelamar cocok untuk peran yang dibutuhkan atau tidak. Mengenali bakat yang baik bukanlah sesuatu yang bisa dipelajari dengan mudah. Itu membutuhkan strategi, pengalaman, dan intuisi. Sehingga ini adalah sesuatu yang harus dimiliki HRD.

Keterampilan Penganggaran
Upah dan segala intensif karyawan akan diatur oleh HRD. Hal yang sama berlaku dengan pelatihan dan pengembangan, kegiatan sosial, penilaian kinerja, dll. Kegiatan ini harus dimasukkan ke dalam perencanaan dan penganggaran strategis organisasi mereka, dengan mempertimbangkan proyek masing-masing departemen dan fungsi masing-masing. Peran utama HRD adalah membatasi pengeluaran dan tidak membelanjakan uang pada kegiatan yang tidak perlu.

Baca juga :┬áHUMAN RESOURCES DEVELOPMENT – METODE AKURAT UNTUK PENILAIAN KINJERJA KARYAWAN

Untuk pengembangan Sumber Daya Manusia di perusahaan, HRD akan fokus untuk melakukan pelatihan, pendidikan atau jenis pengembangan lainnya untuk karyawan setelah mereka dipekerjakan dalam perusahaan. Semua kegiatan yang terkait dengan HRD adalah bertujuan untuk memudahkan proses orientasi karyawan dan untuk meningkatkan kesuksesan karir karyawan. Jadi, anda tidak boleh asal-asalan dalam memilih HRD bagi perusahaan anda. Anda harus melihat dan mempertimbangkan mana yang menurut anda baik bagi perusahaan anda.
Apabila anda membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai artikel di atas dan jika anda membutuhkan bimbingan untuk memilih seorang HRD yang cocok bagi perusahaan anda. Jangan ragu-ragu silahkan hubungi kami melalui email groedu@gmail.com, atau langsung hubungi nomor whatsapp kami 0812-5298-2900 dan 0813-3309-9915. Kami siap membantu. Semoga artikel ini bermanfaat dan memberikan informasi berharga untuk Anda. Terima kasih dan Selamat Mencoba.