7 MANFAAT MANAJEMEN LOGISTIK

CAFWorldwide_Blog_WhatAreFreightManagementLogistics

Dalam e-commerce, aspek penting adalah pengiriman produk yang tepat waktu, teratur, dan sesuai dengan spesifikasi yang diinginkan pelanggan. Jika saat ini anda terpikir logistik, ya, saat ini kami sedang membucarakan logistik. Logistik dapat didefinisikan sebagai “bagian dari proses rantai pasokan yang merencanakan, mengimplementasikan, dan mengendalikan aliran, dan penyimpanan barang, jasa, dan informasi terkait yang efisien, efektif dari titik asal ke titik konsumsi ” Manajemen Logistik adalah istilah yang mencakup semua tentang perencanaan dan pelaksanaan empat aspek utama logistik, yaitu transportasi, distribusi, pergudangan, dan pembelian. Faktor terkait lainnya yang dipertimbangkan manajemen logistik adalah aliran barang dalam urutan maju dan mundur.Manajemen logistik adalah komponen kunci dari proses rantai pasokan yang memfasilitasi tripod strategi, perencanaan dan implementasi sehingga mengurangi biaya secara signifikan dan meningkatkan kepuasan pelanggan. Menerapkan kegiatan manajemen logistik yang baik secara terus-menerus akan memberikan manfaat besar untuk suatu organisasi. Sebuah perusahaan harus mempunyai manajemen logistik yang baik. Berikut adalah 7 manfaat penting dari manajemen logistik.

 

  1. Persediaan. Dengan adanya logistics managament yang baik maka ketersediaan barang akan dapat dijamin sehingga kegiatan operasional perusahaan dapat berjalan dengan lancar. Akibat manajemen Tersebut suatu kegiatan logistik perusahaan juga dapat fokus pada bidang manajemen yang lain karena kebutuhan akan barang telah tersedia.

  2. Transportasi. Transportasi juga suatu hal yang sangat penting dalam sebuah perusahaan. Perusahaan yang mempunyai manajemen logistik yang baik pasti akan menyediakan trasportasi untuk kegiatan distribusi barang atau persediaan.

  3. Fasilitas. Selain transportasi, ada berbagai fasilitas logistik yang dibutuhkan agar kegiatan logistik dapat berjalan dengan lancar. Khususnya yaitu tempat penyimpanan. Dengan adanya logstics management yang baik maka organisasi dapat menyediakan fasilitas penyimpanan yang akan sepenuhnya mendukung sebuah manajemen persediaan.

  4. Layanan. Tidak hanya menyediakan fasilitas, memberikana layanan yang terbaik juga merupakan hal yang penting. Pelayanan tersebut tidak ditujukkan hanya kepada pelanggan, tapi bisa juga diberikan kepada stakeholder lainnya, seperti supplier.

  5. Inbound Transportasi. Kegiatan tersebut memiliki tujuan untuk menangani distribusi barang dan bahan baku dari supplier ke dalam perusahaan. Dengan manajemen persediaan yang baik maka sebuah perusahaan dapat memperoleh dan bekerja sama dengan supplier yang memiliki barang terbaik, dan dapat disesuaikan dengan keperluan perusahaan.

  6. Outbound Transportasi. Sangat berbeda dari inbound transportasi. Outbound transportasi ini justru menangani distribusi dari perusahaan ke pelanggan. Manajemen ini harus memastikan barang yang diantarkan ke pelanggan dapat berjalan dengan baik tanpa masalah sedikit pun.

  7. Pemecah Masalah. Masalah dalam suatu manajemen merupakan hal yang sangat biasa terjadi. Khususnya pada bagian penyediaan. Melalui manajemen logistik yang baik maka permasalahan tersebut dapat dihindari dan diatasi dengan tepat dan cepat.

Baca juga : 5 TANTANGAN PASTI OPERASI MANAJEMEN LOGISTIK

Itu dia adalah 7 manfaat dari manajemen logistik. Sebenarnya masih banyak manfaat dari manajemen logistik. Tapi 7 manfaat tersebut adalah yang paling penting dan harus anda ketahui. Semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung dan membaca ke artikel kami.

Demikian informasi terkait manfaat manajemen logistik. Apabila anda membutuhkan informasi lebih lengkap, ingin bertanya atau berkonsultasi terkait manajemen logistik. Silahkan hubungi kami melalui email groedu@gmail.com, atau langsung hubungi kami melalui nomor whatsapp 0812-5298-2900/0813-3309-9915. Kami siap membantu anda.