TIPS MEMBUAT MANAJEMEN AUTOPILOT YANG EFEKTIF

sa-explainer-cover

Bagi sebagian pemilik bisnis memang terkadang merasa tidak ada waktu lagi untuk lebih banyak dengan keluarga. Waktu hanya dihabiskan untuk bisnis, dan di dalam bekerja sepertinya tidak ada waktu yang tersedia. Mungkin anda, sebagai pemilik bisnis terkadang ingin menyudahi semuanya dengan menutup usaha, tetapi bagaimana dengan karyawan anda?. Anda memiliki kewajiban moral yang sangat tinggi terhadap mereka. Solusinya adalah menjadikan bisnis anda memakai sistem managemen autopilot.

Mungkin, sebagian dari anda telah berfikir untuk menjadikan bisnisnya autopilot. Namun, belum menemukan sistem bisnis autopilot yang cocok untuk bisnis anda. Memang bukanlah suatu hal yang mudah untuk membangun sebuah sistem otomatis bagi bisnis yang telah berjalan. Untuk bisnis yang baru, akan lebih mudah untuk membangun sistem bisnis autopilot. Namun, bagi Anda yang sering bekerja sendiri semua detil proses bisnis Anda lakukan sendiri. Hal ini tentu sangat rumit buat Anda.

Anda tak harus jadi programmer untuk menjalankan bisnis dengan sistem ini. Tapi bagaimana cara seseorang yang bukan programmer bisa membuat sebuah sistem autopilot untuk sebuah layanan berbasis teknologi. Untuk itu, pada kesempatan kali ini, kami tim GroEdu (Lembaga Konsultan Bisnis yang sudah dipercaya diberbagai kota besar diantaranya Surabaya, Jakarta, Bandung, Semarang, Yogjakarta, Denpasar, Palembang, Banjarmasin, Palangkaraya, Balikpapan, Makassar, dan kota besar lainnya) akan memberikan tips atau kiat mengenai cara membuat manajemen auto pilot dalam bisnis anda.

Gunakan Software Accounting
Pada era Teknologi informasi yang berkembang dengan cepat memudahkan pemilik bisnis dalam mengendalikan perusahaan, dimanapun pemilik bisnis berada, bisnis dapat dikelola dengan seperangkat teknologi di genggaman tangan. Dengan mendapatkan software yang tepat dengan fitur lengkap, perusahaan anda akan terdukung secara Autopilot. Software Accounting adalah sebuah program aplikasi yang memang dirancang khusus untuk mempermudah pekerjaan para akuntan dalam pencatatan transaksi usaha yang sama dengan apa yang dilakukan secara manual. Misalnya account payable atau pembelian, account reveivable atau penjualan, penggajian, buku besar, dan berbagai macam kegiatan pencatatan akutansi lainnya untuk menghasilkan pelaporan keuangan sebagai pertimbangan untuk pengambilan keputusan.

Optimalkan Digital Marketing
Digital Marketing atau Pemasaran secara digital bisa didefinisikan sebagai semua upaya pemasaran menggunakan perangkat elektronik/internet dengan beragam taktik marketing dan media digital dimana Anda dapat berkomunikasi dengan calon konsumen yang menghabiskan waktu di online. Ada beragam akses untuk para calon konsumen agar dapat melihat penawaran Anda, seperti Website, Blog, Media sosial. Dari beberapa akses itulah mereka akan berkomunikasi kepada Anda. Di dunia digital marketing Anda bisa membuat agar calon customer tertarik pada penawaran Anda. Anda bisa membuat iklan, email marketing, brosur online, dan banyak lagi.

Gunakan SEO
SEO adalah singkatan dari “search engine optimization” (pengoptimalan mesin telusur).¬† Jika anda ingin bisnis yang menggunakan sistem manajemen autopilot, Penggunaan jasa SEO adalah keputusan besar yang dapat meningkatkan peringkat situs Anda dan menghemat waktu, tapi juga berisiko tinggi terhadap situs dan reputasi. Jika Anda berencana menggunakan jasa SEO, semakin cepat semakin baik.

Email Marketing
Jika anda ingin menggunakan sistem manajemen autopilot menggunakan email marketing adalah salah satu hal yang tepat bagi anda. Beberapa perusahaan menggunakan email marketing sebagai jembatan untuk berkomunikasi dengan customer. Email sering digunakan untuk mempromosikan konten, potongan harga dan sebuah acara. Serta mengarahkan calon customer untuk mengunjungi website Anda. dan yang lebih penting anda bisa berkomunikasi dengan pelanggan.

Gunakan MASTERY
Hal mendasar yang perlu diperbaiki pertama kali adalah mengubah kekacauan di dalam bisnis Anda menjadi terkontrol. Lihat apa saja kekacauan yang berada dalam bisnis anda, dan perbaiki secara cepat dan efisien. Dalam tahap ini anda bisa fokus pada impian Anda yang ingin dicapai untuk bisnis Anda dalam jangka waktu panjang. Dan buatlah gol jangka pendek dan jangka panjang tentang omset yang ingin anda peroleh, misalkan dalam sebulan anda ingin memiliki omset sebesar 100 juta.

Miliki Life Time Value Tinggi
Sederhananya, tidak eceran dan tidak beli putus satu kali. Tapi gelondongan dan terikat dalam jangka waktu panjang. Idealnya 1 tahun. Makin rendah LTV produk anda, makin besar pula energi yang harus anda keluarkan untuk mendapatkan pembelian berulang, baik dari konsumen lama atau baru. Contohnya, 1 orang konsumen bisnis dihitung 1 entitas tapi nilainya besar, LTV tinggi. Sedangkan 1 orang consumer juga dihitung 1 entitas, tapi nilainya kecil dan LTV redah. Hampir tidak mungkin autopilot di segmen consumer.

Buat Sistem Anda Sendiri
Untuk yang satu ini, anda perlu membuat sistem pada setiap bagian dalam bisnis anda. Sistem yang dimaksud akan membuat dampak yang luar biasa pada bisnis autopilot anda. Anda harus bisa merancang, merekayasa, dan membangun sendiri sistem otomatisasinya. Bukan berarti harus coding. Tiap sistem autopilot itu unik. Tidak generik. Anda harus menguasai dan mengontrol keunikan itu. Anda adalah orang pertama yang tahu betul bagaimana otomatisasi itu berjalan. Sehingga bila ada masalah, anda bisa segera memperbaikinya.

Buat SOP Yang Tegas dan Sederhana Buat Pekerja
Anda juga harus memastikan SOP yang anda buat tersebut bisa anda monitor dan respon secara mudah dan sederhana. Sekali lagi, ini terdengar kejam. Namun memang anda harus memandang pekerja sebagai komplemen dalam bisnis autopilot ini. Pelengkap. Mengerjakan apa yang belum bisa anda temukan solusinya menggunakan otomatisasi. Sehingga anda memperlakukannya sebagai bagian dari otomatisasi yang memiliki sifat disiplin.

Jika anda telah melaksakan langkah-langkah tersebut, kini anda telah membuat bisnis anda dengan sistem manajemen autopilot. Dengan langkah sederhana tersebut anda bisa membuat bisnis anda berjalan tanpa kehadiran anda. Jadi anda tidak perlu khawatir lagi dengan meninggalkan bisnis usaha anda, karena telah mempunyai sistem manajemen yang jelas untuk  menjalankan bisnis anda.
Apabila membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai artikel di atas dan jika anda membutuhkan bimbingan untuk membuat sistem manajemen auto pilot bagi bisnis anda. Jangan ragu-ragu silahkan hubungi kami melalui email groedu@gmail.com, atau langsung hubungi nomor whatsapp kami 0812-5298-2900 dan 0813-3309-9915. Kami siap membantu. Semoga artikel ini mampu membantu anda dalam menjalankan bisnis dengan sistem manajemen autopilot. Terima kasih dan Selamat Mencoba.