PERAN TANGGUNG JAWAB SEORANG HUMAN RESOURCE DALAM PERUSAHAAN

3-img-01

Setiap perusahaan memiliki budaya masing-masing yang mencakup nilai, visi, norma, sistem dan kebiasaan kelompok yang bekerja bersama. Sebagai seorang HR yang baik akan berperan untuk mengembangkan dan mengelola budaya perusahaan ini. Mereka akan merekrut karyawan baru, mempertahankan tunjangan dan penggajian, memediasi konflik dan terlibat dalam pelatihan dan pengembangan. Mereka memiliki peran penting dalm keberlangsungan budaya yang pada akhirnya mencapai sukses yang diinginkan. Jika saat ini anda sedang berada di posisi ini atau hendak ingin untuk melamar ke posisi ini, baiknya anda menyimak artikel ini hingga akhir. Karena dalam artikel kali ini kami akan membahas beberapa tanggung jawab yang harus anda penuhi agar masuk dalam kriteria HRD idaman.

Rekruitmen Dan Seleksi Calon Karyawan Baru
Banyak orang yang mengetahui jika proses perekrutan dan perekrutan karyawan baru dalam sebuah perusahaan biasanya akan dipegang oleh tim HRD. Tim HRD harus bertanggung jawab dan bertugas dalam mencari kandidat potensial dan sesuai dengan kualifikasi untuk bisa ditempatkan dalam posisi yang telah ditentukan oleh perusahaan. Proses seleksi karyawan dilakukan saat melihat CV calon karyawan, tes tertulis, maupun interview kerja. HRD harus mengetahui dan mengenalisa apakah calon karyawan tersebut memiliki kompetensi untuk menjadi bagian dalam perusahaan.

Mengembangkan Dan Memberikan Pelatihan Karyawan
Produktivitas karyawan merupakan kunci bagi perusahaan untuk dapat berjalan lebih maju lagi. Produktivitas karyawan yang baik tentunya akan membuat perusahaan akan berkembang dengan lebih cepat, sebaliknya jika produktivitas menurun, maka perusahaan pun akan mengalami penurunan. Untuk mengatasi hal tersebut biasanya perusahaan akan menyerahkan permasalahan tersebut kepada bagian HRD. HRD harus mampu memberikan pelatihan mengenai pekerjaan yang seharusnya dilakukan, menjalankan fungsi visi dan misi dengan tepat agar karyawan mengerti dan dapat mengimplementasikan visi dan misi yang telah contohkan, dan hal lainnya yang berkaitan dengan pengembangan mutu karyawan.

Menjaga Hubungan Antar Karyawan
Seorang HRD harus mampu merangkul setiap karyawan yang bekerja diperusahaan. Hal ini bertujuan agar karyawan yang bekerja di dalam perusahaan dapat melakukan pekerjaannya dengan nyaman dan memberikan hasil yang terbaik. Hubungan antar karyawan yang terjalin dengan baik akan menciptakan kolaborasi yang bermanfaat dan menguntungkan bagi perusahaan. Tim HRD harus mampu menciptakan suasana kerja yang kondusif dan nyaman bagi karyawan untuk bekerja, mengurangi pergesekan yang terjadi baik antar karyawan maupun karyawan dengan atasan.

Mengevaluasi Tingkat Kehadiran Karyawan
Salah satu fungsi HRD adalah bertanggung jawab terhadap tingkat kehadiran karyawan. HRD harus mampu melakukan pendisipinan kepada karyawan yang menyebarkan efek negatif dalam perusahaan. Salah satu efek negatif yang tidak boleh tersebar adalah persoalan kedisiplinan karyawan. Karyawan yang tidak disiplin akan cenderung lebih sering tidak hadir dalam perusahaan. Oleh karena itu HRD ditugaskan untuk mengevaluasi tingginya tingkat absensi karyawan. HRD ditugaskan untuk mengevaluasi tingkat ketidakhadiran karyawan, mencatat karyawan mana yang sering melakukan izin sakit, telat dan absen tanpa melakukan izin.

Memberikan Kompensasi Dan Perlindungan Setiap Karyawan
HRD harus memperhatikan kesejahteraan karyawan, baik itu tentang budaya perusahaan maupun besarnya upah atau gaji yang diberikan kepada karyawan. HRD harus mampu mempertimbangkan berapa nominal gaji yang sesuai dengan kinerja dan tanggung jawab yang dibebankan kepada karyawan. Selain itu mempertimbangkan lama karyawan bekerja juga menjadi poin penting dalam menentukan nominal gaji karena dengan melihat lama bekerja karyawan HRD dapat mengetahui tingkat loyalitas yang dimilikinya.

Seorang HRD yang profesional adalah pemimpin dalam mendukung misi organisasi, visi, nilai-nilai dan tujuan di antara anggota staf, mampu memantau dan menyesuaikan kegiatan organisasi, dan memastikan keberhasilan untuk berbagai inisiatif. HRD akan berkontribusi besar pada perusahaan dengan mengelola aset paling penting dari organisasi mana pun, yaitu orang-orang yang produktif dan aktif dalam menyelesaikan tugas harian. Pekerjaan mereka membantu kesuksesan global tiap perusahaan manapun.
Demikian infromasi yang bisa kami sampaikan, dan apabila anda membutuhkan informasi lebih jelas untuk berbagai artikel terkait HRD. Silahkan hubungi kami melalui email groedu@gmail.com, atau bisa langsung menghubungi kami melalui nomor whatsapp 0812-5298-2900/0813-3309-9915. Kami siap membantu.