BERBAGAI PERMASALAHAN DISTRIBUSI DAN SOLUSINYA

FAC_Warehouse_09-2000x1200

Dalam setiap aktivitas bisnis, kita tentu akan dipertemukan dengan permasalahan dan tantangan yang bervariasi. Dan hal tersebut tidak memandang bisnis seperti apa, proses seperti apa dan strategi macam apa yang anda jalankan, permasalahan akan selalu datang menghampiri tanpa pandang bulu. Tak luput pula dalam kegiatan distribusi, kegiatan ini pun juga takkan luput dari problematika yang akan menghambat berbagai proses di dalamnya. Terkait hal tersebut, kami Tim GroEdu (Lembaga Konsultan Bisnis yang sudah dipercaya di berbagai kota besar seperti Surabaya, Bandung, Jakarta, Yogyakarta, Denpasar dan kota-kota besar lainnya) akan berbagi wawasan seputar permasalahan distribusi beserta solusinya.

Masalah yang sering dihadapi dalam proses distribusi pada umumnya meliputi beberapa hal sebagai berikut:

  • Keadaan Geografis. Hal ini seringkali jadi kendala, terutama dalam proses pendistribusian ke daerah yang sulit dijangkau kendaraan. Permasalahan yang satu ini diakibatkan oleh kurangnya akses menuju daerah tersebut dan minimnya perhatian infrastruktur oleh pemerintah. Namun hal tersebut saat ini akan segera teratasi, dikarenakan proyek infrastruktur pemerintah yang mulai menyeluruh saat ini, akan memudahkan akses pendistribusian kapanpun dan dimanapun.

  • Sifat Produk. Poin yang satu ini terkait akan kelangkaan produk dan jumlah produk yang dapat dikemas sekali jalan. Biasanya permasalahan yang satu ini berada pada proses produksi yang menghasilkan jumlah produk minim dan prosesnya pun memakan waktu dan tidak dapat memenuhi permintaan konsumen. Bagi para distributor, cara yang tepat untuk mengatasi hal ini ialah dengan membatasi jumlah permintaan yang datang dan menyesuaikannya dengan stok produk yang tersedia tiap rasio tertentu.

  • Pada umumnya, rantai distribusi yang panjang akan berakibat pada biaya distribusi yang tinggi pula. Hal ini akan mendorong harga jual yang tinggi yang beresiko tidak lakunya produk dipasaran, untuk mengatasi hal ini biasanya dapat diatasi dengan cara rela menekan harga dengan mengurangi jumlah keuntungan yang diperoleh atau mengurangi komisi dari proses distribusi. Untuk pihak konsumen, solusinya ialah mengurangi jumlah produk yang dipesan dan kemudian menyesuaikan biaya yang diperlukan.

Itulah beberapa ulasan singkat seputar permasalahan umum dalam proses distribusi beserta solusinya. Kesimpulannya, apapun masalah yang anda temui, sikap aktif dan positif akan membawa anda dengan sendirinya menuju solusi baru yang tak terpikirkan sebelumnya.

Tahukah anda bahwa kami, Tim GroEdu senantiasa menyediakan layanan konsultasi & training bisnis terkait Manajemen Distribusi. Dan lagi terutama bagi anda yang tertarik untuk memulai bisnis atau bagi anda yang ingin berupaya meningkatkan kredibilitas bisnis anda melalui beberapa aspek dalam berbisnis. Layanan kami tidak hanya terpaku pada satu aspek, melainkan aspek lainnya yang menyangkut bisnis seperti manajemen bisnis, operasional bisnis dan masih banyak lagi. Silahkan hubungi kami melalui email groedu@gmail.com atau langsung melalui nomor Whatsapp berikut, 0812-5298-2900 dan 0813-3309-9915. Kami siap membantu anda.