MENGAPA MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA PENTING BAGI SEMUA MANAJER?

businessmen-handshake-with-workmate-handshake-business-partner-work-deal-together_1150-2408

Dalam sebuah perusahaan terutama yang mempekerjakan ratusan hingga ribuan karyawan, Manajer Sumber Daya Manusia (SDM) mempunyai peran yang penting. Manajer SDM ini berperan dalam merencanakan, mengarahkan dan mengkordinasikan fungsi administrasi suatu organisasi. Meski sudah menjalankan usaha selama bertahun-tahun tetapi ada banyak pengelola usaha yang bahkan tidak tahu apa pentingnya manajemen sumber daya manusia. Sebagian hanya menganggap urusan Manajemen SDM hanya sebatas merekrut karyawan baru. Jadi, apa pentingnya Manajemen SDM?. Untuk itu, di sini kami tim GroEdu International Consultant (Lembaga Konsultan Manajemen Autopilot yang sudah dipercaya diberbagai kota besar diantaranya Surabaya, Jakarta, Bandung, Semarang, Yogjakarta, Denpasar, Palembang, Banjarmasin, Palangkaraya, Balikpapan, Makassar, dan kota besar lainnya) akan memberikan pengetahuan kepada anda mengenai pentingnya manajemen sumber daya manusia bagi semua manajer.

Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia

Secara definisi, manajemen sumber daya manusia adalah proses perencanaan kegiatan yang berkenaan dengan analisis pekerjaan, evaluasi pekerjaan, pengadaan, pengembangan, kompensasi, promosi dan pemutusan hubungan kerja guna mencapai tujuan yang ditetapkan.

Pada dasarnya, pengertian manajemen SDM sendiri yaitu upaya atau cara dalam mengelola sumber daya manusia guna tercapainya tujuan organisasi atau perusahaan. Tanpa memiliki kemampuan manajemen SDM yang mumpuni, kemampuan perusahaan dalam mencapai kesuksesan bisnis akan lebih sulit untuk bisa dilakukan. Jadi, bisa dibilang bahwa manajemen SDM adalah salah satu aspek krusial perusahaan agar bisa berkembang dan memiliki daya saing yang tinggi.

Lalu apa saja yang harus dilakukan dalam Manajemen SDM?. Berikut fungsi dan tugas Manajenem SDM :

  • Perencanaan

Perencanaan menentukan sasaran dan standart-standart, membuat aturan dan prosedur, menyusun rencana-rencana dan melakukan peramalan.

  • Menetapkan arah, visi, dan tujuan

Visi adalah kunci utama dalam manajemen sumber daya. Untuk bisa melakukan pekerjaan dengan baik maka karyawan harus paham dulu visi perusahaannya sehingga menjadi paham arah yang harus dia jalankan dalam bekerja.

  • Penyusunan Staff

Menentukan tipe orang yang harus dipekerjakan, merekrut calon karyawan, memilih karyawan, menetapkan standart prestasi, memberikan kompensasi kepada karyawan dan mengevaluasi prestasi.

  • Pengendalian

Menetapkan standart seperti kuota penjualan, standart kualitas atau tingkat produksi, memeriksa untuk melihat bagaimana prestasi yang dicapai dibandingkan dengan standart-standart ini, melakukan koreksi jika dibutuhkan.

  • Menetapkan standar etika kerja

Etika dalam pekerjaan sangat penting. Ini adalah batasan nilai-nilai yang harus dipatuhi semua orang dalam sebuah lingkungan kerja. Standar etika kerjalah yang menjadi aturan bersama untuk menciptakan batasan yang jelas antara dunia pekerjaan dan dunia di luar pekerjaan.

Mengapa Manajemen SDM Penting Untuk Semua Manajer?

Di dalam tugasnya seorang manjer dapat melekukan hal lainnya dengan benar yaitu memberikan rencana-rencana yang cemerlang, menggambarkan bagan organisasai dengan jelas, membangun jalur komunikasi yang modern, dan menggunakan pengendali akuntansi yang canggih. Tetapi sebagi seorang tetap gagal dengan mempekerjakan orang yang salah atau dengan tidak memotivasi bawahan.Berikut merupakan beberapa kesalahan personel yang tidak ingin anda lakukan di saat mengatur misalnya:

  • Mempekerjakan orang yang salah untuk pekerjaan tersebut
  • Mengalami proses penggantian karyawan yang tinggi
  • Orang-orang yang anda andalkan tidak melakukan yang terbaik
  • Menghabiskan waktu untuk wawancara yang tidak berguna
  • Membuat perusahaan anda dituntut oleh pengadilan karena tindakan diskriminasi

Sebagai salah satu elemen utama yang ada pada sebuah perusahan, sumber daya manusia memerlukan sistem manajemen yang baik agar kinerja perusahaan dapat berjalan dengan optimal. Dengan memiliki manajemen SDM yang terorganisir, upaya perusahaan dalam mencapai target organisasi akan menjadi lebih mudah untuk bisa dicapai.

Suasana kerja dalam perusahaan tersebut juga akan menjadi lebih membangun saat memiliki manajemen SDM yang mumpuni. Kesenjangan antar karyawan yang biasanya berimbas buruk pada kinerja perusahaan akan jarang dirasakan. Oleh karena itu, setiap perusahaan disarankan untuk memiliki manajemen SDM yang positif, baik sejak saat proses rekrutmen pekerja hingga melakukan pemberdayaan SDM yang telah bekerja di perusahaan tersebut.

Apabila anda membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai artikel di atas dan jika anda memiliki pertanyaan untuk mengetahui informasi tersebut lebih detail, atau melakukan Pembangunan HRD atau Jasa REKRUTMEN. Jangan ragu-ragu silahkan hubungi kami melalui email groedu@gmail.com, atau langsung hubungi nomor whatsapp kami 0812-5298-2900 dan 081-8521172. Kami siap membantu. Semoga artikel ini bermanfaat dan memberikan informasi berharga untuk Anda. Terima kasih dan selamat mencoba.