HAMBATAN DAN SOLUSINYA DALAM MEMBANGUN SMALL BISNIS

20190219215328-GettyImages-763163459

Masalah mendasar usaha kecil yang paling menonjol menyangkut menyediakan pembiayaan usaha alias modal usaha. Kebutuhan modal sangat terasa pada saat seseorang ingin memulai usaha baru. Alhasil, biasanya bila motivasinya kuat, seseorang akan tetap memulai usaha kecil tetapi dengan modal seadanya. Dalam menjalankan bisnis, pasti adakalanya sebuah masalah datang menghampiri. Banyak pengusaha yang bertahan dan menghadapi masalah tersebut, ada juga yang memutuskan untuk berhenti atau beralih ke bisnis lainnya. Pengusaha yang bertahan dan mencoba mencari solusi biasanya akan meraih kesuksesan di depan. Lalu apa saja masalah dan solusi dari small bisnis yang biasanya datang menghampiri pengusaha?
Untuk itu, pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan pengetahuan mengenai apa saja hambatan dan solusi dalam membangun small bisnis yang sangat bermanfaat bagi anda.

Kurangnya Permodalan
Permodalan merupakan faktor utama yang diperlukan untuk mengembangkan suatu unit usaha. Kurangnya permodalan UKM, oleh karena pada umumnya usaha kecil dan menengah merupakan usaha perorangan atau perusahaan yang sifatnya tertutup, yang mengandalkan modal dari si pemilik yang jumlahnya sangat terbatas, sedangkan modal pinjaman dari bank atau lembaga keuangan lainnya sulit diperoleh karena persyaratan secara administratif dan teknis yang diminta oleh bank tidak dapat dipenuhi.
Solusinya adalah dengan cara : anda bisa dengan mengumpulkan modal usaha. Atau anda bisa memanfaatkan berbagai lembaga pendanaan yang menawarkan modal pembiayaan. Dan anda juga bisa mendapatkan modal usaha dari orang-orang yang berminat untuk membiayai suatu usaha, termasuk small bisnis anda.

Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM)
Sebagian besar usaha kecil tumbuh secara tradisional dan merupakan usaha keluarga yang turun temurun. Keterbatasan kualitas SDM usaha kecil baik dari segi pendidikan formal maupun pengetahuan dan keterampilannya sangat berpengaruh terhadap manajemen pengelolaan usahanya, sehingga usaha tersebut sulit untuk berkembang dengan optimal.
Solusinya adalah dengan cara : anda perlu mengikuti pelatihan bagi UKM baik dalam aspek kewiraswastaan, manajemen, administrasi dan pengetahuan serta keterampilannya dalam pengembangan usahanya. Selain itu, anda juga perlu menerapkan hasil pelatihan di lapangan untuk mempraktekkan teori melalui pengembangan kemitraan rintisan.

Kurang Tahu Pengetahuan Tentang Bisnis
Permasalahan UKM selanjutnya adalah minimnya pengetahuan pengusaha UKM tentang manajemen bisnis yang baik. Banyak pelaku UKM hanya fokus memproduksi barang, tanpa memikirkan bagaimana strategi ekspansi bisnisnya lebih besar lagi. Akibatnya, pengusaha UKM kesulitan dalam meningkatkan level bisnisnya. Usaha yang mereka jalankan tidak berkembang dan omzet yang didapat tidak mengalami kenaikan.
Solusinya adalah dengan cara : Anda harus selalu up to date dengan perkembangan strategi bisnis terbaru, satu-satunya cara yang harus Anda lakukan adalah banyak membaca dan belajar. Anda bisa belajar dari pengalaman yang dibagikan oleh banyak pebisnis dunia.

Lemahnya Jaringan Usaha
Usaha kecil yang pada umumnya merupakan unit usaha keluarga, mempunyai jaringan usaha yang sangat terbatas dan kemampuan penetrasi pasar yang rendah, ditambah lagi produk yang dihasilkan jumlahnya sangat terbatas dan mempunyai kualitas yang kurang kompetitif.
Solusinya adalah dengan cara : anda bisa memperkuat asosiasi yang telah ada, dan meningkatkan pengembangan jaringan informasi usaha. Atau anda bisa dengan cara mempromosikan produk-produk yang dihasilkan, bertujuan untuk mempercepat proses kemitraan antara UKM dengan usaha besar.

Masih banyak para pengusaha UMKM terkendala modal usaha, strategi pemasaran, hingga akses teknologi digital. Akibatnya, usaha mereka berjalan stagnan dan tidak mengalami kemajuan yang signifikan. Dan bahkan banyak yang mengalami kerugian dikarenakan hambatan tersebut.
Apabila Anda sedang mengalami kerugian, jangan melihatnya sebagai tanda bahwa bisnis Anda telah gagal. Bahkan para pengusaha paling sukses sekalipun punya masalahnya sendiri. Yang penting adalah Anda melakukan sesuatu untuk menyelesaikannya dan melakukan perubahan yang dibutuhkan untuk memperbaiki situasi.
Tiap usaha tentu saja memiliki tantangannya sendiri. Meskipun demikian, pengusaha yang menjalankan smll bisnis mengalami beberapa masalah dan tantangan yang cukup rumit dan berbeda dari usaha lainya. Apabila anda membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai artikel di atas dan jika anda membutuhkan bimbingan untuk mengatasi hambatan tersebut. Jangan ragu-ragu silahkan hubungi kami melalui email groedu@gmail.com, atau langsung hubungi nomor whatsapp kami 0812-5298-2900 dan 0813-3309-9915. Kami siap membantu. Semoga artikel ini mampu membantu anda dalam mengatasi hambatan didalam small bisnis anda. Terima kasih dan Selamat Mencoba.