CARA MEMULAI BISNIS DARI HOBI

MiklosCPA-Is-Your-Budding-Business-Considered-A-Hobby-Or-A-Business

Ide bisnis sebenarnya bisa datang dari mana saja, mulai dari ide yang datang ketika Anda baru bangun tidur, ketika makan, ketika sedang berjalan kaki atau lainnya. Namun, ada hal utama yang harus Anda perhatikan saat ingin mendapatkan ide untuk dijadikan sebuah usaha, yakni dengan melihat apa yang ada di sekitar Anda.
Beberapa orang terkadang memiliki hobi yang unik dan lain dari biasanya, bahkan hobi tersebut pun akhirnya dapat menghasilkan uang. Lalu apa salahnya mengubah hobi Anda menjadi bisnis? Sama sekali tidak ada salahnya, justru menjadikan hobi sebagai bisnis sudah membantu Anda untuk menemukan ide dan membuka peluang usaha baru. Untuk itu, di sini kami tim GroEdu (Lembaga Konsultan Bisnis yang sudah dipercaya diberbagai kota besar diantaranya Surabaya, Jakarta, Bandung, Semarang, Yogjakarta, Denpasar, Palembang, Banjarmasin, Palangkaraya, Balikpapan, Makassar, dan kota besar lainnya) akan memberikan pengetahuan kepada anda mengenai cara memulai bisnis dari hobi.

1. Cari Tahu Hobi Anda.
Poin pertama ini mungkin terdengar cukup aneh, tetapi tetap berguna. Lakukanlah beberapa survey kecil-kecilan, khusus untuk Anda yang masih bingung dengan hobinya sendiri. Carilah apa hobi yang sebenarnya Anda sukai, bisa membuat Anda merasa nyaman dan menyenangkan, atau kegiatan seperti apa yang membuat Anda rela untuk membayar demi melakukan hal tersebut. Setelah Anda bisa menjawab pertanyaan tersebut, pastikan hobi yang Anda sukai tersebut berpotensi untuk mendatangkan pemasukan atau pundi-pundi rupiah bagi Anda.

2. Perluas Pengetahuan dan Wawasan Anda
Cara selanjutnya adalah mengkombinasikan antara keterampilan dan gairah yang Anda miliki. Dengan kata lain, gunakan lah pengetahuan yang Anda miliki untuk mengembangkan hobi tersebut. Misalnya jika Anda memiliki skill fotografi, maka jangan berhenti dengan usaha penyediaan jasa fotografi saja, tetapi cobalah kembangkan dan ciptakan peluang ide bisnis baru seperti membuat album foto dan menjualnya secara online. Anda juga bisa mendesain baju dari foto hasil jepretan Anda sebelumnya. Pikirkanlah segala macam hal yang dapat Anda lakukan, lalu langkah selanjutnya hubungkan ide-ide tersebut dengan hobi yang Anda miliki sekarang.

3. Mengenali Dengan Baik Target Pasar Anda
Setelah Anda menentukan hobi yang memiliki potensi lebih untuk mendatangkan keuntungan, maka langkah selanjutnya adalah dengan melakukan survei dan pengenalan terhadap pasar yang menjadi target Anda. Dengan berbekal hobi tersebut, tentunya Anda memahami betul apa yang sebenarnya konsumen perlukan saat ini. Misalnya saja jika hobi Anda ada pada olahraga, tentunya Anda dituntut untuk memahami kondisi pasar pada saat ini. Trend apa saja yang tengah menjamur di masyarakat dan sangat dicari oleh para penggemar olahraga. Apakah target Anda hanya mencakup laki-laki saja atau perempuan juga diikutsertakan.

4. Ciptakan Branda Anda Sendiri
Manfaatkanlah media sosial sebagai sarana pendukung untuk menjalankan bisnis yang sedang Anda jalankan. Hal paling penting dengan memanfaatkan media sosial juga bisa menciptakan brand atau merk dagang sendiri pada usaha yang tengah Anda geluti. Cara yang bisa Anda lakukan dengan membuat akun Facebook sebagai sarana media promosi bisnis. Selain itu juga Anda bisa membuat Blog atau situs website yang memenuhi standar untuk lebih memperkenalkan usaha dan produk yang dijual ke khalayak ramai.

5. Perhatikan Pesaing Anda
Perhatikan sekitar Anda. Jelilah dalam melihat persaingan. Banyak orang yang akan membuka bisnis sesuai hobi yang sama dengan Anda. Kompetitor akan bertambah dan persaingan bisnis semakin ketat. Ini adalah tantangan yang harus dijadikan sebagai motivasi. Terus evaluasi bisnis Anda dan lihat pesaing Anda. Berikan nilai lebih yang tidak ada pada pesaing Anda.

6. Membangun Jaringan Bisnis
Di zaman yang sudah modern ini tentunya kehadiran internet memang sudah memudahkan kegiatan bisnis dari celah manapun, namun bukan berarti bisnis yang terjadi dari mulut ke mulut dan jaringan sudah tidak berlaku sama sekali. Meskipun terdengar kuno, tetapi cara ini merupakan salah satu alternatif yang cukup ampuh untuk memasarkan produk pertama dari hobi Anda. Sudah saatnya untuk membangun sebuah komunitas dengan cara mempromosikan diri Anda pada perkumpulan orang yang memiliki minat yang sama dengan Anda. Contohnya jika Anda memiliki hobi di bidang otomotif, maka segeralah bergabung dengan pecinta otomotif lainnya.

Anda memang dapat mengubah hobi menjadi peluang bisnis bisnis yang menjanjikan. Banyak pebisnis yang sudah membuktikan kesuksesannya dengan menjalankan usaha dari hobinya. Tidak hanya menghasilkan keuntungan, tapi bisnis terasa jadi pekerjaan yang menyenangkan karena sesuai dengan minat pribadi. Bagi Anda yang sudah merencanakan hobi yang akan dikembangkan menjadi sebuah bisnis, Anda pasti sudah menyiapkan berbagai rencana sebelum memulainya. Anda sudah menentukan nama brand dan konsepnya, lalu tinggal proses pemasarannya kepada konsumen. Beberapa cara di atas dapat membantu Anda memulai bisnis sesuai dengan hobi, dan menghasilkan pendapatan lebih dari apa yang Anda perkirakan sebelumnya. Tentunya dengan menjadikan hobi sebagai salah satu penghasilan tambahan merupakan hal yang menyenangkan dan sangat menguntungkan. Sifat disiplin pun tetap diperlukan dalam mengerjakan hal ini.
Apabila anda membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai artikel di atas dan jika anda memiliki pertanyaan untuk mengetahui informasi tersebut lebih detail. Jangan ragu-ragu silahkan hubungi kami melalui email groedu@gmail.com, atau langsung hubungi nomor whatsapp kami 0812-5298-2900 dan 0813-3309-9915. Kami siap membantu. Semoga artikel ini bermanfaat dan memberikan informasi berharga untuk Anda. Terima kasih dan selamat mencoba.