STANDARD OPERASIONAL PROCEDURE (SOP) YANG TEPAT KALA PANDEMI COVID-19

Businessman manager using tablet check and control for workers with Modern Trade warehouse logistics. Industry 4.0 concept Logistic and transport concept

Standard Operasional Procedure (SOP) merupakan bagian integral dari kesuksesan organisasi mana pun, tetapi mereka telah menjadi semakin kritis selama Pandemi Virus Corona saat ini. COVID-19 sangat menular dan baru, belum ada kekebalan alami. Sehingga diperlukan SOP yang berfungsi untuk melindungi diri sendiri, karyawan atau anggota tim, serta client atau pelanggan. Untuk itu anda perlu SOP yang jelas yang memberikan pedoman bagi karyawan agar mampu beraktivitas dengan aman. SOP spesifik COVID-19 akan memastikan perlindungan yang aman dan konsisten untuk setiap karyawan dan pelanggan yang datang. Anda perlu meminimalkan risiko infeksi bagi karyawan dan pelanggan Anda. Selain itu, SOP spesifik COVID-19 akan meminimalkan kewajiban terhadap praktik dengan memberikan bukti bahwa prosedur yang konsisten dan diterima digunakan untuk semua karyawan dan pelanggan. Berikut ini adalah beberapa SOP yang bisa anda terapkan dalam aktivitas bisnis anda selama masa pandemi COVID-19.

  1. Dokumentasi Kesehatan dan Keselamatan
    Semua dokumentasi kesehatan dan keselamatan proyek harus ditinjau dan diselaraskan dengan SOP.
  2. Manajemen Lokasi
    Manajemen lokasi harus menilai risiko dan mengelola bahaya keselamatan dan kesehatan di tempat kerja, termasuk mengelola dan menginstruksikan pekerja lokasi tentang berbagai tindakan pengendalian dan kepatuhan.
  3. Kebersihan
    Dokumen tersebut menyatakan bahwa semua Personil Lokasi harus mengikuti kebersihan yang baik dan mencuci tangan, serta mendorong orang lain untuk mengikuti saran ini.
  4. Bepergian ke / dari Kantor
    Pekerja harus melakukan perjalanan ke lokasi dengan kendaraan perusahaan atau kendaraan mereka sendiri, dan ketika hal ini tidak memungkinkan, mereka harus menggunakan transportasi umum. Jika seorang pekerja menggunakan transportasi umum, mereka harus diberi arahan tentang cara mengurangi kemungkinan infeksi.
  5. Pencegahan Kontaminasi Silang
    Prosedur pembersihan harus dilakukan di seluruh lokasi untuk mencegah kontaminasi silang, khususnya di area umum dan di titik sentuh. Jika memungkinkan, pengaturan harus dipenuhi sehingga pekerja tidak harus menggunakan alat yang sama.
  6. Jarak Sosial
    Dokumen tersebut mencatat bahwa jarak sosial minimal 2m direkomendasikan untuk memperlambat transmisi Covid-19.
  7. Petugas Kepatuhan C-19
    Perlu adanya orang yang harus ditunjuk sebagai Petugas Kepatuhan C-19 dan dokumen merinci peran dan tugas Petugas.
  8. Penataan Lokasi Potensial
    Untuk memenuhi jarak 2m dari sosial, pengaturan kantor, fasilitas toilet, kantin dan pengaturan makan dan ruang pengering mungkin perlu dikonfigurasi ulang. SOP menawarkan saran tentang cara melakukan ini.
  9. Pedoman Pertolongan Pertama
    Tindakan pencegahan pengendalian infeksi standar harus diterapkan ketika merespons insiden pertolongan pertama di tempat kerja. Jika seseorang datang dengan gejala yang terkait dengan Covid-19, mereka harus diperlakukan sebagai kasus yang diduga. Peralatan APD harus tersedia untuk merespons insiden pertolongan pertama.
  10. Manajemen Rapat
    Jika memungkinkan, semua rapat harus dilakukan dari jarak jauh kecuali jika perlu untuk bertemu langsung.
  11. Manajemen Pengiriman
    Manajemen situs harus memastikan bahwa semua transaksi pengiriman menegakkan jarak fisik dan semua pengiriman harus direncanakan dengan protokol yang disepakati.
  12. COVID-19 Kasus Tersangka / Terkonfirmasi
    Dokumen tersebut menguraikan apa yang harus dilakukan seseorang jika seorang karyawan atau anggota masyarakat menjadi tidak sehat dan percaya bahwa mereka telah terpapar pada Covid-19. Jika kasus yang dikonfirmasi teridentifikasi di tempat kerja Anda, HSE akan memberikan saran kepada staf terkait.

Demikian beberapa contoh poin-poin yang perlu anda perhatikan dan dibuatkan SOP demi keselamatan banyak pihak yang berkerja ataupun yang mengunjungi bisnis anda. Jika anda membutuhkan hal lain atau informasi lebih lengkap terkait pembuatan SOP perusahaan yang relevan saat pandemi COVID-19 namun tetap memperoleh laba yang tepat untuk kebutuhan bisnis anda. Silahkan hubungi kami melalui email groedu@gmail.com, atau bisa langsung menghubungi kami melalui nomor whatsapp 0812-5298-2900. Kami siap membantu anda.