5 KIAT STRATEGIS DALAM MANAJEMEN PIUTANG (ACCOUNTS RECEIVABLE)

scholarships-1

Setiap penjualan yang terjadi dalam bisnis di mana pembayaran tidak dilakukan di muka (mis. Ritel) atau sebelum penjualan (mis. Uang muka untuk mobil), akan memiliki “Piutang Usaha”, yang merupakan terminologi akuntansi untuk jumlah yang terutang oleh pelanggan. Memiliki piutang memang terlihat baik karena membuktikan bakwa bisnis kita bonafit karena mampu menghasilkan penjualan. Namun, kelemahan dari memiliki piutang adalah Anda tidak bisa memegang uang cash yang seharusnya bisa Anda pegang saat ini. Akan lebih terasa sulit jika para pelanggan Anda tidak akan segera membayar Anda. Oleh karena itu penting untuk anda memiliki manajemen untuk ini. Mengelola piutang merupakan komponen penting dari bisnis Anda. Dengan mengingat hal itu, berikut ini kami sampaikan beberapa tips untuk membantu Anda mengelola piutang dan membuat bisnis Anda mengalir dengan uang tunai.

1. Tetapkan Ketentuan Pembayaran
Sebagai perusahaan kecil, terutama startup, tetapkan persyaratan pembayaran yang jelas dengan semua klien Anda. Berikan faktur yang jelas bahwa klien dapat menyetujui sebelum layanan atau penjualan diberikan, dan pastikan pelanggan tahu persis kapan pembayaran jatuh tempo. Tentu saja, cobalah untuk menetapkan periode penagihan yang konservatif, dan menghindari persyaratan penagihan 60 dan 90 hari yang membuatnya lebih menantang bagi Anda untuk memperhitungkan tagihan Anda sendiri yang jatuh tempo. Pertimbangkan juga untuk meminta uang muka untuk layanan yang diberikan.

2. Menetapkan Kebijakan Kredit yang Jelas
Jika Anda memutuskan untuk membiarkan klien menggunakan jalur kredit, pastikan Anda memiliki pedoman yang jelas. Semakin lama Anda mengembalikan pembayaran untuk penjualan atau layanan, semakin sulit untuk mengelola aliran kas Anda dengan benar. Pastikan klien Anda memahami persyaratan kredit, dan menandatangani perjanjian untuk mematuhinya, sebelum mengizinkan mereka membeli barang atau jasa menggunakan kredit itu.

3. Maksimalkan Opsi Pembayaran
Jika memungkinkan, berusahalah untuk meningkatkan opsi pembayaran dari uang tunai, kartu kredit dan cek, hingga transfer dana elektronik, sehingga klien Anda dapat memilih metode yang disukai dan membayar perusahaan dengan cepat. Ini akan membantu untuk lebih mengurangi jumlah waktu antara penjualan dan pembayaran yang ditenderkan.

4. Lakukan Pemeriksaan Kredit
Sebelum bisnis kecil Anda mengambil klien baru, terutama untuk proyek jangka panjang atau mahal, pertimbangkan untuk memeriksa riwayat kredit klien terlebih dahulu. Jika klien Anda memiliki riwayat pembayaran yang tidak terjawab, koleksi, atau kredit yang buruk, klien itu mungkin tidak sebanding dengan risikonya. Pemeriksaan kredit hampir selalu harus dilakukan untuk klien mana pun yang Anda beri perpanjangan kredit. Melakukan pemeriksaan kredit sebelum menandatangani kontrak dapat membantu Anda menghindari sakit kepala dengan menagih pembayaran yang akan datang.

5. Bersikap Proaktif
Untuk mendorong pembayaran tepat waktu, teleponlah secara proaktif atau email segera setelah faktur dikirim untuk memastikan mereka menerimanya dan menanyakan kapan pembayaran itu akan dibayarkan. Tindak lanjuti lagi beberapa hari sebelum pembayaran dilakukan untuk memastikan mereka memiliki semua yang diperlukan untuk melakukan pembayaran sehingga tanggal jatuh tempo tidak tergelincir. Anda juga harus memastikan setiap faktur yang dikirim jelas dan tidak kehilangan informasi penting yang dapat menyebabkan pelanggan Anda menghindari atau menunda pembayaran.

Mengelola piutang bisa sangat mudah karena banyak pelanggan cenderung membayar tepat waktu. Menyiapkan sistem pelacakan yang tepat dengan tindak lanjut yang sering dapat meningkatkan peluang Anda untuk dibayar secara signifikan. Demikian informasi tentang bagaimana manajemen piutang yang baik dan dapat mempercepat pembayaran klien pada Anda. Dan jika Anda membuthkan layanan atau ingin menyewa konsultan untuk membantu manajemen piutang Anda. Silahkan hubungi kami melalui email groedu@gmail.com, atau bisa langsung menghubungi kami melalui nomor whatsapp 0812-5298-2900. Kami siap membantu anda.