PERAN LEADERSHIP DALAM MENJAGA PRODUKTIVITAS KARYAWAN

https___blogs-images.forbes.com_rebeccaskilbeck_files_2019_02_Maintianing-Motivation-in-employees-Blog-Graphic-1200x861

Ketika pekerja tidak termotivasi dalam bekerja dan tidak ada tindakan serius untuk menangani ini, pada akhirnya mereka para pekerja akan semakin tidak produktif dan berbalik menyalahkan sistem perusahaan, kebijakan, bahkan budaya tempat kerja. Perlu anda ketahui memang kadang beberapa pekerja mengalami ini dengan permasalah fasilitas kantor yang nyata, namun tahukan anda hal ini lebih sering terjadi bukan karena itu melainkan karena faktor leadership yang tidak efektif.
Para pemimpin yang efektif mampu memotivasi karyawan secara total. Para pemimpin perlu menginspirasi karyawan mereka tidak hanya untuk melaksanakan pekerjaan mereka dengan baik, tetapi juga untuk menemukan tujuan dalam peran mereka. Berikut adalah beberapa cara pemimpin dapat lebih terhubung dengan tim mereka, mendorong kepemimpinan kolaboratif, dan menginspirasi anggota tim untuk melakukan pekerjaan terbaik mereka.

1. Raih Kepercayaan Karyawan Dengan Memberikan Contoh Positif
Para pemimpin perusahaan yang baik tidak perlu menunjukkan perilaku otoritatif. Para pemimpin dapat mengambil manfaat dengan menunjukkan kepada orang lain bahwa mereka dapat menjadi pengikut yang bersedia menyingsingkan lengan baju mereka dan benar-benar bekerja dalam kelompok. Para pemimpin harus dilihat sebagai salah satu dari para karyawannya. Mereka yang mengidentifikasi diri mereka sebagai pemimpin alami tidak dapat meyakinkan tim mereka tentang hal itu. Sebaliknya, orang-orang yang menyebut diri mereka pengikut adalah orang-orang yang akhirnya naik pangkat untuk menjadi pemimpin.

2. Gairah Dan Kepositifan Meningkatkan Kinerja Karyawan
Mengubah stres atau ketakutan menjadi peluang, mengambil tindakan terlepas dari risikonya
Mempertahankan energi orang lain melalui motivasi, menunjukkan antusiasme untuk pekerjaan Anda, dan menyampaikan hasrat ini kepada orang lain, dapat membantu meningkatkan kinerja dan keterlibatan karyawan. Optimisme ini juga dapat mempromosikan kepemimpinan kolaboratif di antara para pekerja dengan memberdayakan mereka untuk melangkah maju dan memimpin selama masa-masa sulit.

3. Kepemimpinan Yang Efektif Memprioritaskan Kesehatan Organisasi
Kepemimpinan yang sukses adalah pemimpin yang mampu memperkirakan dan menjaga kesuksesan perusahaan dalam jangka pendek dan panjang. Memprioritaskan inovasi dan pengembangan bakat adalah salah satu peran penting yang perlu dilakukan oleh seorang pemimpin. Memberikan peluang untuk pertumbuhan dengan diiringi komunikasi yang terbuka dan jujur. Ini adalah serangkaian tindakan (dipicu oleh keterlibatan karyawan) yang mengarah pada keberhasilan yang lebih besar dan lebih panjang untuk organisasi secara keseluruhan.

Peran leadership oleh seorang pemimpin dalam pembentukan motivasi karyawan benar-benar sangat diperlukan. Komunikasi yang efektif sehingga mampu mengkondisikan para karyawan menjadi lebih baik. Jika Anda tengah dialami kesusahan dalam tingkat ini dan ingin lebih melatih skill manajerial Anda. Silahkan hubungi kami melalui email groedu@gmail.com, atau bisa mengubungi kami langsung melalui nomor whatsapp 0812-5298-2900. Kami siap membantu Anda.