CARA MENGALAHKAN MASALAH TIDAK PERCAYA DIRI DI TEMPAT KERJA

business-administration-program-2

Terdapat beberapa tipe karyawan dalam perusahaan. Karyawan yang bersemangat yang selalu siap untuk berbagi ide atau mengambil tugas baru. Sikap “bisa” berhasil meyakinkan orang-orang di sekitar mereka, termasuk diri mereka sendiri, bahwa mereka adalah aset. Ada satu perasaan yang mereka anut yang sulit ditemukan oleh banyak orang yaitu kepercayaan diri.
Beberapa pekerja diliputi oleh keraguan dan ketakutan, tidak dapat mengambil risiko yang diperlukan atau menyuarakan wawasan mereka. Namun, kepercayaan diri adalah keterampilan dan juga pandangan. Untuk berhasil dalam bisnis dan kehidupan, penting untuk menghindari hal yang membunuh kepercayaan. Dan dalam artikel kali ini, akan kami sampaikan beberapa hal pembunuh kepercayaan diri dan cara mengalahkan mereka.

1. Perfeksionisme
Karyawan berkinerja tinggi sering kali menekan diri mereka sendiri untuk mencapai standar yang konyol dan tidak realistis, dan terkadang menjadi putus asa ketika gagal mencapainya. Setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda. Setiap kali Anda gagal dalam suatu proyek, tanyakan pada diri Anda apakah Anda telah memberikan segalanya. Jika Anda melakukannya, ketahuilah bahwa Anda adalah manusia dan tidak dapat melakukan segalanya dengan sempurna, dan terima itu. Kita harus menghentikan obrolan negatif dan mengatakan pada diri sendiri bahwa yang terbaik sudah cukup.

2. Manajemen Mikro
Manajemen mikro dapat membuat seseorang merasa tidak cukup baik. Mengapa lagi bos menjadi rewel dan memberi tahu Anda dengan tepat bagaimana menyelesaikan tugas?
Dalam kebanyakan kasus, Anda mungkin tidak melakukan kesalahan apa pun. Rasa takut biasanya berada di bawah pengendalian perilaku kita sendiri. Jika Anda benar-benar percaya diri, tidak ada yang bisa menjatuhkan Anda. Seorang micromanager mungkin akan membuat Anda merasa tidak aman, tetapi ingatkan diri Anda seberapa jauh Anda telah datang dan ke mana Anda ingin pergi.

3. Pelepasan Di Tempat Kerja
Salah satu alasan paling umum untuk merasa terputus dari pekerjaan Anda adalah melakukan pekerjaan yang tidak meningkatkan keterampilan Anda. Setiap orang memiliki bakat dan kemampuan, dan jika Anda tidak menggunakannya dalam pekerjaan Anda, Anda mungkin ingin mempertimbangkan peluang lain.
Pilihan lainnya adalah mempertahankan sikap optimis dan mendorong terhadap kinerja Anda di tempat kerja. Jika Anda merasa acuh tak acuh, cobalah perspektif atau pendekatan yang berbeda. Mungkin Anda jatuh ke dalam kebiasaan atau rutinitas yang menguras tenaga Anda. Ganti itu; ambil pendekatan berbeda yang mengasah minat Anda. Apa yang dapat Anda lakukan secara berbeda yang mungkin membuat pekerjaan Anda lebih menyenangkan? Jangan takut membicarakan hal ini dengan atasan Anda.

4. Takut Gagal
Setiap orang mengalami ketakutan. Namun, sangat penting untuk menghadapi rasa takut secara langsung. Rasa takut bisa sangat melumpuhkan sehingga menahan orang dengan cara yang bahkan tidak mereka sadari, apakah itu ketakutan untuk berbicara dalam rapat, sehingga karyawan tersebut dipandang sebagai seseorang yang tidak memberikan banyak nilai, atau takut menjadi diri sendiri. Alih-alih mencoba meniru bos dan tidak pernah belajar untuk benar-benar memiliki apa yang unik dan spesial tentang Anda.
Tentu saja, Anda ingin “melakukannya dengan benar” dalam karier Anda, tetapi ketakutan Anda akan “gagal” seharusnya tidak menghalangi Anda untuk mencoba sesuatu yang baru. Sebuah proyek mungkin tidak berjalan sesuai rencana, dan Anda mungkin membuat kesalahan. Selama Anda belajar dari pengalaman itu, Anda belum benar-benar gagal.

5. Kolega Yang Tidak Kooperatif Atau Kritis
Bekerja dengan rekan kerja yang kasar, sombong, atau tidak menyenangkan dapat menurunkan kepuasan kerja Anda, terutama jika sikap negatifnya ditujukan kepada Anda. Seperti halnya pengelola mikro, Lerner mengimbau para profesional untuk tidak terlalu mempermasalahkan perilaku tersebut, tetapi dia menyarankan untuk berusaha menyelesaikan masalah dengan kolega Anda.

Untuk membangun kepercayaan diri di tempat kerja, Anda perlu menggunakan suara Anda. Apakah itu berarti menyumbangkan ide-ide Anda dalam rapat atau memberi tahu seseorang bahwa Anda berbicara ketika seseorang mencoba membicarakan Anda, ada banyak kesempatan di setiap hari untuk membangun kepercayaan diri Anda. Hal seperti ini perlu Anda tanamkan pada seluruh karywan Anda untuk semakin memotivasi mereka, jika Anda membutuhkan pelatihan untuk semakin mengasah kemampuan manajerial skill Anda. Silahkan hubungi kami melalui email groedu@gmail.com, atau bisa langsung menghubungi kami melalui nomor whatsapp 0812-5298-2900. Kami siap membantu Anda.